Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 11 Juli 2017, 11:10 WIB

Hadiah Mobil untuk 'Iron Man' Versi Dunia Nyata

Ruly Kurniawan - detikOto
Hadiah Mobil untuk Iron Man Versi Dunia Nyata Foto: Internet
California - CEO Tesla Elon Musk yang sering disebut sebagai 'Iron Man' dunia nyata, berulang tahun akhir Juni lalu. Dia mendapatkan kado yang unik dari koleganya. Mobil produksi perusahaannya sendiri.

Yang menarik mobil itu adalah mobil listrik terbaru Tesla, Tesla Model 3. Seperti dilansir Reuters, kado mobil untuk Musk itu diberikan oleh anggota dewan Tesla Ira Ehrenpreis.


Tesla Model 3Tesla Model 3 Foto: Elon Musk

Sebagai anggota dewan Tesla, Ira punya hak sebagai pembeli pertama mobil Tesla, namun dia memberikannya sebagai kado buat Musk. Musk dalam cuitannya di Twitter tampak sumringah. Dia pun memperlihatkan mobil Tesla Model 3 pertama yang sudah keluar dari pabrik.

Dengan mulai diproduksinya Model 3, maka konsumen yang sudah menanti Model 3 bisa mendapatkannya di akhir Juli mendatang.

Tesla akan menggelar pesta untuk 30 konsumen pertama pada 28 Juli mendatang. Untuk harga, Model 3 akan dibanderol mulai US$ 35.000 (sekitar Rp 367 juta), tapi dengan adanya kredit pajak sebesar US$ 7.500 dari pemerintah, maka biaya yang dikeluarkan pemesan hanya US$ 27.500.

Dengan memiliki 5 penumpang, Tesla Model 3 akan mampu berlari 346 kilometer dengan sekali pengisian baterai. Mobil listrik asal Amerika ini juga dijanjikan akan mampu berakselerasi 0-96 km/jam hanya dalam waktu 6 detik.

Musk yakin permintaan mobil ini akan bertambah secara eksponensial seiring waktu. Dia memprediksi bisa memproduksi 100 unit pada Agustus, kemudian 1.500 unit di bulan September.

Namun pada perkembangan sahamnya, Tesla sempat mengalami penurunan pada pekan lalu. Namun bukan Model 3 yang bikin investor khawatir, mereka khawatir kemunculan Tesla model anyar ini akan menurunkan permintaan pada mobil listrik Tesla yang sebelumnya sudah ada yakni Model S. Musk di bulan Mei lalu sempat mengatakan, ada beberapa konsumen yang salah persepsi, mereka menganggap Tesla Model 3 merupakan versi upgrade dari Model S yang menyebabkan penurunan penjualan Model S.

Tesla Model 3 sekilas memang mirip Model STesla Model 3 sekilas memang mirip Model S Foto: Elon Musk


Lembaga riset IHS Markit membeberkan data pendaftaran untuk kendaraan Tesla di California, yang merupakan pasar utama Tesla, mengalami penurunan sebesar 24 persen.

Secara terpisah, pada hari minggu kemarin Wall Street Journal melaporkan bahwa tak ada lagi penjualan mobil baru Tesla di Hong Kong setelah pemerintah menghentikan insentif pajak untuk mobil listrik pada bulan April lalu.

Menanggapi hal tersebut, Musk mengatakan untuk Tesla Model 3 ini akan diluncurkan secara bertahap. Dimulai dari 100 buah di bulan Agustus, bertambah menjadi 15.000 buah di September, dan di akhir tahun nanti akan menjadi 20.000 Tesla Model 3 yang diproduksi. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed