Road Trip Mandalika

Cerita Perjalanan Jakarta-Mandalika-Jakarta bersama Corolla Cross Hybrid

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 21 Des 2021 14:47 WIB
Toyota Cross Hybrid di Mandalika Lombok
Toyota Corolla Cross Hybrid road trip to Mandalika Foto: Rachman/detikFoto
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Gegap gempita penyelenggaraan World Superbike (WSBK) menjadi penghujung tahun yang manis bagi seluruh elemen masyarakat Indonesia. Wajar, rasa bangga hadir mengingat Indonesia dipilih untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang internasional WSBK di sirkuit baru Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Team detik.com ikut merasakan kegembiraan dengan langsung menyambangi pergelaran WSBK melalui jalur darat bersama Toyota Corolla Cross Hybrid dalam program Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika, pada 18-28 November 2021.

Perjalanan diawali dari ibu kota Jakarta dengan segala hiruk-pikuk di dalamnya dengan langsung menyambangi kota Surabaya, Jawa Timur. Perjalanana melalui tol Trans Jawa diawali dari Jakarta-Bekasi-Karawang-Cikampek-Cirebon-Brebes-Tegal-Pekalongan-Kendal-Semarang-Ungaran-Salatiga-Solo-Sragen-Ngawi-Madiun-Mojokerto-Surabaya, perjalanan Corolla Cross hybrid begitu mulus dan tak terasa.

Dengan menggendong mesin 2ZR-FXE bertipe 4 silinder In-Line 16 Valve DOHC Chain drive with VVT-i berkapasitas 1.798 cc, Toyota corolla Cross Hybrid menyajikan kemudahan dalam perjalanan. Soalnya di saat kami membutuhkan tenaga mesin yang lebih besar, mesin ini mampu menyemburkan 98 PS di 5.200 RPM, bahkan menyandang slogan hybrid membuat Corolla Cross Hybrid bisa memanfaatkan tenaga baterai hingga 72 PS. Sehingga perjalanan semakin nyaman tanpa kendala.

Bahkan kecepatan hingga 170 km/jam bisa didapatkan dengan mudah saat menggunakan 'MODE SPORT, karena tenaga sangat terasa di setiap RPM-nya.

Toyota Cross Hybrid di Mandalika LombokToyota Cross Hybrid di Mandalika Lombok Foto: Rachman_punyaFOTO

Pada hari kedua, perjalanan kembali dilanjutkan dengan rute kota Surabaya-Sidoarjo-Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi, dan dilanjutkan dengan jalur laut untuk bisa tiba di pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Saat melalui jalur darat yakni Surabaya-Banyuwangi, kembali Corolla Cross Hybrid membuktikan kecanggihannya, dengan melakukan perjalanan mayoritas menggunakan tenaga baterai yang menggerakkan motor listrik.

Hasilnya boleh diadu, Corolla Cross hybrid bisa dikatakan sangat irit, bahkan di saat tidak menggunakan 'MODE ECO' Toyota Corolla Cross Hybrid masih mampu berkendara dengan irit meski dalam kecepatan normal tanpa direkayasa atau stabil di kecepatan tertentu. Berdasarkan pengujian team detik, pada tachometer Toyota Corolla Cross Hybrid mencapai 5,4 liter/100 km. Sistem baterai bekerja dengan sempurna di saat kendaraan berada di bawah 40 km/jam. Dan lagi-lagi, Toyota Corolla Cross hybrid memberikan rasa nyaman berkendara.

Perjalanan akhirnya dilanjutkan dengan memasuki Lombok, NTB diawali dari pelabuhan Lembar Kabupaten Lombok Barat dan terus melanjutkan perjalan menuju Senggigi. Kembali Toyota Corolla Cross Hybrid menawarkan kenyamanan berkendara, karena bisa dipastikan hampir seluruh rute perjalanan menuju Senggigi tidak ada kendala sama sekali.