Tes Mobil Listrik Lexus UX 300e: Low Profile, Tak Seperti Mobil Masa Depan

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 21 Jan 2022 09:56 WIB
Jakarta -

Di kelas mobil listrik murni, gaung Toyota memang belum terlalu terdengar. Namun untuk saat ini, mereka punya perwakilan dari merek premiumnya yakni Lexus UX 300e.

Lantas, apa saja yang ditawarkan Lexus UX 300e untuk mewakili nama besar Toyota di kancah mobil listrik? Seperti apa performanya? Yuk, kita bahas dan temukan jawabannya pada ulasan kami kali ini!

Mobil Listrik Lexus UX 300eMobil Listrik Lexus UX 300e Foto: Andhika Prasetia

Desainnya Low Profile

Sebelum membahas lebih jauh tentang Lexus UX 300e, mari kita mulai dengan kesimpulannya. Menurut kami, mobil listrik ini pas jika menyandang gelar 'Low Profile, High Quality' atau mobil ini sangat 'merendah' tampilannya namun dengan jeroan yang berkualitas.

Kenapa demikian? Lihat saja desainnya. Lexus UX 300e ini hadir dengan desain yang identik dengan UX series lainnya, yakni UX 200 ataupun UX 200h. Lexus tak menggunakan tampilan yang futuristis ala mobil listrik kebanyakan.

Dari depan, radiator grille-nya mengusung bahasa desain Lexus kekinian yang terlihat mewah namun tetap sangar. Lalu yang menjepit grille-nya, ada lampu utama, lampu sein, hingga lampu kabut LED. Belum lagi, banyak lekuk dinamis ala Lexus yang tetap disematkan di mobil ini.

Geser ke samping, wujud UX 300e yang kompak baru terlihat nyata. Di atas kertas, mobil ini punya panjang 4.495 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.545 mm. Menurut kami, dimensinya yang kompak ini memang pas untuk digunakan sehari-hari di perkotaan yang padat.

Dari samping pula terlihat unsur SUV yang kental di UX 300e ini. Lexus menyematkan wheel arch moulding yang cukup tebal dan mengitari bodinya. Selain itu, terlihat peleknya lebih aerodinamis ketimbang UX 200 dan UX 250h. Peleknya ini berukuran 17 inci dan dibalut ban 215 profil 60.

Mobil Listrik Lexus UX 300eMobil Listrik Lexus UX 300e Foto: Andhika Prasetia

Sedangkan tampak belakangnya, lagi-lagi identik dengan UX series lainnya. Tak ada yang berbeda, kecuali UX 300e tidak menggunakan knalpot. Menurut kami, lekuk tajamnya membuat siluet yang berotot dan desain lampu belakang yang melintang membuat mobil ini tampak modern.

Lanjut masuk ke dalam kabin penumpang belakang, satu hal yang langsung terasa adalah ruang yang cukup sempit. Untuk saya yang punya tinggi 175 cm dengan pengaturan jok pengemudi disesuaikan untuk tinggi saya, kabin belakangnya ini hanya menyisakan ruang kaki sebanyak empat jari dan ruang kepala lima jari.

Kendati demikian, duduk di belakang tetap terasa nyaman berkat adanya blower AC tambahan, port USB untuk pengecasan, arm rest yang lengkap dengan cup holder, serta sistem audio yang berkualitas.

Pindah ke area cockpit-nya, baru menurut saya ini posisi terbaik di mobil ini. Lexus seakan 'pol-polan' mendesain dan memikirkan setiap lekuk hingga corak yang mereka gunakan di kabin UX 300e ini. Material lembut hadir di seluruh bagian, namun yang paling menarik adalah di bagian dashboard dan joknya yang terispirasi dari kebudayaan Jepang.

Mobil listrik Lexus UX 300eKabin depan mobil listrik Lexus UX 300e Foto: Andhika Prasetia

Area cockpit-nya ini juga terasa canggih, namun tetap low profile berkat hadirnya layar instrumen kluster yang tak neko-neko. Desainnya klasik, bahkan sampai battery meter-nya pun mengusung desain bar ala fuel meter. Justru kami kurang suka dengan hal ini, sebab untuk mengecek kondisi baterai, penggunaan meteran persentase lebih memudahkan ketimbang jarum.

Mengalihkan pandangan ke tengah, perpaduan antara desain klasik dan modern-nya membuat mata termanjakan. Ada headunit berlayar high definition dan jam analog di bagian atas. Lalu ada pengaturan AC yang masih analog, hingga perangkat pemutar CD dari Mark Levinson membawa perasaan yang sentimenal.

Overall, menurut kami sulit untuk tak suka dengan desain dari Lexus UX 300e ini. Seperti yang kami sebutkan tadi, hadirnya beberapa bagian yang klasik membuat mobil ini tampak 'low profile', namun di sisi lain jeroan mobil ini yang canggih, garis desainnya yang agresif, seakan membuat kombinasi yang sempurna.

[Halaman berikutnya: Baterai Terbesar di Kelasnya dan Performa Lexus UX 300e]