Tes Lengkap Mitsubishi New Xpander Sport: Lebih Asyik daripada Ultimate?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 06 Jan 2022 08:42 WIB
Jakarta -

Sejak 2017, Xpander sukses menjadi peluru bagi Mitsubishi untuk tempur di kelas LMPV. Kini Xpander diberi sentuhan yang lebih segar dari segi tampilan ala facelift, fitur yang lebih modern, hingga transmisinya yang baru. Membuat namanya berubah menjadi Mitsubishi New Xpander.

detikOto sudah pernah diundang langsung oleh Mitsubishi untuk menguji New Xpander tipe Ultimate di sirkuit. Namun sebagai LMPV, tentu mobil ini diplot menjadi mobil sejuta umat dan peruntukannya lebih ke kendaraan harian. Lantas, bagaimana impresi kami setelah mencoba Mitsubishi New Xpander tipe Sport untuk sehari-hari? Simak ulasan kami berikut ini!

Desain Tetap Gagah, Walau Pelek Kurang Mewah

Secara tampilan luar, tentu Mitsubishi New Xpander tipe Sport hadir mirip dengan tipe Ultimate. Perbedaannya hanya terletak pada tiga buah aspek.

Perbedaan pertama terletak pada peleknya. Entah kenapa, Mitsubishi kini memberikan pelek single tone berukuran 16 inci kepada New Xpander tipe Sport.

Pelek ini membuat tampilannya kurang mewah, dan terlihat jomplang dengan tipe Ultimate. Padahal hanya turun satu tipe dan harganya pun tak jauh berbeda. Selain itu, pelek New Xpander tipe Sport ini sama dengan yang digunakan tipe lain yang lebih rendah, yakni Exceed dan GLS.

Selain pelek, hal yang juga membedakan New Xpander tipe Ultimate dengan Sport adalah dari spion luar dan juga emblem di belakang. Ultimate pakai spion luar berkelir chrome, sedangkan Sport spionnya berwarna senada bodi. Emblem pun pastinya tipe Ultimate bertuliskan namanya, dan tipe Sport bertuliskan 'Sport'. Sisanya, tampilan eksterior New Xpander ini tak ada yang berbeda.

Mitsubishi New Xpander SportPelek Mitsubishi New Xpander Sport Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

New Xpander tipe Sport tetap hadir dengan desain bumper depan baru, lampu utama LED model T-Shape, desain tampak belakang baru, desain lampu belakang baru, garnish samping baru, hingga Electric Switch Tail Gate Door Handle yang memudahkan dalam membuka bagasi belakang.

Nah! Masuk ke dalam kabinnya, aura sporty langsung kerasa. Alih-alih menggunakan material berwarna terang atau beige seperti di Ultimate, New Xpander tipe Sport mengusung aura yang serba gelap. Jok serta dashboard didominasi warna hitam dan coklat tua.

Menurut kami, merawat kabin New Xpander Sport akan lebih mudah ketimbang Ultimate. Sebab, dengan pemilihan warna jok hitam dan plafon abu-abu, akan lebih tidak gampang kotor ketimbang warna material yang terang layaknya di tipe Ultimate.

Selain itu, nuansa gelap seperti di kabin Sport ini jelas membuat aura kabinnya tampak lebih mewah. Apalagi dengan sentuhan material soft touch dan jahitan asli di dashboard yang juga hadir di tipe Sport ini.

Mitsubishi New Xpander SportInterior Mitsubishi New Xpander Sport Foto: Faisal Fahriansyah / 20detik

Lagi-lagi secara umum, interior dari New Xpander tipe Ultimate dan Sport tak ada bedanya. Mitsubishi tetap memberikan dashboard dengan desain Horizontal Axis yang diberikan soft touch, pengaturan AC digital, headunit layar sentuh ukuran 8 inci yang dapat terhubung dengan smartphone melalui sambungan Android Auto, Apple Car Play, atau yang lainnya, hingga model setir baru pun hadir di tipe Sport ini.

Jelas tipe Sport ini lebih menggoda bagi para pecinta New Xpander yang menginginkan kabin bernuansa gelap dan sporty. Namun dengan pilihan pelek 16 inci, pasti akan timbul sedikit kegalauan bagi para calon pembeli New Xpander.

[Halaman berikutnya: Mesinnya Halus, Tapi Tetap Bertenaga]