Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 16 November 2017, 12:25 WIB

Mobil yang Mungkin Dipakai Setya Novanto Menghilang Semalam

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil yang Mungkin Dipakai Setya Novanto Menghilang Semalam Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto, yang juga tersangka korupsi e-KTP menghilang saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi kediamannya. Pakai kendaraan apa Novanto menghilang semalam?

Novanto merupakan salah seorang pejabat yang mengoleksi beberapa mobil. Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK tahun 2015 lalu, Novanto memiliki beberapa kendaraan bermotor.




Menurut laporan itu, harta alat transportasi dan mesin lainnya yang dimiliki Novanto senilai Rp 2.353.000.000. Mulai dari mobil mewah Jepang, hingga mobil mewah Amerika menjadi harta kekayaan Novanto.

Masih berdasarkan LHKPN, Novanto memiliki Toyota Alphard buatan tahun 2011 yang diperoleh tahun 2012 dari hasil sendiri. Selain itu, ada juga Toyota Vellfire buatan 2013.

Ditambah lagi dengan mobil Jeep Commander tahun pembuatan 2007. Mobil itu diperoleh pada tahun 2007 berasal dari hasil sendiri.

Masih ada mobil merek Mitsubishi buatan tahun 2009 yang diperoleh tahun 2010. Mobil merek Mitsubishi menurut laporan LHKPN senilai Rp 50 juta.

Di luar itu, ada lagi sedan mewah yang dimiliki Novanto. Mobil itu adalah Toyota Camry buatan 2007 yang diperoleh di tahun yang sama.

Selain mobil-mobil tersebut, harta kekayaan Novanto termasuk motor-motor. Di antaranya adalah motor China Millennium tahun 2000, motor Suzuki tahun 2004, motor merk Suzuki tahun pembuatan 1995, motor merek Suzuki tahun pembuatan 2001, dan motor merek Honda tahun pembuatan 2003.

Mobil yang Mungkin Dipakai Setya Novanto Menghilang SemalamFoto: Agung Pambudhy


Novanto juga sebenarnya mendapatkan mobil dinas, sedan mewah berpelat RI 6. Mobil dinas yang biasa dipakai itu adalah sedan Lexus LS450L.

Beberapa waktu lalu, Novanto juga pernah membuat heboh Gedung DPR dengan datang menggunakan mobil Jaguar XJ. Saat itu, Jaguar XJ yang ditumpangi Novanto juga mengenakan pelat RI 6. Ternyata, mobil Jaguar XJL berpelat RI 6 itu adalah milik anak Novanto karena mobil dinasnya sedang di bengkel.

Mobil yang Mungkin Dipakai Setya Novanto Menghilang SemalamFoto: Lamhot Aritonang



Soal menghilangnya Setya Novanto ini belum jelas. Pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, di kediaman kliennya, Jl Wijaya XIII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (16/11/2017) mengatakan dia juga mencari tahu keberadaan Novanto. Menurutnya, istri Novanto, Deisti Astriani Tagor, juga masih mencari suaminya.

"Kita belum dapat kabar. Kita berusaha telepon (Setya Novanto, red), ajudannya belum bisa kita dapat teleponnya. Maksudnya belum bisa hubungilah, bukan dapat teleponnya. Saya nggak tahu kalau nomornya atau ada masalah apa," kata Fredrich.

"Tapi satu hal, beliau itu sedang padat kerjaan Dewan sama partai. Jadi beliau itu begitu mendadak itu pasti ada sesuatu yang sangat-sangat urgen. Jadi tidak tahu," dia menegaskan. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +