Bedah Fitur KIA Sonet 7 Seater: Banyak yang Dipangkas, tapi Tetap Berkelas

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 30 Agu 2021 12:13 WIB
Jakarta -

Pabrikan mobil asal Korea Selatan terkenal dengan pabrikan yang tidak pelit fitur, setidaknya hingga saat ini. KIA Sonet 7-seater pun demikian. Meski ada beberapa fitur yang dipangkas dari yang versi 5-seater, fitur di mobil ini tetap berkelas.

Kami menjajal KIA Sonet 7-Seater tipe tertinggi yaitu Premier. Di tipe ini, ketika masuk ke dalam kabinnya, aura kemewahan langsung terasa. Memang penggunaan jok kulit terasa sangat signifikan untuk urusan kemewahan.

KIA Sonet 7-seater PremierInterior KIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Menariknya, jok kulit KIA Sonet 7-seater ini bisa dibilang spesial. Untuk bangku pengemudi dan penumpang depan mendapat ventilated seat atau pendingin jok. Jadi cocok untuk yang hobi berjalan di siang hari, ketika matahari sedang jemawa.

Lalu, setir model flat bottom juga menambah aura mewah kokpitnya. Belum lagi, jika melongok ke bagian tengah, terlihat layar sentuh seluas 10.25 inci yang siap menjadi pemandu hiburan selama berkendara di Sonet 7-seater ini.

Head unit tersebut memiliki beberapa fungsi seperti multiple bluetooth connection, voice recognition, USB and AUX connection, Apple carplay, Android Auto, hingga penunjuk arah kiblat.

Nah, fitur yang dipangkas di Sonet 7-seater ini adalah fitur sunroof. Meskipun kedapatan Sonet 7-seater tipe tertinggi, tapi sunroof tetap tidak dihadirkan di mobil ini.

KIA Sonet 7-seater PremierBlower di KIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Hilangnya sunroof ini bukan tanpa alasan. Untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang baris ketiga, KIA memberikan blower tambahan di plafon tengahnya.

Namun blower ini bukan blower AC. KIA memilih blower yang hanya sanggup menyalurkan angin dari depan ke belakang. Mirip dengan blower kepunyaannya Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Suaranya agak bising, jika digunakan di level paling tinggi.

Selain hilangnya sunroof, Sonet 7-seater ini juga tak dapat speaker dari Bose yang terkenal nyaman di telinga.

Untuk menjamin keselamatan berkendara, fitur keselamatan pada Kia Sonet 7 Seater ini juga lengkap, mulai dari 6 airbag, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, Electronic Stability Control (ESC), Hill Assist Control dan Emergency Stop Signal. Selain itu, masih ada rear camera dengan dynamic parking guide.

Fitur lainnya seperti Remote Engine Start, Wireless Smartphone Charger, dan Tire Pressure Monitor System. Oiya, Kia Sonet juga sudah Drive Mode dan Traction Control yang dimilikinya.

KIA Sonet 7-seater PremierBangku baris ketiga KIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

7 Seaternya Lebih Pas Disebut 5+2
Satu hal yang menarik dan langsung memikat para calon pembeli yang punya anggota keluarga besar adalah embel-embel 7-seater di KIA Sonet. Jelas ini fitur yang 'khas' untuk sebuah mobil keluarga.

Namun tahan dulu, menurut kami KIA Sonet 7-seater ini lebih pas disebut dengan Sonet 5+2-seater. Memang sih, tidak enak secara marketing atau penamaan, tapi itulah adanya.

Sebelum menjajal duduk di bangku baris kedua ini, pertama-tama kami membuka dulu joknya melalui bagasi. Wah! begitu buka bagasi dan membuka joknya, kami langsung menggelengkan kepala melihat sisa ruang bagasinya.

Karena harus mengalah dengan jok baris ketiga, ruang bagasinya hanya muat untuk barang yang lebarnya tidak lebih dari empat jari. Iya, empat jari. Mungkin tas ransel anak sekolah bisa muat di sini.

KIA Sonet 7-seater PremierImpresi duduk di bangku baris ketiga KIA Sonet 7-seater Premier Foto: 20Detik

Nah jika butuh membawa barang banyak, jelas bangku ketiganya tidak dapat dibuka. Bangku ketiga ini dapat ditutup dan diikat ke headrest bangku baris kedua. Lalu, terlihat ada ruang yang terasa cukup untuk barang yang besar.

Jika kurang, bangku baris kedua ini dapat dilipat dan terlihat ruang yang rata. Menurut kami, pas jika hendak membawa barang besar seperti furniture bongkar-pasang atau yang lainnya.

Sekarang saatnya 'moment of truth', saya yang punya tinggi 175 cm dan bobot tubuh yang terbilang bongsor, harus menjejalkan diri ke bangku baris ketiga dari KIA Sonet 7-seater ini.

Pertama, kami majukan dulu bangku baris keduanya hingga mentok. Lalu dengan fitur 'one touch tumble', dengan mudah bangku baris keduanya terlipat dan memberi jalan untuk kami masuk ke baris ketiganya.

Kesan pertama yang kami dapatkan ketika duduk di bangku baris ketiga ini adalah satu kata, sempit. Menurut kami, benar-benar ini tidak nyaman dan lebih pas untuk penumpang dengan postur yang jauh lebih kecil.

Mungkin anak kecil atau remaja, akan lebih cocok, walau belum tahu nyaman atau tidak. Setidaknya, bagi kami yang punya postur seperti ini, menyerah duduk di bangku baris ketiga ini.

Tapi, di baris ketiga ini tersedia cup holder dan kompartemen penyimpanan yang kecil. Terus ada juga dua buah headrest dan seat belt tentunya sebagai standar keselamatan.



Simak Video "KIA Sonet 7-Seater Premiere, Apa Iya Ini Compact SUV yang Paling Worth It?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)