Selasa, 15 Mei 2018 16:58 WIB

Ototest

Lexi, Si Imut yang Bandel Digas di Jalan Perkotaan

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Yamaha Lexi. Foto: Dok. 20detik Yamaha Lexi. Foto: Dok. 20detik
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Awal Januari 2018, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), selaku agen pemegang merek Yamaha di Indonesia meluncurkan adiknya Yamaha Nmax, yakni Lexi. Lexi hadir dengan tubuh yang lebih langsing dan mesin yang lebih kecil.

Jika Yamaha Nmax dibekali mesin 150cc, Lexi hanya berbekal mesin 125 cc LC4V, Variable Valve Actuation (VVA). Meski mesinnya lebih kecil, motor yang diklaim cocok untuk emak-emak ini tetap asyik dikendarai.



Nah, kali ini detikOto berkesempatan menguji ketangguhan Yamaha Lexi yang punya banderol Rp 19,95 juta hingga Rp 22,8 juta ini. Berikut ulasannya.

1. Tampilannya yang Unik

Rancangan Yamaha Lexi diklaim untuk mobilitas sehari-hari juga disebut untuk konsumen yang kepincut Yamaha Nmax namun merasa terlalu besar, jadilah Yamaha Lexi dilahirkan.

Dari pandangan detikOto, selama menguji motor yang diluncurkan oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales ini, desain motor bisa dibilang imut. Tidak macho ataupun cantik. Karena imut bisa untuk kaum hawa juga kaum pria, sama seperti Yamaha Lexi yang cocok untuk pria juga terlihat apik dipakai wanita.

2. Tetap Nyaman di Jalan Amburadul

Yamaha Lexi memang punya tubuh yang lebih kurus ketimbang abangnya, Yamaha Nmax. Tapi untuk digunakan sehari-hari terutama di jalan perkotaan yang dipenuhi jalanan amburadul alias rusak, rasanya tetap nyaman jika menunggangi Yamaha Lexi.

Kenapa? Jalanan rusak tidak semua dapat dihindari, kadang terpaksa harus dilibas. Dari pengujian yang dilakukan detikOto, meski harus melibas jalan rusak, Yamaha Lexi masih memberikan rasa nyaman.



Karena pertama, motor disematkan suspensi tabung yang dapat meredam ketika harus melibas jalan rusak. Lalu desain joknya yang lebar dan tebal juga menambah rasa nyaman, tidak sakit jika melewati jalan yang amburadul.

3. Posisi Berkendara

Kebanyakan skuter matik 125 cc posisi stangnya agak rendah, sehingga pengendara cepat merasa pegal apalagi untuk berkendara jarak jauh atau terjebak macet.

Namun dari yang dirasakan detikOto, untuk Yamaha Lexi beda rasanya. Dengan stang yang posisinya tinggi mirip dengan abangnya yakni Yamaha Nmax, detikOto tetap merasa nyaman saat bertemu macet ataupun menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Tangan tidak pegal. Hampir serupa dengan kenyamanan yang ada pada Yamaha Nmax.

4. Mesin Bandel Asyik Buat Selap-Selip

Dari hasil yang dirasakan detikOto selama menunggangi Yamaha Lexi, tubuhnya yang lebih ramping dibandingkan Nmax menjadi keunggulan tersendiri.



Sebab, dengan tubuhnya yang lebih ramping, Yamaha Lexi pas banget nih Otolovers buat selap-selip, jika jalanan mulai menemui kodratnya yaitu macet. Bukan hanya itu, mesinnya juga bandel, terasa dari tarikan pertama digas, motor langsung ngacir seperti menggunakan mesin di atas 125 cc.

5. Kesimpulan

Motor buatan pabrik Yamaha di Pulo Gadung ini memang tidak se-macho abangnya, Yamaha Nmax. Namun untuk masalah kenyamanan dan tenaga, Yamaha Lexi tidak kalah ciamik dibanding Nmax atau skuter matik bongsor dengan kapasitas mesin 150 cc. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed