Test Ride Aerox 155 Connected Terbaru, Seberapa Oke Buat Harian?

Tim detikcom - detikOto
Senin, 21 Des 2020 07:23 WIB
Test ride All New Aerox 155 Connected
Test ride All New Aerox 155 Connected Foto: Yamaha
Jakarta -

Yamaha berusaha mengukuhkan diri di kelas motor matic berbadan bongsor dengan merilis All New Aerox 155 Connected. Tapi, senyaman apa Yamaha Aerox terbaru ini dipakai buat sehari-hari?

Dirilis sejak awal November 2020. Motor ini punya desain, fitur, dan mesin terbaru. Ada dua varian yang ditawarkan yaitu All New Aerox 155 Connected / ABS dan All New Aerox 155 Connected. Kebetulan test rider mendapat motor tes yaitu ALl New Aerox 155 Connected ABS warna Prestige Silver. Berikut ulasan test ride-nya.

All New Aerox 155 ConnectedAll New Aerox 155 Connected Foto: Luthfi Anshori

Posisi berkendara

Memang kalau dibandingkan secara data, jok Yamaha Aerox lebih tinggi 25 mm ketimbang NMAX. Yamaha Aerox punya tinggi jok 790 mm sedangkan NMax 765 mm.

Jok YamahaAerox terasa panjang dan lebar, makin menyempit ke depan, sementara soal daya redamjoknya bisa dibilang empuk sehingga tidak mudah pegal ketika melakukan perjalanan jauh. Manuver dan handling motor juga tak kesulitan lantaran kondisi setang rendah, mirip dengan motor sport.

Test ride All New Aerox 155 ConnectedTest ride All New Aerox 155 Connected Foto: Luthfi Anshori

Saat motor berhenti, posisi kaki rider yang memiliki tinggi sekitar 168 cm, mesti sedikit jinjit, jika duduk agak ke depan hampir menapak sempurna.

Posisi duduknya bertingkat antara posisi pengendara dan penumpangnya. Berbeda dengan saudaranya, NMAX yang kakinya bisa lebih santai atau selonjoran. Posisi lutut All New Aerox 155 ditekuk layaknya motor matik di pasaran.

Boleh dibilang posisi berkendara Aerox cukup bersahabat,

Test ride All New Aerox 155 ConnectedTest ride All New Aerox 155 Connected Foto: Ridwan Arifin

Meski begitu, ruang kaki pada skutik ini juga masih terbilang luas. Dan deck untuk kaki masih memberikan ruang untuk ukuran kaki 43.

Performa Mesin

Menyoal mesin, Aerox dibekali jantung mekanis berkubikasi 155 cc, SOHC, 4-tak, dengan cangkokan teknologi Blue Core serta Variable Valve Actuation.

Bedasarkan dari data teknis, Aerox mengalami peningkatan tenaga sekitar 0,4 daya kuda dan torsi 1 Nm. Ya, generasi Aerox terbaru dapat mencapai 15,1 dk @ 8.000 rpm dengan torsi maksimal 13,9 Nm @ 6.500 rpm. Sedangkan Aerox generasi sebelumnya hanya 14,7 dk di 8.000 rpm dan torsi maksimumnya 13,9 Nm pada 6.500rpm.

Test ride All New Aerox 155 ConnectedTest ride All New Aerox 155 Connected Foto: Yamaha

Kesan test rider detikoto usai melakukan tes harian secara performa ini cukup memuaskan. Tenaga yang dimuntahkan serta akselerasinya cukup mumpuni.

Saat test ride menjajal All New Aerox Connected ABS perlu digiring atau tak bisa langsung berakselerasi secara spontan, tapi tenaga yang keluar sesuai bukaan gas, pun tidak ada gejala drop atau tenaga tertinggal. Meski demikian, kesan jambakan motor mudah ditemukan saat berada di 4.000 rpm ke atas.

(halaman selanjutnya: konsumsi BBM Aerox dan handling sebagai motor harian)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3