Profil

Jakarta Sering Macet, Pebalap Ini Jarang Pacu Si Kuda Jingkraknya

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 26 Agu 2016 07:43 WIB
Foto: Ferrari
Singapura - Mengendarai mobil sport berharga miliaran rupiah di Jakarta ada tantangan tersendiri. Terlebih jalanan ibu kota yang macet sehingga mobil ini tidak dapat melaju secara optimal.

Salah satu pebalap dari tim T2 Motorsports Ferrari yang berkewarganegaraan Indonesia, David Tjiptobiantoro mengaku meski memiliki Ferrari F430, ia jarang mengendarainya di Jakarta.

"Jarang, macet jalanannya jadi malas juga bawanya, enak pakai sopir kalau di Jakarta," ujar David, di Ital Auto Pte Ltd, Singapura, Kamis (23/8/2016).

David menambahkan sejak memiliki mobil tersebut pada tahun 2009, jarak yang ditempuh Ferrari miliknya baru mencapai 1.700 km.

"Saya punya dari 2009 sampai sekarang bayangin aja baru 1.700 km," ujar David.

David saat ini lebih banyak membalap di luar negeri pada ajang Ferrari Challenge sejak 2012 hingga saat ini. Menurutnya trek di luar negeri lebih memadai dari segi keamanan.

"Track conditionnya beda aspalnya. Budget sama safety juga itu kan hal yang berkontradiksi tapi kalau di luar tetap mengedepankan itu misal rem contoh remnya masih oke padahal kalau dilihat dari data harus udah diganti jadi mengabaikan safety," tutur David.

David tergabung dalam Tim T2 Motorsports yang akan mengikuti beberapa kompetisi GT3 international diantaranya Intercontinental GT Challenge-Sepang 12 Hours (Malaysia), Asian Le Mans series-Sepang 4 Hours, Blancpin GT Series-Asian Cup, Gulf 12 hours-Yas Marina (Abu Dhabi). (ddn/ddn)