Duel Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander, Mana yang Terbaik?

ADVERTISEMENT

Ototest

Duel Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander, Mana yang Terbaik?

Luthfi Anshori, Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 16 Feb 2022 06:33 WIB
Jakarta -

Akhir 2021 lalu Toyota dan Mitsubishi sama-sama merilis model terbaru Avanza dan Xpander. Jika Toyota Avanza mendapatkan ubahan besar-besaran dari sisi desain dan sistem penggerak, Mitsubishi Xpander mendapatkan sedikit ubahan dari segi tampilan, suspensi, dan sistem transmisi otomatisnya.

Dalam rubrik Ototest kali ini, detikOto berkesempatan menguji generasi terbaru Avanza dan Xpander dalam skema pemakaian harian. Ada beberapa aspek yang kami bandingkan dari keduanya. Mulai desain, dimensi, fitur, hingga mesin.

Selain itu kami bahas pula perbandingan kedua mobil ini dari aspek efisiensi bahan bakar, handling atau pengendalian, termasuk bantingan suspensi kedua mobil ini. Berikut ulasan lengkapnya:

Ototest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi XpanderOtotest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander Foto: Agung Pambudhy/detikOto

Desain

Bicara desain kedua mobil ini, sama-sama mengusung tampilan modern. Untuk Avanza, desainnya berubah total, dan meninggalkan garis desain generasi sebelumnya. Secara umum, desain All New Toyota Avanza mirip seperti gabungan desain mobil low MPV dan mobil low SUV.

Sementara Mitsubishi New Xpander, tetap setia dengan pakem muka dynamic shield-nya. Namun ada revisi di housing lampu utama yang kini mengadopsi desain T-shape. Desain seperti huruf 'T' ini juga disematkan di lampu belakang New Xpander, sehingga menampilkan kesan lebih sporty.

Dimensi

Lanjut bicara dimensi keseluruhan, All New Toyota Avanza memiliki panjang 4.396 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.700 mm, dan ground clearance 205 mm. Sementara rivalnya, Mitsubishi New Xpander punya panjang 4.595 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.750 mm, dan ground clearance 220 mm.

Secara dimensi, Avanza jelas lebih kompak dibandingkan Xpander, sehingga Avanza bakal lebih mudah diparkir di lokasi yang lahannya sempit. Selain itu, Avanza juga lebih mudah diajak bermanuver karena punya jarak sumbu roda 2.750 mm, sementara Xpander jarak sumbu rodanya 2.775 mm.

Ototest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi XpanderOtotest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander Foto: Agung Pambudhy/detikOto

Harga

Oh iya, sebagai catatan unit yang kami tes adalah Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS dengan harga Rp 293.400.000 dan Mitsubishi Xpander Ultimate CVT yang harganya Rp 299.770.000. Artinya, harga Xpander lebih mahal sekitar Rp 6 jutaan.

Fitur

All New Toyota Avanza 1.5 G sudah dilengkapi beberapa fitur penunjang, dari auto retractable mirror, lampu-lampu full LED, serta engine start stop system dengan remote keyless. Selain itu terdapat pula fitur transmisi otomatis CVT, hingga fitur Toyota Safety Sense (TSS).

Fitur TSS Avanza meliputi Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, Rear Crossing Traffic Alert, hingga Blind Spot Monitoring.

Lalu untuk fitur safety lainnya ada 6 airbag, ABS, EBD, BA, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan 7 seatbelt. Mobil ini juga memiliki cukup banyak port USB dan socket lightning dari baris depan hingga baris belakang untuk mengisi ulang baterai gadget penumpang.

Ototest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi XpanderOtotest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander Foto: Agung Pambudhy/detikOto

Lanjut untuk Mitsubishi New Xpander Ultimate, mobil ini sudah dilengkapi lampu-lampu full LED, auto retractable mirror, dan juga mengusung fitur engine start stop system dengan remote keyless, serta AC digital. Di varian tertinggi Xpander ini juga dilengkapi banyak material soft touch di bagian interiornya, sehingga berkesan mewah.

Salah satu kekurangan Xpander adalah tidak memiliki fitur keselamatan aktif seperti TSS di Avanza. Tapi Mitsubishi mengganti kekurangan tersebut dengan penambahan fitur Electronic Parking Brake (EPB) lengkap dengan fitur Brake Auto Hold. Selain itu, Xpander Ultimate juga dibekali fitur cruise control dan kamera parkir, serta fitur auto stop and go yang bisa bikin konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Bicara fitur safety, mobil ini telah dilengkapi dual airbag, ABS, EBD, BA, Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS) System, lalu Active Stability Control (ASC). Xpander Ultimate juga dibekali power outlet hingga kursi baris ketiga.

Mesin

All New Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS dan Mitsubishi New Xpander Ultimate sama-sama menggendong mesin DOHC, 4-silinder segaris, dan menggunakan 16 buah valve. Namun di atas kertas, kapasitas mesinnya sedikit berbeda.

Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS mengusung mesin berkapasitas 1.499 cc berteknologi Dual VVT-i. Sedangkan Mitsubishi Xpander Ultimate punya mesin yang sedikit lebih kecil kapasitasnya, yakni di 1.496 cc berteknologi MIVEC.

Di atas kertas, Toyota mengklaim mesin 1.5 dari Avanza ini punya tenaga maksimal 106 PS di 6.000 rpm sedangkan Mitsubishi New Xpander terpaut satu angka, yakni 105 PS di 6.000 rpm.

Untuk urusan torsi, Xpander lebih unggul dari Avanza. Di atas kertas, Avanza punya torsi puncak 137 Nm di 4.200 rpm. Sedangkan Xpander dapat di angka 141 Nm di 4.000 rpm.

Ototest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi XpanderOtotest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander Foto: Agung Pambudhy/detikOto

Pertarungannya menjadi sangat sengit dan seimbang, lantaran kedua mobil ini sama-sama mengusung penggerak CVT dan disalurkan ke dua roda depan alias Front Wheel Drive (FWD). Namun dari pengetesan dua mobil ini secara langsung dan di trek yang sama, ada beberapa hal yang terasa sangat beda dari kedua mesin LMPV ini.

Perbedaan paling mendasar dari kedua mobil ini terletak pada karakter penyaluran tenaganya. Avanza hadir dengan karakter tenaga yang sangat kuat di rpm bawah, sedangkan masuk ke tengah mulai kalem. Sebaliknya, Xpander lebih kalem di tarikan bawah dan mulai 'nonjok' di tarikan tengah ke atas. Tak heran saat sesi drag test, Avanza langsung ngacir dari pertama kali start. Namun di trek yang panjang, Xpander bisa menyusul.

Menurut kami, tuning-an ECU dari Avanza dibuat lebih ramah untuk perkotaan dan pas ketika dipakai di jalanan macet atau padat merayap. Sedangkan Xpander, lebih asyik dibawa jalan di jalanan yang bebas hambatan atau trip ke luar kota.

Namun kedua mobil tetap asyik digunakan. Tenaga terasa instan dan penyaluran tenaga dari mesin ke roda terasa halus berkat transmisi baru, yakni CVT.

Faktor yang mungkin jadi pembeda dari karakter penyaluran tenaga kedua mobil ini, menurut kami juga dipengaruhi oleh bobot serta dimensinya. Avanza hadir lebih kompak ketimbang Xpander, meski tak signifikan.

[Halaman selanjutnya: konsumsi bahan bakar, handling, dan suspensi...]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT