Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 12 Februari 2018, 16:36 WIB

Pamor

Si Sawunggaling Honda Astrea 800

herdinanda - detikOto
Si Sawunggaling Honda Astrea 800 Si Sawunggaling Honda Astrea 800
Jakarta - Banyak yang mengatakan modifikasi motor batangan alias motor laki itu jauh lebih mudah, jika dibandingkan dengan modifikasi motor bebek. Wah, benar seperti itu tidak ya? Tapi sebelum menyimpulkan hal tersebut, sepertinya Otolovers harus lihat motor modifikasi yang satu ini.

Parade Modifikasi Mobil dan Motor

Karena tangan dingin Herdinanda bersama dengan bengkel Kastemwork Garage Surabaya, mampu mempermak Honda Astrea 800. Hasilnya cukup memukau, dijamin siapapun yang melihatnya pasti tidak akan percaya kalau ini adalah motor bebek Honda Astrea 800.

"Konsep modifikasi yang kita pilih adalah Choopy Cub, tapi kita ingin memberi nuansa baru dan berbeda daripada modifikasi Choopy Cub pada umumnya," ujar Herdinanda.

Baca: Mau Lihat Honda Mobilio Elegan, Cek yang Satu Ini

Jika dilihat dari desain modifikasi Choopy Cub karya Herdinanda ini, memang jauh berbeda dengan Choopy Cub yang ada. Hal ini wajar, karena memang desain modifikasi ini dirancang sendiri secara handmade.

"Motor dengan sebutan 'sawunggaling' ini memakai basic honda astrea 800 dengan konsep modifikasi choopy cub, sebagian besar part dibuat handmade. Untuk proses pengerjaan sebenarnya kita gak terlalu fokus harus cepat jadi, dikarenakan memang harus mendahulukan motor modifikasi customer bengkel kita. Kira-kira butuh waktu 5 bulan bisa sampai selesai," katanya.

Baca: Mobil Balap Racing Terinspirasi dari Jepang

Perubahan terbaik pun dilakukan, pada setiap sisi. Seperti tampilan kaki-kaki dan bodi. "Motor ini hampir semua kita bikincustom, untuk kaki-kakinya perubahan terlihat padashock depan modelgirder ala motorvintage, selain itu perubahan juga terletak pada tromol depancustom dari tromolmatic
dan tromol belakang dari tromol yamaha DT di custom," katanya.

"Begitu juga pelek depan pakai alumunium rim 17 lebar 300 dan belakang 17 lebar 350. Dibalut dengan ban depan swallow 17x350 dan belakang 17x400 dengan pemanis white wall," tambahnya.

Selain itu, modifikasi juga dilakukan pada bagian tangki bensin, yang dipindah pada bodi depan agar lebih terkesan kekar dan berisi. Jok kustom yang dibangun dari plat yang dibalut kulit bergrafir. Perubahan juga terlihat swing arm alumunium cnc, handle kopling custom dari kuningan, lampu depan custom dan belakang dari honda grand di custom.

Baca: Iron Man Look Yamaha YZF R25

Tidak puas, sektor mesin juga diubah. Untuk sektor mesin dinaikkan cc-nya dengan penggantian silinder blok dari Honda Tiger dan karbu mikuni, bersama oil cooler satria-fu dengan selang custom dari kuningan.

"Untuk biaya modifikasi kita memang tidak menghitung secara terperinci. Karena kita ingin membuat maskot bengkel, tapi ini bisa dikisaran Rp 10-12 juta kurang lebihnya," ujarnya.
(lth/lth)
Otolovers ingin mobil dan motor modifikasinya mejeng di detikOto? Langsung saja kirim gambar mobil atau motor Anda di sini , sertakan komponen apa saja yang dimodifikasi dan gunakan foto format landscape 16:9 ya!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed