Wawancara Khusus Driver Bloodhound SSC

Mobil Tercepat Dunia, Proyek Ambisius Inggris

- detikOto
Rabu, 18 Sep 2013 15:03 WIB
Andy Green (Foto: Aditya)
Jakarta - Bloodhound SSC, kendaraan supersonik dari Inggris akan mencoba mencetak rekor sebagai kendaraan tercepat sejagat.

Seperti apa tahap awal dan pengembangan kendaraan ini? detikOto mewawancarai driver Bloodhound SSC yang juga merupakan pilot jet tempur dari Royal Air Force, Andy Green di Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

Berikut kutipan wawancaranya:

Sampai saat ini tahap pengembangannya sudah sejauh mana?

Untuk saat ini bodi mobilnya sudah jadi, sekarang sudah sepertiga jalan, jadi saat ini sedang mengembangkan mesinnya, sasisnya serta mengaplikasikan teknologi-teknologi.

Apa tujuan membuat Supersonic Bloodhound SSC?

Tujuan utamanya ada 3:
1. Mendobrak ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita ingin mendobrak hal itu, tapi kita akan bagikan kepada seluruh masyarakat di dunia.

2. Untuk menginspirasi anak kecil dan anak muda di seluruh dunia yang nantinya mereka akan menikmati dan merasakan kalau memang benar-benar ada teknologi yang jauh lebih modern.

3. Cara untuk mewujudkan kedua tujuan di atas adalah dengan cara membuat mobil tercepat di dunia yang bisa berlari hingga 1.600 km/jam.

Proyek ini bekerja sama dengan pabrikan atau instansi mana saja?

Dalam proyek ini kita semua bekerja-sama dengan dengan 220 institusi. Selain Rolls-Royce, Rolex dan beberapa universitas-universitas lainnya di Inggris.

Kita juga didukung oleh pemerintah Inggris. Disini institusi-instusinya beragam, ada yang sifatnya universitas, pabrikan komersial dan berbagai institusi teknologi.

Apakah setelah target 1.600 km/jam tercapai akan dibawa kemana Bloodhound SSC ini?

Ini tidak hanya proyek mobil tercepat saja, tapi di dalamnya ada edukasi mengenai ilmu pengetahuan kepada seluruh masyarakat.

Ketika mobil itu sudah mencapai target yakni 1.600 km/jam, kemungkinan akan dimasukkan ke dalam museum dan di sana nantinya masyarakat bisa melihat bagaimana bentuk dan mengetahui apa saja teknologi yang ada di dalamnya.

Bodi dan lain sebagainya menggunakan bahan seperti apa?

Untuk bodinya itu sendiri pada bagian depan menggunakan bahan serat karbon karena harus ringan, tapi untuk bagian belakangnya dibuat dari bahan baja, titanium karena bagian belakangnya ini harus lebih berat.

Mesin itu sendiri adanya di belakang, jadi untuk meminimalisir suara mesin ke dalam kokpit maka dibuat dengan bahan yang lebih keras.

Lalu berapa berat keseluruhan dari mobil ini?

Berat bersihnya itu adalah 6 ton, berat dengan mesin 7,5 ton dan jarak sumbu rodanya 9 meter.

Ada berapa orang yang mengerjakan proyek mobil tercepat ini?

Kalau dilihat berapa orang yang terlibat, semuanya terlibat. Tapi kalau lebih spesifik lagi ada sekitar 30 teknisi yang terlibat untuk pembangunan mobilnya (mesin dan lain-lain) serta didukung oleh 220 institusi-institusi.

Berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuat mobil tercepat ini?

Memang akan menghabiskan dana yang cukup besar. Perkiraan dana yang akan digunakan adalah US$ 10 juta hingga US$ 20 juta. Tapi detilnya berapa masih belum bisa dipastikan karena jika nanti akan menggunakan teknologi dananya akan terus bertambah lagi.

Pada 2015 mobil ini akan dijalankan untuk pertama kalinya dengan target awalnya 1.300 km/jam, tapi nanti akan ditambahkan lagi roketnya dimana pada tahun 2016 bisa mencapai 1.600 km/jam.

Jadi tidak akan ada lagi proyel Bloodhound selanjutnya, ini hanya diproduksi 1 unit. Ini adalah pengembangan dari mobil Thrust Supersonic sebelumnya, yang sebelumnya mencapai 1.200 km/jam. Begitu mencapai 1.600 km/jam sudah tidak ada lagi.

Untuk pengujian awalnya, pengujian kecepatan lambat 300 km/jam di Inggris, kalau pengujian cepatnya akan dilakukan di Afrika Selatan pada tahun 2015/2016.

(ddn/ddn)