MINI Edisi Spesial Ulang Tahun Meluncur, Stoknya Terbatas

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 17 Jul 2021 12:39 WIB
MINI Cooper
MINI merilis produk anyar menyambut ulang tahun ke-16Foto: mini.co.uk
Jakarta -

MINI meluncurkan mobil edisi spesial dalam rangka ulang tahun yang ke-60. MINI pun merilis mobil ini dengan unit yang terbatas, tak sampai seribu unit.

Tepat di 2021, MINI merayakan hari jadinya yang ke-60 bersama John Cooper. Selama menjalin kerja sama, John Cooper turut membantu membuat mobil MINI lebih bertenaga dan punya ciri khas tersendiri, jadilah mobil tersebut bernama MINI Cooper yang terkenal hingga sekarang.

Dikutip dari Carscoops, MINI menghadirkan mobil edisi spesial tersebut pada tipe Cooper, Cooper S, dan JCW (John Cooper Works). Karena mengusung edisi spesial, MINI hanya merilis sebanyak 740 unit saja di seluruh dunia.

MINI menghadirkan tiga warna pilihan bagi konsumen yakni British Racing Green, Midnight Black dan Rebel Green dengan aksen kelir putih dan hitam yang kontras.

Setiap mobilnya akan dipasang angka "74" di bagian pintu kanan dan kiri serta kap mesin. Ini bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada nomor awal MINI Cooper klasik yang berhasil memenangi balapan pertamanya di Snetterton Lombank Trophy.

Masuk ke interior, terdapat sentuhan kulit pada bagian jok mobil. Selain itu, setir kemudinya juga menggunakan kulit nappa dengan sentuhan logo Cooper di bagian bawah. Hadir juga beberapa tambahan lain seperti pedal stainless steel hingga tanda tangan John, Mike dan Charlie Cooper.

Soal tenaganya, mobil edisi spesial ini tidak memiliki banyak perubahan. MINI mengusung mesin turbocharged tiga silinder berkapasitas 1.5 L, mampu menghasilkan tenaga hingga 134 HP dan torsi puncaknya di angka 162 lb-ft.

Sementara tipe dari Cooper S punya performa yang lebih tinggi. Dibekali mesin turbocharged 2.0 L empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga 189 HP dan torsi sebesar 206 lb-ft. Kemudian dari varian JCW memiliki kapasitas mesin yang sama, namun punya tenaga lebih besar yang mencapai 228 HP dan torsi 235 lb-ft.

Mengenai harganya, MINI Cooper edisi spesial ulang tahun ke-60 ini dijual mulai dari 33.800 Poundsterling (Rp 674 juta) untuk transmisi manual, sementara yang otomatis dibanderol mulai dari 35.500 Poundsterling (Rp 708 juta). Konsumen yang berminat sudah bisa memesan mobil ini dari sekarang.



Simak Video "Mulai Rp 600 Jutaan, Ini Daftar Harga MINI New Model yang Baru Rilis di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)