ADVERTISEMENT

Wuling Air ev Diajak Keliling Jakarta 70 Km, Cuma Habis Baterai Segini

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 20 Sep 2022 07:49 WIB
Jakarta -

Wuling Motors (Wuling) menggelar kegiatan media drive Air ev bersama rekan jurnalis yang bertajuk Green Mobility Experience dengan rute Creative City Journey, Senin (19/9/2022). Jika ditotal, jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 70 km. Berapa ya konsumsi baterainya?

Pada aktivitas ini, rekan media berkesempatan merasakan pengalaman berkendara Air ev, Drive For A Green Life, secara langsung dengan ragam kondisi mobilitas di Jakarta baik sebagai pengemudi ataupun penumpang. Ada sebanyak 7 unit Wuling Air ev long range yang menjadi partner perjalanan selama satu hari untuk jurnalis.

"Kami menggelar Air ev Green Mobility Experience: Creative City Journey dalam rangka membagikan pengalaman berkendara ke rekan media bersama mobil listrik pertama dari Wuling di Tanah Air dengan kondisi lalu lintas perkotaan yang nyata dan juga tantangan kreativitas di tengah rute perjalanan. Kami berharap kesempatan ini bisa menjadi pembuktian bahwa Air ev dapat menjawab tantangan mobilitas perkotaan berkat dukungan dari berbagai kemudahan yang dimilikinya serta ramah lingkungan," ujar Brand & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani.

Media drive Wuling Air ev di Jakarta bertema Green Mobility Experience (19/9/2022)Media drive Wuling Air ev di Jakarta bertema Green Mobility Experience (19/9/2022) Foto: Dok. Wuling Motors

Rangkaian acara diawali di Wuling Center, terdiri dari presentasi produk dan briefing rute serta seremoni flag off yang menandakan kegiatan ini resmi dimulai. Setelah itu, rombongan media bersama Wuling Air ev mengarah ke lokasi makan siang di Talassa, Pantai Indah Kapuk. Sepanjang perjalanan, peserta menempuh rute arteri permata hijau, kemudian masuk tol Jakarta - Tangerang dan diteruskan ke jalan tol JORR serta masuk ke area PIK. Pada kombinasi rute tersebut, peserta merasakan 3 mode berkendara dari Wuling Air ev yakni Normal, Eco dan Sport.

Setelah menikmati makan siang, kami beranjak ke Taman Wisata Alam Mangrove untuk melakukan penanaman mangrove sebagai wujud 'green' yang merupakan salah satu unsur utama dari event ini guna keikutsertaan dalam melestarikan lingkungan di daerah pesisir Jakarta. Selesai kegiatan itu, perjalanan berlanjut menuju Stasiun BNI City di kawasan Sudirman untuk mengabadikan momen Air ev bersama latar deretan gedung di Ibu Kota.

Selanjutnya, bergerak menuju Rumah Wijaya di bilangan Melawai, Kebayoran Baru, melalui Jl. Sudirman-Jl. Sisingamangaraja yang merupakan kawasan pembatasan mobil dengan plat normal ganjil-genap. Sebagai mobil listrik, Air ev termasuk dalam kategori kendaraan yang dibebaskan dari ganjil-genap sehingga pengguna dapat melintasi di rute tersebut.

Media drive Wuling Air ev di Jakarta bertema Green Mobility Experience (19/9/2022)Media drive Wuling Air ev di Jakarta bertema Green Mobility Experience (19/9/2022) Foto: Dok. Wuling Motors

Ketika berada di kemacetan, kami pun dapat mengaktifkan fitur auto vehicle holding yang berguna membantu pengemudi saat kondisi stop and go dan juga adanya perangkat head unit berdimensi 12,5" dengan beragam fasilitas modern yang dapat menghibur sepanjang perjalanan.

Sesampainya di Rumah Wijaya, kami diajak untuk berpartisipasi dalam sesi melukis tote bag bergambarkan Wuling Air ev. Kreativitas para peserta pun diuji dalam kegiatan yang sejalan dengan tema Creative City Journey ini. Setelah sesi melukis, para peserta diarahkan berkendara menuju Senayan Park untuk makan malam bersama di Lucy in the Sky sambil menikmati suasana malam Jakarta. Selain itu, lokasi tersebut juga menjadi titik akhir dari perjalanan selama satu hari bersama Wuling Air ev ini. Secara total jarak yang ditempuh rekan media dalam kegiatan ini adalah 70 kilometer.

Media drive Wuling Air ev di Jakarta bertema Green Mobility Experience (19/9/2022)Media drive Wuling Air ev di Jakarta bertema Green Mobility Experience (19/9/2022) Foto: Dok. Wuling Motors

Tercatat di panel instrumen total baterai yang tersisa masih sekitar 62% dengan range hingga 188 km. Sebagai catatan, saat start baterai Wuling Air ev yang kami kendarai ada di angka 99%, artinya hanya sekitar 37% daya yang terpakai untuk melahap jarak sejauh 70 km.

Mengenai kondisinya, mobil dikendarai dua orang, satu penumpang, satu sebagai pengemudi. Tak ada muatan berlebih, karena masing-masing orang hanya membawa tas kecil. Sepanjang perjalanan mobil sering dikendarai dengan mode sport, selain itu rute yang dilewati adalah jalan tol yang lengang dan jalan perkotaan yang relatif macet.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT