ADVERTISEMENT

Uji Performa MINI Cooper S Cabrio 2021: Kecil-kecil Cabe Rawit

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 10 Sep 2021 07:51 WIB
Jakarta -

MINI Cooper S Cabrio 2021 ini hadir dengan desain yang sangat ikonik dan 'imut-imut'. Namun, siapa sangka di balik tampangnya yang menggemaskan ini, ada mesin yang buas dan bertenaga.

Di atas kertas, spesifikasi MINI Cooper S Cabrio 2021 ini terbilang umum dan bukan yang terbuas. Di balik bonetnya, MINI memberikan mesin 2.000 cc TwinPower Turbo.

MINI Cooper S Cabrio 2021Mesin MINI Cooper S Cabrio 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Mesin empat silinder segarisnya ini, diklaim bisa menggelontorkan tenaga sebesar 192 PS di putaran mesin 5.000 hingga 5.500 RPM. Sedangkan untuk torsinya, diklaim ada di angka 280 Nm di 1.350 RPM hingga 4.600 RPM.

Asyiknya, mesin ini dikawinkan dengan transmisi yang sangat responsif dan minim lag. Transmisi ini adalah transmisi 7 percepatan Dual Clutch Sport.

Omong-omong soal minim lag, mesin turbonya ini pun terasa minim sekali turbo lag-nya. Lalu, yang tidak kalah menyenangkan adalah knalpot MINI Cooper S Cabrio ini 'terdengar' raungannya hingga kabin.

Meskipun suara raungannya tidak 'segarang' MINI John Cooper Works, namun hadirnya suara 'khas' ini membuat sensasi yang lebih asyik ketika memacu MINI Cooper S Cabrio ini.

Impresi kami soal performa MINI Cooper S Cabrio ini, memang mobil ini sangat menyenangkan sekali dibawanya. Mesinnya seakan bisa menyesuaikan keadaan.

Ketika dalam keadaan mengejar waktu atau hanya ingin bersenang-senang, kami sarankan untuk menggunakan mode sport. Di mode ini, mesin langsung terasa sangat responsif dan penyaluran tenaganya lebih terasa effort less.

Meskipun tidak merasakan top speed-nya, karena trek yang kurang panjang, kami sempat memacu MINI Cooper S Cabrio ini hingga 230 km per jam.

Rasanya mudah sekali untuk menyentuh angka 100 km per jam, bahkan untuk naik ke 200 km per jam pun, tak butuh perjuangan yang banyak.

Nah, meskipun mobil ini hadir dengan tenaga yang buas, nyatanya mesin canggih yang ada di balik bonet-nya ini cukup efisien. Dari hasil pengetesan kami, untuk rute dalam kota yang kecepatan rata-ratanya 20 km per jam, mobil ini dapat di angka 12 km per liter.

Sedangkan untuk perjalan yang lebih cepat dan konstan, dengan rata-rata kecepatan di angka 90 km per jam, mobil ini bisa mencatatkan angka 15 km per liter untuk konsumsi bahan bakarnya.

MINI Cooper S Cabrio 2021MINI Cooper S Cabrio 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Pengendalian Bak Sebuah Gokart
MINI Cooper S Cabrio 2021 ini memang terlahir sebagai mobil compact yang menyenangkan untuk dikendarai. Namun bukan hanya dari ke-compact-annya, MINI juga mendesain mobil ini bak sebuah 'gokart'.

Kalau kalian pernah naik gokart, kurang lebih feeling seperti itu yang coba MINI hadirkan di tiap lininya. Pun bagi MINI Cooper S Cabrio 2021 yang detikOto tes kali ini.

Duduk di cockpit-nya, terasa sempit karena dimensinya yang memang compact. Namun untuk pengendara yang punya tinggi 175 cm seperti jurnalis detikOto yang melakukan pengetesan kali ini, akan tetap merasa nyaman karena pengaturan jok dan setirnya yang lengkap.

Hal yang sedikit menyulitkan adalah visibilitasnya yang tidak terlalu lega dan juga pengaturan joknya yang masih manual, belum elektrik. Selain itu, hadirnya arm rest yang besar juga membuat sulit untuk menarik rem parkirnya yang masih konvensional.

Namun, tidak butuh waktu lama untuk membiasakan diri dengan MINI Cooper S Cabrio 2021 ini. Pengendaliannya terasa mudah, tidak intimidatif dan pas untuk pemula.

Hal yang patut diacungi jempol adalah handling dan steering-nya. Meskipun setirnya ini terasa sedikit berat, tapi setir ini sangat tajam steering-nya.

MINI Cooper S Cabrio 2021Interior MINI Cooper S Cabrio 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Setirnya terasa sangat akurat dan feedback dari setirnya membuat sensasi berkendaranya kian menyenangkan. Lalu, mobil ini juga sangat 'nurut' ketika dibawa bermanuver ekstreme sekalipun.

Sayang, karakter berkendara seperti ini memang harus mengorbankan sedikit kenyamanan. Suspensi MINI Cooper S Cabrio ini punya karakter yang medium ke keras, sehingga rasanya kurang nyaman untuk melibas jalan yang rusak.

Belum lagi, jarak main atau jarak travel soknya ini cenderung pendek. Sehingga, untuk melewati jalan berlubang atau polisi tidur, tentu perlu berhati-hati agar tidak 'mentok'.

Namun 'beauty is pain', menurut kami setelan suspensi yang cenderung kurang nyaman ini jelas dapat dimaklumi dengan pengendalian yang sangat tajam dan impresi berkendara yang menyenangkan.

(mhg/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT