Mana yang Paling Canggih Fiturnya, Santa Fe vs Fortuner vs Pajero Sport

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 01 Agu 2021 20:15 WIB
Jakarta -

Hyundai Santa Fe 2021 hadir jadi penantang tangguh SUV Jepang yang sudah mendominasi pasar Indonesia yaitu Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. SUV mana yang hadir dengan fitur yang tercanggih?

Ketiga mobil ini bermain di kelas yang sama, namun dengan selisih harga yang cukup jauh. Sebelum kita melihat fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh ketiga SUV ini, simak dulu harga masing-masing mobil untuk tipe tertingginya;

Hyundai Santa Fe 2021 Diesel D2.2 Signature: Rp 729.000.000
Toyota Fortuner 4x4 2.4 VRZ A/T Diesel: Rp 675.000.000
Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate (4x4) AT: Rp 738.700.000

Terlihat dari harga jual masing-masing mobil dengan tipe tertinggi, Mitsubishi Pajero Sport adalah yang termahal dengan selisih sekitar Rp 9.7 Juta. Sedangkan Toyota Fortuner hadir menjadi yang termurah di kelasnya.

Fitur Anti Tabrak Depan
Hyundai Santa Fe 2021 hadir dengan fitur anti tabrak depan yang disebut dengan Forward Collision-Avoidance Assist (FCA). Ternyata, fitur ini juga tersedia pada Mitsubishi Pajero Sport yang disebut dengan Forward Collision Mitigation System (FCM).

Fitur anti tabrak depan dari Santa Fe 2021 dan Pajero Sport ini, tidak hanya memberikan sinyal atau peringatan, tapi juga dapat mengambil alih pengereman dan mengintervensi mobil agar mobil terhindar dari tabrakan.

Sedangkan untuk Toyota Fortuner, ternyata fitur anti tabrak depan ini hanya sebatas peringatan. Toyota menyebut fitur ini dengan nama Emergency Brake Signal (EBS). Namun positifnya, fitur ini hadir di semua tipe Toyota Fortuner, tidak hanya tipe tertingginya.

Fitur Anti Tabrak Belakang
Tidak hanya tabrak depan, SUV canggih kekinian juga menyediakan fitur yang bisa membuat mobil jadi lebih terhindar dari tabrak belakang. Khususnya ketika hendak keluar dari parkiran.

Keluar mundur dari parkiran tanpa bantuan petugas parkir kerap menyulitkan bagi pengendara, apalagi karena adanya area buta atau blind spot. Untuk mencegah terjadi tabrak belakang ketika mundur ini, ternyata Hyundai dan Mitsubishi punya fitur canggih.

Fitur ini disebut dengan Rear Cross Traffic Alert dan tersedia di Hyundai Santa Fe 2021 dan Mitsubishi Pajero Sport tipe tertinggi. Dengan adanya fitur ini, ketika mobil keluar dari parkiran secara mundur, dan mendapati ada kendaraan lain melintas, fitur ini akan memberi peringatan.

Namun ternyata untuk Hyundai Santa Fe 2021 hadir lebih canggih. Karena tidak hanya memberi peringatan, fitur Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA) di mobil ini juga dapat memberikan intervensi mobil untuk melakukan pengereman jika mobil dirasa akan menabrak.

Untuk Toyota Fortuner, sayang fitur anti tabrak belakang seperti ini terpantau belum dihadirkan oleh Toyota.

Fitur Kemudahan Berkendara
Sebagai sebuah SUV, ketiga mobil ini hadir dengan fitur-fitur kemudahan berkendara yang bikin mobil jadi siap dibawa kemana saja.

Ketiga mobil ini terpantau punya Hill Start Assist yang memudahkan mobil ketika melaju di jalan menanjak.

Namun untuk jalan menurun, Santa Fe 2021 dan Pajero Sport punya fitur Downhill Brake Control dan Hill Descent Control, sehingga mobil tidak 'ngegelosor' atau tidak terkendali. Sayang, fitur ini terpantau tidak hadir di Toyota Fortuner.

Fitur lain yang juga memudahkan ketika berkendara adalah Cruise Control. Dengan hadirnya fitur ini, pengendara dapat melepas kaki dari pedal gas, dan mobil dapat tetap berjalan sesuai dengan kecepatan yang sudah ditentukan.

Cruise Control ini sangat berguna ketika mobil melaju di jalanan bebas hambatan. Fitur Cruise Control ini terpantau tersedia di Hyundai Santa Fe 2021, Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport.

Fitur yang tidak kalah canggih, namun terbilang hanya pemanis saja, adalah atap sunroof atau panoramic sun roof.

Hyundai Santa Fe 2021 dan Mitsubishi Pajero Sport hadir dengan atap sunroof yang dapat membuat visibilitas serta sensasi menyenangkan bagi penumpangnya. Namun, fitur 'mewah' ini belum hadir di Toyota Fortuner.

Mana yang Lebih Canggih?
Ketiga mobil ini tentu hadir dengan kelebihan dan fitur unggulan masing-masing. Namun dari kalau ditilik fitur yang ditawarkan, tentu terlihat Hyundai Santa Fe 2021 dan Mitsubishi Pajero Sport punya beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh Toyota Fortuner.

Namun, ada fitur ada harga. Dari ketiga mobil SUV ini, Toyota Fortuner tipe tertinggi ditawarkan dengan harga yang paling terjangkau dan selisih Rp 50 hingga Rp 60 Jutaan dari kedua rivalnya di kelas tertinggi.

(mhg/rgr)