Jumat, 12 Okt 2018 11:12 WIB

Vario 125 vs Lexi 125, Mana Bisa Bawa Barang Lebih Banyak?

Luthfi Anshori - detikOto
Ototest Vario dan Lexi di Ciletuh. Foto: Rangga Rahadiansyah Ototest Vario dan Lexi di Ciletuh. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Kemampuan akomodasi jadi salah satu poin utama yang ditawarkan motor matik. Semakin besar kapasitas angkut, tentunya semakin bernilai skutik tersebut di mata calon konsumen. Kemampuan akomodasi ini pula yang jadi penilaian tim ototest detikOto ketika melakukan uji komparasi All New Honda Vario 125 CBS ISS vs Yamaha Lexi 125 S.

Seperti apa kesimpulannya? Sebelum jauh membicarakan hal tersebut, mari kita lihat dulu spesifikasi teknisnya. Di atas kertas, Vario 125 memiliki kapasitas bagasi mencapai 18 liter. Sudah lebih dari cukup untuk menyimpan beberapa perlengkapan, mulai dari mantel hujan, satu setel pakaian, dan kamera DSLR.



Sementara Lexi 125 dibekali bagasi lebih kecil dari Vario 125, hanya 12,8 liter. Alhasil daya angkut Lexi 125 tidak bisa sebanyak Vario 125. Beberapa perlengkapan yang bisa masuk ke bawah jok Lexi 125 yakni mantel hujan, satu setel pakaian, dan topi.

Meski tak dilengkapi bagasi bawah jok yang besar, Lexi 125 memiliki keunggulan lain yang tak dimiliki Vario 125. Yaitu adalah model dek yang lapang. Saking lapangnya dek Lexi 125, bisa untuk membawa dua galon dengan posisi terlentang. Luasnya dek Lexi 125 juga bikin kaki pengendaranya nyaman karena bisa mengatur posisi kaki sesuai keinginan.



Berbeda dengan Lexi 125, Vario 125 justru memiliki dek yang cukup sempit. Tapi tetap bisa membawa galon dengan posisi berdiri. Sedangkan dampak untuk pengendaranya, dengan ruang dek yang terbatas membuat kaki sulit menemukan posisi yang nyaman. Tentunya bisa bikin kaki cepat lelah ketika menempuh perjalanan jauh.

Masih bicara soal kompartemen, Lexi 125 dilengkapi satu kotak penyimpanan di dasbor depan. Meski hanya satu, Lexi 125 sudah dilengkapi socket charger yang sangat berguna untuk mengisi ulang perlengkapan gadget. Sementara Vario 125 dilengkapi dua kompartemen di bawah dasbor depan, meski satu kotak penyimpanannya di sebelah kanan, kami rasa terlalu kecil.

Sedangkan untuk kemampuan angkut bahan bakarnya, Vario 125 memiliki kapasitas 5,5 liter dan Lexi 125 lebih sedikit dengan kapasitas 4,2 liter. Jadi sudah bisa ditebak, mana yang bisa berjalan lebih jauh dalam satu kali pengisian bensin ya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed