Jajal Aerox 155 Connected Jakarta-Bogor, Segini Konsumsi BBM-nya

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 11 Nov 2020 09:34 WIB
Test ride All New Aerox 155 Connected
Foto: Yamaha/Test Ride All New Aerox 155 Connected
Jakarta -

PT Yamaha Indonesia Manufacturing Motor (YIMM) menyelenggarakan kegiatan test ride All New Aerox 155 Connected. Etape perjalanan dimulai dari Flagship Store Yamaha, Cempaka Putih menuju Sentul Karting International Circuit, Selasa (10/11).

detikOto jadi salah satu media yang mendapat kesempatan menguji coba All New Aerox 155 Connected tipe ABS. Perjalanan memakan jarak kurang lebih sekitar 48 kilometer.

Bagaimana kondisi jalan di etape tersebut?

Perjalanan dengan tema eco riding, santai tidak banyak menyiksa All New Aerox Connected. Putaran rpm dijaga antara 2.000 hingga 4.000 rpm, sedangkan kecepatan bertahan di antara 20 km/jam hingga 60 km/jam.

Lalu lintas pagi di beberapa titik yang dilalui cukup padat. Namun selepas Jalan Raya Bogor pertigaan Cijago lengang sehingga kecepatan riding bisa berjalan secara konstan. Satu catatan detikoto, motor ini didukung teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang menjaga tenaga terasa tetap optimal di setiap rentang putaran mesin.

Test ride All New Aerox 155 ConnectedTest ride All New Aerox 155 Connected Foto: Yamaha

Melewati jalanan aspal mulus tanpa kendala berarti konsumsi bahan bakar All New Aerox Connected terbilang irit. Menurut catatan di panel MID, konsumsi rata-rata bahan bakar sekitar 48,3 km/liter. Beberapa awak media lain bahkan ada yang menembus di angka 52 km/liter.

Angka itu tentu masih bisa diperdebatkan. Sebab ada cara lain untuk menghitung konsumsi bahan bakar, yakni dengan metode full to full. Sayang, detikOto tidak sempat melakukan itu karena keterbatasan waktu.

Sebagai informasi, kegiatan test ride ini dibagi menjadi dua tema, yakni eco riding dan time trial, sebanyak diikuti oleh 15 media nasional. Para peserta tetap menjalankan protokol kesehatan untuk melindungi diri agar tidak tertular COVID-19. Protokol kesehatan yang dijalankan seperti menggunakan masker dan physical distancing selama aktivitas berlangsung.

Mesin baru All New Aerox 155 Connected ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11.3kW / 8.000rpm serta torsi maksimum sebesar 13.9Nm / 6.500rpm. Fitur hemat BBM yang dimiliki All New Aerox 155 Connected mulai dari Smart Motor Generator (SMG) sehingga starter motor menjadi halus, serta Stop and Start System (SSS) yang berfungsi mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor sedang berhenti.



Simak Video "Ambisi Morris Garage Ambil User CR-V dan Mazda CX-5"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)