ADVERTISEMENT

Suzuki S-Presso: Murah, Tapi Murahan Nggak?

Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 11 Agu 2022 19:34 WIB
Suzuki S-Presso
Suzuki resmi memperkenalkan S-Presso pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.(Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)
Jakarta -

Suzuki resmi memperkenalkan S-Presso pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Menggantikan Karimun Wagon, S-Presso hadir menjadi mobil termurah yang dijual oleh Suzuki saat ini. Lantas seberapa menarik mobil ini?

Suzuki S-Pressosecara desain mobil ini cukup kental aura India-nya Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Desain Unik dan Nyentrik!

detikOto berkesempatan untuk melakukan kencan pertama dengan city car yang diimpor utuh dari India ini. Impresi pertama yang keluar dari benak kami ketika melihat wujudnya adalah 'Wow!'.

Suzuki cukup berani membawa S-Presso ini ke pasar Indonesia, sebab secara desain mobil ini cukup kental aura India-nya.

Menurut kami, S-Presso membawa hint Ignis di area depannya. Terlihat dari penggunaan model grille yang dilengkapi kelir chrome dan juga garis desainnya yang mengejar konsep 'tangguh'.

Dari samping terlihat dimensi mobil ini cukup kompak. Panjang mobil ini hanya 3.565 mm, lebarnya 1.520 mm, dan tingginya 1.565 mm. Menariknya, ground clearance mobil ini cukup tinggi layaknya Ertiga, tepatnya di 180 mm.

Suzuki S-Pressopenggunaan roda yang kecil dan membuat tampilannya 'cingkrang' Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Namun yang cukup mencuri perhatian adalah penggunaan roda yang kecil dan membuat tampilannya 'cingkrang'. S-Presso mengusung pelek ring 14 dengan balutan ban ukuran 165 profil 70. Kami langsung meyakinkan diri, jika membeli mobil ini, bagian kaki-kaki yang harus dimodifikasi pertama kali.

Beralih ke belakang, ada rasa desain yang sama dengan Baleno. Pembukaan bagasinya hanya bisa dilakukan dengan cara membuka kunci langsung, atau menarik tuas di dekat kursi supir.

Kendati tidak praktis untuk dibukanya dan untuk memasukkan barang ke bagasinya lantaran bibir bodi yang tinggi, bagasi S-Presso ini cukup lega. Selain itu, Suzuki juga membekali bagasinya dengan separasi untuk keamanan lebih.

Well! Ditilik dari luar, S-Presso ini sangat nyentrik. Apalagi dengan pilihan warna yang cerah dan tidak ada pilihan warna hitam, mobil ini siap jadi pusat perhatian di jalanan.

Suzuki S-PressoS-Presso mengusung layout yang tidak umum sehingga cukup menarik perhatian Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Fitur Cukup Jempolan, Kabinnya Nyaman

Masuk ke kabinnya, sudah pasti material plastik keras mendominasi. Namun, S-Presso mengusung layout yang tidak umum sehingga cukup menarik perhatian.

Desain dashboard-nya terpusat ke tengah dan mengusung garis desain yang membulat untuk headunit-nya. Sepertinya Suzuki terinspirasi dari MINI saat mendesain S-Presso ini.

Model panel instrumennya sangat sederhana, hanya ada speedometer, fuel meter, odometer, dan gear position. Sedangkan untuk headunit-nya menggunakan produk aftermarket dari JVC, yang sudah touch screen.

Beralih ke belakang, saat menjejalkan badan ke jok dari S-Presso ini ternyata cukup nyaman. Meski busa joknya tipis, tapi posisinya cukup ergonomis. Selain itu, model jok yang tipis ini juga membuat mobil ini memang lebih tepat jika diplot sebagai mobil perkotaan.

Suzuki S-PressoKabin belakang Suzuki S-Presso Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Oh iya! Perlu diingat kalau fitur power window hanya tersedia di bagian depan saja. Sementara penumpang belakang, harus menggunakan otot tangan, untuk mengengkol tuas buka-tutup jendelanya.

Namun menurut pengetesan kami, rasanya mobil ini sangat ngepas jika diisi 5 penumpang. Kendati demikian, Suzuki tetap membekali seatbelt 3-titik di bagian belakangnya.

Nah! Menariknya, Suzuki membekali mobil ini dengan AC yang lengkap fiturnya. Tak sekadar dingin, AC S-Presso ini bisa diatur arah semburannya dan juga bisa diset dingin hingga panas. Pas untuk dibawa ke daerah pegunungan!

Selain itu, S-Presso juga dibekali dengan dua buah Airbag di bagian depan, sensor parkir mundur, immobilizer, dan seatbelt 3 titik untuk keamanannya.

Menurut kami, meskipun Suzuki S-Presso ini hadir dengan banyak part yang tampak murah, Suzuki tak main-main soal fitur keselamatannya. Ini membuat mobil ini tak murahan, meski harganya terjangkau.

Suzuki S-PressoSuzuki S-Presso mengusung mesin yang sama dengan Karimun Wagon Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Mesinnya Kompak, Pas Buat Kejar Setoran

Suzuki S-Presso dibekali dengan mesin 3-silinder berkode K10B. Mesin DOHC-nya ini, berkapasitas 998 cc. Yap! Mesinnya sama dengan kepunyaan Karimun Wagon.

Diklaim, mesinnya ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 50 kW di 5.500 RPM dan torsi 90 Nm di 3.500 RPM. Suzuki menyediakan S-Presso ini dengan dua pilihan transmisi yaitu Manual 5 percepatan dan AGS alias otomatis.

Dengan mesin berkapasitas 1 liter ini, tentu S-Presso mengejar efisiensi. Khas Karimun, mesinnya cukup kompak dan pas tenaganya. Cocok pula dipakai komuter di perkotaan atau untuk kerja setoran.

Harga Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso MT Rp 155.000.000
Suzuki S-Presso AGS Rp 164.000.000



Simak Video "Fitur Ala Mobil Eropa, Hadir di Suzuki S-Presso"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT