Kamis, 10 Sep 2020 18:59 WIB

Ototest

KTM 390 Adventure: Motor Rakitan Gresik Rasa Austria, Siap Diajak Blusukan!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ototest KTM 390 Adventure KTM 390 Adventure. Foto: 20detik
Jakarta -

Merek motor asal Austria, KTM, meluncurkan motor petualang terbaru, KTM 390 Adventure. Motor yang sudah dirakit di Gresik, Jawa Timur, itu siap diajak blusukan ke mana pun pengendaranya pergi.

KTM 390 Adventure merupakan motor dual purpose yang bisa diandalkan di jalanan aspal maupun medan offroad. Untuk diajak touring motor ini dirasa cocok.

KTM 390 Adventure baru meluncur di Indonesia belum lama ini. detikcom mendapat kesempatan untuk menguji KTM 390 Adventure, sekilas di jalanan aspal dan di medan offroad di BSD, Tangerang.

Bagaimana impresinya mengendarai KTM 390 Adventure? Yuk kita bahas.

1. Desain

Dari segi desain, KTM 390 Adventure sangat gagah. Motor ini terinspirasi dari motor rally Dakar. KTM 390 Adventure mengambil platform yang sama dengan KTM 450 Rally Dakar, yaitu struktur steel trellis frame yang ringan.

Ototest KTM 390 AdventureKTM 390 Adventure Foto: 20detik

Dari depan, tampang lampu utamanya menyiratkan gaya khas motor adventure. Ditambah dengan handguard yang akan melindungi tangan rider dari objek tajam saat blusukan. Ban motor ini juga didesain untuk dual-purpose, nyaman di aspal, bisa juga digunakan di offroad ringan.

Ototest KTM 390 AdventureDesain KTM 390 Adventure Foto: 20detik

Dari samping, garis desain KTM 390 Adventure juga terlihat kekar. Mesin satu silinder 390 cc yang digendongnya tampak gahar dari tampilannya. Ditambah knalpot dengan desain yang besar pula.

Untuk pendinginan mesin, KTM 390 Adventure memiliki desain radiator yang unik. Radiatornya melengkung dan memiliki dua kipas sehingga memastikan mesin besar yang terbungkus dalam satu silinder tetap dingin.

2. Posisi Berkendara

Sebagai motor petualang, tentunya KTM 390 Adventure menawarkan posisi berkendara yang nyaman. Tester detikcom dengan tinggi badan 178 cm duduk dengan nyaman di atas KTM 390 Adventure.

KTM 390 AdventureKTM 390 Adventure Foto: Yulius Dimas Wisnu A.W./detikcom

Memang, saat pertama kali 'nyemplak' di atas sadel, kesannya motor ini sangat tinggi. Maklum, jok yang tinggi itu didesain untuk mendukung jarak ke tanah yang cukup untuk blusukan ke medan offroad.

Tester detikcom juga pertama kali harus jinjit untuk menyeimbangkan motor. Tapi setelah beradaptasi, posisi berkendaranya nyaman kok.

Untuk bermain offroad, KTM 390 Adventure juga nyaman ketika kami berdiri di atas footstep untuk membawa motor lompat-lompatan.

3. Fitur-fitur

KTM mengklaim, meski telah dirakit di Gresik, KTM 390 Adventure yang datang ke Indonesia adalah spesifikasi Eropa. Motor ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang bermanfaat.

Misalnya, suspensi depan belakang bisa disetel sesuai keinginan pengendara. Suspensi depan upside down WP Apex 43 mm, dikembangkan untuk enduro. Suspensi depan itu bisa diseting compression damping dan rebound. Setting suspensi depan cukup mudah, dengan hanya memutar switch di kiri dan kanan. Ada empat setelah, yakni comfort, standart, sport, dan full payload.

Ototest KTM 390 AdventureKTM 390 Adventure Foto: 20detik

Suspensi belakang dari WP juga bisa diatur rebound damping dan spring preload-nya. Jadi, pengendara tinggal mengatur suspensi untuk kenyamanan.

Fitur lainnya, KTM 390 Adventure juga dibekali sistem traction control. Sistem itu akan meningkatkan stabilitas daya cengkeram roda belakang saat gas diputar. Untuk bermain offroad, traction control bisa dinonaktifkan demi mendapatkan performa yang lebih menantang.

Selain itu, KTM 390 Adventure memiliki quick shifter. Anda tidak perlu lagi menarik tuas kopling untuk ganti gigi naik dan turun.

KTM 390 Adventure dilengkapi dengan sistem cornering ABS. Berkat sistem itu, pengendaranya bisa melakukan pengereman keras di segala jenis jalan, termasuk pada tikungan tajam sekalipun.

Untuk bermain offroad, Anda bisa memilih offroad ABS. Dengan mengaktifkan fitur ini, motor akan menonaktifkan ABS roda belakang sehingga akan memudahkan pengendara menguasai motor lebih maksimal.

4. Ngebut di Jalanan Aspal

Sebelum bermain di medan offroad, kita bahas performa KTM 390 Adventure di jalanan aspal. Untuk melaju di jalanan aspal, kami menggunakan setting suspensi comfort, cornering ABS aktif, traction control aktif, dan quickshifter juga on.

Sebagai gambaran, KTM 390 Adventure menggendong mesin berkapasitas bulat 373,2 cc satu silinder empat tak DOHC. Mesin menyalurkan tenaganya melalui transmisi enam perceepatan itu memiliki power maksimal hingga 43 daya kuda dengan torsi maksimal 37 Nm.

Di jalanan aspal, motor ini masih mumpuni untuk diajak ngebut. Melaju ke kecepatan tinggi sangat enak. Meski mesin besar dikemas dalam satu silinder, mesinnya nggak terasa getar kok.

Saat menguji di jalanan aspal ini, kami juga mencoba fitur quick shifter. Kepada detikcom, pihak KTM menyebut fitur quickshifter itu bisa dimainkan mulai 3.000-4.000 rpm. Tapi, kami merasa lebih nyaman menggunakan quickshifter tanpa menarik tuas kopling di atas 6.000 rpm. Karena saat masih rpm di 3.000-4.000 perpindahan gigi masih terasa kasar.

5. Main Tanah di Medan Offroad

Selanjutnya, kami membawa KTM 390 Adventure ke sirkuit offroad. Untuk bermain tanah di medan offroad, KTM 390 Adventure masih sangat nyaman digunakan. Lompat-lompatan melewati gundukan tanah pun masih mumpuni meski sebenarnya KTM 390 Adventure ini adalah motor dual-purpose.

KTM 390 AdventureKTM 390 Adventure Foto: Yulius Dimas Wisnu A.W./detikcom

Suspensinya yang diset di setelan comfort masih terbilang nyaman untuk diajak main offroad.

Simak video ototest KTM 390 Adventure:

[Gambas:Video 20detik]



(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com