ADVERTISEMENT

Ototest

Menguji Yamaha Fazzio Hybrid Sejauh 119,9 Kilometer: Skutik Retro Lincah, BBM Irit

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 02 Mar 2022 07:09 WIB
Jakarta -

Yamaha Fazzio Hybrid Connected merupakan motor pertama di kelas 125 cc yang mengusung teknologi hybrid. Nah, bagaimana impresi dari Fazzio untuk dipakai harian sejauh 119,9 kilometer ini?

Setelah sebelumnya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberi kesempatan first ride Fazzio Hybrid Connected sejauh 19,9 kilometer mengelilingi kota Bogor, kini redaksi detikOto lebih intim dengan Yamaha Fazzio. Sebab PT YIMM meminjamkan unit selama dua minggu.

Dirilis sejak Januari 2022. Fazzio Hybrid Connected 125 ini punya desain, fitur, dan mesin terbaru. Ada dua trim yang ditawarkan yaitu Lux dan Neo. Kebetulan test rider mendapat motor tes yaitu LUX Matte Black. Berikut ulasan test ride-nya.

Posisi Berkendara

Impresi pertama saat melihat Fazzio Hybrid Connected 125, motor ini terlihat kecil. Namun saat duduk di atasnya, rider dengan tinggi badan 168 cm dan ukuran kaki 43 masih bisa merasakan lapangnya area dek dari Fazzio.

Secara dimensi Fazzio punya ukuran panjang 1.820 mm, Lebar 685 mm, tinggi 1.125 mm. Tempat duduknya juga ramah dengan tinggi rata-rata orang Indonesia, Fazzio punya ground clearance 135 mm. Sementara bobotnya hanya 95 kg dengan kapasitas tangki bensin 5,1 liter.

Kaki dengan mudah menyentuh tanah, sebab tinggi tempat duduk Fazio Hybrid hanya 750 mm.

Jika dibandingkan skutik Eropa seperti Vespa, ketinggian stang Fazzio dirasa lebih pendek. Tangan juga mudah meraih handle dari Fazzio Hybrid. Posisi badan tidak membungkuk, feeling berkendaranya mirip dengan skutik 125 cc Yamaha lainnya.

Yamaha Fazzio Hybrid ConnectedYamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Joknya tidak tebal, saat ditekan busanya juga tidak tipis-tipis amat. Sepanjang berkendara selama dipakai harian, bokong juga tidak terasa pegal.

Posisi dek dari Yamaha Fazzio juga rata. Kaki juga tidak diangkat terlalu tinggi, bahkan posisi dengkul tidak sampai naik melebihi ketinggian perut sehingga membuat posisi berkendara nyaman.

Dalam kata lain, dek tidak terlalu tinggi meskipun ada aki di bawahnya. Ukuran kaki 43 juga masih terdapat ruang yang tersisa, saat diukur posisi dengkul juga menyisakan 4 ruas jari dengan body dalam posisi duduk.

Akomodasi dan kepraktisan

Fazzio menawarkan bagasi hanya 17,8 liter berbanding dengan Freego dengan kemampuan bagasi 25 liter.

Meski punya bagasi yang besar, Yamaha Fazzio tidak bisa mengakomodir semua jenis helm. Sebab, bagasinya dangkal serta kontur joknya hanya jenis helm tertentu yang bisa masuk dan ditutup, misalnya profil berbentuk tipis seperti helm bawaan dari Fazzio.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected 125Yamaha Fazzio Hybrid Connected 125 Foto: Rifkianto Nugroho

Well, bicara dimensi ini membuat kemampuan manuver Fazzio lebih unggul tapi di sisi lain ada juga hal yang harus dipangkas untuk kenyamanan.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected 125Yamaha Fazzio Hybrid Connected 125 Foto: Rifkianto Nugroho

Kepraktisan lain yang ada pada Fazzio ini di antaranya double hook carabiner, open pocket di sebelah kanan, dan socket charger (adaptor lighter) di sebelah kiri dengan kompartemen yang tertutup, dan lampu hazard.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected 125Yamaha Fazzio Hybrid Connected 125 Foto: Rifkianto Nugroho

[halaman berikutnya >> handling sebagai motor harian, performa, dan konsumsi BBM Yamaha Fazzio]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT