Ini Hasil Tes Konsumsi Bensin Mitsubishi New Xpander Sport

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 05 Jan 2022 14:42 WIB
Mitsubishi New Xpander Sport
Wujud Mitsubishi New Xpander yang dites oleh detikOto Foto: Faisal Fahriansyah / 20detik
Jakarta -

Sebagai sebuah LMPV yang harganya cukup terjangkau, Mitsubishi tentu memplot New Xpander sebagai kendaraan keluarga sehari-hari. Tentu sebagai mobil harian, faktor efisiensi bahan bakar perlu jadi pertimbangan.

Mitsubishi mengklaim dengan transmisi CVT-nya yang baru ini, New Xpander hadir lebih efisien. Hasilnya? Ternyata benar! Dengan transmisi CVT, mesin jadi banyak main di putaran rendah. Tak jarang kami berkendara di putaran 1.500 dan maksimal 2.000 RPM. Hal ini tentu membuat mesin lebih efisien dalam membakar bensin.

Konsumsi Bensin Mitsubishi New Xpander SportKonsumsi Bensin Mitsubishi New Xpander Sport Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Untuk konsumsi bensin New Xpander tipe Sport di rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 20 hingga 25 km/jam, kami cek di instrumen klusternya dapat di angka 15 km/liter. Hasil ini kami dapatkan setelah berkendara lebih dari 60 km di rute dalam kota, dengan kondisi satu penumpang, AC menyala, fitur auto stop and go dinonaktifkan, dan tangki bensin dalam kondisi kurang dari setengah terisi.

Sedangkan untuk rute luar tol, ini yang menurut kami sangat baik. New Xpander dapat mencatatkan angka konsumsi bensin rute tol di 20 km/liter. Hasil ini kami dapatkan setelah berkendara selama konstan di 83 km/jam, sejauh 43,7 km, dengan kondisi satu penumpang, AC menyala, dan tangki bensin dalam kondisi kurang dari setengah terisi.

Perlu diketahui, pengetesan yang kami lakukan ini dapat saja berbeda tergantung kondisi lalu lintas dan jalan di daerah tempat pengujian. Selain itu, kondisi bobot kabin, kualitas bensin, dan cuaca pun akan menentukan.

New Xpander ini masih menggendong mesin yang sama dengan versi pertama kali meluncur ke Indonesia. Mesin yang ditanamkan Mitsubishi ke New Xpander ini masih mesin 1.499 cc MIVEC DOHC yang punya 16 buah katup. Di atas kertas, mesinnya diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekitar 104 HP di 6.000 RPM dan Torsi 141 Nm di 4.000 RPM.

Lalu dengan transmisi CVT ini, penyaluran tenaga New Xpander menjadi lebih halus dan juga efisien. Tipikal transmisi CVT, karakter penyaluran tenaganya menjadi linear dan asyik buat dipakai sehari-hari. Tarikan bawahnya cukup baik, di tengah pun tak masalah.

Menariknya, New Xpander ini bahkan tak kerepotan untuk mencari top speed dan masih 'ngacir' di tarikan tengah ke atas.

Kata yang tepat untuk menggambarkan racikan baru New Xpander Sport CVT ini adalah 'all rounder'. Mobil ini nikmat dipakai harian di perkotaan, namun tetap siap jika dipakai road trip ke luar kota yang jalurnya menanjak.

Namun jika menemukan jalan yang sangat curam dan sulit untuk ditaklukan, saran kami, pintar-pintar dalam mengambil ancang-ancang dan gunakan mode transmisi L atau Ds. Meski CVT dan FWD, New Xpander rasanya tetap kuat menaklukkan medan yang menyulitkan.



Simak Video "Makin Sangar, Ini Wujud Mitsubishi Xpander Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)