Ototest

Tes Harian Hyundai Santa Fe 2021: Desain Juara, Mesin Irit, dan Anti Ribet

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Sabtu, 31 Jul 2021 15:27 WIB
Jakarta -

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) tercatat sudah sejak April 2021 lalu merilis salah satu jagoan mereka untuk kelas SUV. Hyundai New Santa Fe atau Hyundai Santa Fe 2021 ini hadir sebagai versi facelift dari Sante Fe terdahulu.

Hyundai membawa dua pilihan mesin untuk Santa Fe 2021 ini ke Indonesia, yaitu mesin diesel 2.200cc CRDi dan juga mesin gasoline atau bensin 2.500cc MPi. Tim detikOto berkesempatan menjajal Hyundai Santa Fe Gasoline 2021 tipe Signature dan mencoba mencari tahu, apakah impresi berkendaranya semenarik tampilannya?

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureHyundai Santa Fe Gasoline 2021 tipe Signature Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Desain Menawan


Santa Fe 2021 ini hadir dengan bahasa desain Hyundai terbaru, yang punya ciri menawan. Bisa dibilang, mobil ini sukses menyihir para pecinta SUV di Indonesia dengan tampangnya.

Bagaimana tidak? Lihat saja desain grille besarnya yang melebar hingga lampu utama. Selain itu, yang menjadi ciri khas dari Santa Fe 2021 adalah hadirnya daytime running light (DRL) yang berbentuk huruf T atau t-shape drl.

Lampu DRL yang khasnya ini, berfungsi juga sebagai lampu sein. Sedangkan lampu utamanya, sudah menggunakan model proyektor LED yang sangat baik untuk menerangi jalan.

Sementara itu kalau kita geser ke samping, Hyundai Santa Fe 2021 ini, terasa tidak ada spesial dari segi tampilannya. Hyundai Santa Fe 2021 ini hadir dengan desain layaknya SUV besar, sekilas ada aura Hyundai Tucson namun dalam versi lebih lega dengan tiga bilah kaca yang dijaga oleh bingkai atau beltline molding beraksen chorme.

Dari samping pula, Hyundai menghadirkan side garnish yang diberi warna aluminum brush yang senada dengan beberapa bagian di garnish di bagian bawah-depan hingga roof rail-nya.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureTampak belakang Hyundai Santa Fe 2021 Signature Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Geser ke belakang, Hyundai Santa Fe 2021 ini lagi-lagi tampak tak semenarik bagian depannya. Lampu belakang ini hadir dengan model yang besar dan sedikit menjalar hingga ke bagian samping. Lalu, ada juga aksen plastik reflektor berwarna merah melintang, yang seakan-akan menyambungkan lampu belakang kiri dan kanannya.

Dimensi Lebar


Pertama kali melihat mobil ini, kami berandai-andai, apakah Hyundai Santa Fe 2021 ini lebih besar dari Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport? Ternyata jawabannya, secara dimensi hampir mirip.

Menilik data spesifikasi Hyundai Santa Fe 2021, ternyata mobil ini punya panjang yang lebih pendek ketimbang Fortuner dan Pajero. Santa Fe 2021 ini punya dimensi panjang 4.758 mm, yang artinya lebih pendek sekitar 4 cm dari Fortuner dan 6 cm dari Pajero

Untuk urusan lebar, Sante Fe 2021 ini lebarnya tidak sampai 2 meter, atau tepatnya 1.900 mm. Secara lebar, Sante Fe 2021 dan Fortuner ternyata hampir identik, cuma Santa Fe ini lebih lebar sekitar 5 mm dari Fortuner. Sedangkan dengan Pajero Sport, Sante Fe ini jauh lebih besar sekitar 8.5 cm.

Lalu untuk urusan tinggi, Hyundai Santa Fe 2021 yang punya tinggi 1.710 mm, ternyata jauh lebih pendek ketimbang Fortuner dan Pajero Sport. Selisih tingginya mencapai 12.5 cm.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureGrille depan dan DRL Hyundai Santa Fe 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Hal yang bikin Santa Fe terlihat besar secara dimensi adalah kaki-kakinya. Hyundai Santa Fe 2021 menggunakan pelek alloy yang punya desain mirip kipas. Pelek berukuran 18 inci ini ternyata punya lebar 7.5 inci dan dibalut ban ukuran 235/60.

Rasanya, perlu hati-hati ketika hendak memodifikasi pelek dari Hyundai Santa Fe 2021 ini, karena Hyundai sudah menyematkan teknologi sensor pengukur tekanan angin ban atau TPMS ke pelek ini.

Interior Mewah


Masuk ke dalam kabin Hyundai Santa Fe 2021 tipe Signature ini, kami langsung sadar bahwa positioning mobil ini adalah mobil mewah.

Bagaimana tidak, begitu masuk ke kabin mobil ini, kita langsung disambut dengan bagian-bagian yang didominasi warna coklat muda atau yang disebut Hyundai dengan Camel two tone.

Hyundai Santa Fe 2021 SignaturePanoramic sun roof hadir di Hyundai Santa Fe 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Aura kemewahan langsung terpancar dari pemilihan warna dan material kabinnya. Semuanya tampak senada dan saling mendukung kemewahan yang coba Hyundai tawarkan kepada para penumpang maupun pengemudinya.

Belum lagi hadirnya atap model panoramic sunroof, yang panjang hingga kursi baris kedua, membuat mobil ini terasa makin berkelas dan penumpang mendapat kesan yang semakin menyenangkan.

Mobil yang kami tes ini adalah Hyundai Santa Fe 2021 7-Seater yang berarti disediakan kursi baris ketiga. Untuk mengakses jok baris ketiga ini, dapat dengan mudah dengan menekan tombol di jok penumpang baris kedua, sehingga jok baris kedua akan menutup dan memberi ruang untuk melangkah ke belakang.

Namun impresi kami yang punya tinggi 175 cm, mencoba duduk di baris ketiga ini memang rasanya tidak cocok untuk penumpang dewasa. Kalaupun mau, rasanya tidak akan nyaman jika jalan jarak jauh. Karena jok baris ketiganya lumayan rendah, sehingga bagian bawah paha tidak tersangga dengan maksimal dan posisi duduk sedikit jongkok.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureAkses menuju bangku baris ketiga Hyundai Santa Fe 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Tapi untuk anak kecil atau remaja, duduk di bangku baris ketiga ini tentunya nyaman. Apalagi, karena ada ac yang lengkap dengan pengaturan blower serta pengaturan nyala-mati yang bisa langsung di akses dari belakang. Selain itu, juga ada dua buah headrest untuk kepala dan seat belt tentunya.

Sementara itu, penumpang baris kedua tentu jauh lebih nyaman dibanding penumpang baris ketiga. Selain karena ada blower AC untuk penumpang tengah, ada juga dua buah port USB yang bisa digunakan untuk mengisi daya gadget penumpangnya.

Lalu, ada juga blind curtain atau gorden di jendela tengah yang dapat digunakan jika membutuhkan privasi lebih. Impresi kami, duduk di baris kedua ini sangat nyaman dan cocok untuk ibu menyusui ataupun hendak beristirahat di mobil tanpa perlu takut 'diintip' dari luar.

Satu hal yang juga membuat penumpang baris kedua nyaman, adalah pengaturan jok penumpang depan yang dapat diakses secara elektrik dari sisi kanan jok. Sehingga, jika membutuhkan ruang lebih untuk duduk di bangku baris keduanya, penumpang atau pengemudi dapat dengan mudah memajukan kursi penumpang depan.

Area Pengemudi yang Canggih


Duduk di bangku pengemudi dari Hyundai Santa Fe 2021 ini juga tidak kalah menyenangkan. Pengaturan joknya sudah elektrik dan dapat disesuaikan naik-turun, maju-mundur hingga rebahnya dengan mudah.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureArea pengemudi Hyundai Santa Fe 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Pengaturan setir pun sudah dilengkapi oleh Hyundai ke Santa Fe 2021 ini, sehingga untuk posisi berkendaranya sudah pasti dapat disesuaikan.

Untuk Hyundai Santa Fe 2021 tipe Signature yang kami tes, layar instrumen klusternya sudah digital dengan layar TFT seluas 12.3 inci. Tentu bagi detikers yang sudah pernah lihat ulasan kami atau sudah pernah jajal Hyundai Kona Electric, pasti sadar bahwa instrumen klusternya senada bahkan mirip antara Kona Electric 2021 dengan Santa Fe 2021.

Tidak lupa juga, di bagian tengah ada konsol besar yang memisahkan duduk penumpang dan pengendara. Alih-alih terasa sempit, hadirnya konsol besar di tengah yang disebut Hyundai dengan istilah bridge type high control ini, terasa pas dan menambah kesan mewahnya Sante Fe 2021 ini.

Di bagian tengah juga, terlihat satu buah layar sentuh seluas 4.2 inci yang dapat digunakan untuk mengakses hiburan di mobil ini. Layar multimedia ini, sudah dapat terintegrasi dengan smartphone Android ataupun iPhone, karena sudah ada fitur Android Auto dan Apple Car Play-nya.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureHyundai Santa Fe 2021 sudah dilengkapi dengan fitur wireless charging Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Namun impresi kami menggunakan fitur Apple Car Play di Hyundai Santa Fe 2021 ini, ternyata kami mendapati beberapa kali aplikasi crash ataupun masalah software.

Belum diketahui ini merupakan masalah dari perangkat iPhone yang kami gunakan atau software dari Apple Car Play yang terpasang di Santa Fe 2021 ini, yang pasti sepanjang pengetesan kami jadi jarang menggunakan fitur Apple Car Play ini.

Turun ke bawah layar multimedianya, terlihat kisi AC yang tampak senada dan matching dengan aura yang coba Hyundai berikan. Lalu ada pengaturan AC yang sudah digital, namun masih ada tombol dan tuas fisiknya.

Lalu, yang menjadi ciri khas Hyundai kekinian adalah hadirnya tombol pengatur transimisi yang sudah shift by wire. Sehingga tuas transmisi yang 'menonjol' kini tidak ada lagi dan digantikan dengan tombol.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureArea konsol tengah Hyundai Santa Fe 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Lalu ada knop bulat seperti untuk pengaturan suara, ternyata bukan, knop berwarna hitam ini adalah knop untuk merubah mode berkendara. Pilihannya ada Sport, Eco, Comfort dan Smart.

Tidak lupa, sebagai tanda kemajuan zaman, Hyundai juga menyematkan fitur wireless charging di Santa Fe 2021 ini. Dengan adanya fitur ini, smartphone yang sudah mendukung pengecasan nirkabel dapat dengan mudah diisi ulang dayanya di mobil ini.

Tidak seperti Kona Electric 2021, di Santa Fe 2021 ini smartphone berukuran layar 5.5 inci seperti iPhone 8 Plus dapat masuk ke dalam tempat pengecasan nirkabelnya.

Fitur Anti Tabrak


Untuk kelas tertingginya, Santa Fe 2021 tipe Signature bermesin bensin dibanderol Rp 678 Juta, sedangkan untuk yang mesin diesel dibanderol Rp 729 Juta.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureFitur around view monitor hadir di Hyundai Santa Fe 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Santa Fe 2021 tipe Signature ini, hadir dengan fitur canggih bertajuk Hyundai Smart Sense. Dengan hadirnya fitur ini, pengemudi Santa Fe 2021 dapat terhindar dari tabrakan depan ataupun belakang.

Fitur Hyundai Smart Sense ini sebenarnya pernah detikOto ulas saat membahas Hyundai Kona Electric 2021. Fitur ini merangkum segudang fitur canggih yang intinya menjaga keselamatan mobil ini agar terhindar dari kecelakaan.

Namun, di Santa Fe 2021 ini ada satu fitur yang menurut kami paling bermanfaat, yaitu hadirnya kamera di sekeliling mobil ini yang langsung terkoneksi ke layar tengah. Fitur ini disebut Hyundai dengan Surround View Monitor (SVM).

Dengan adanya fitur ini, membawa Hyundai Santa Fe 2021 ke parkiran yang sempit atau sulit sekalipun, rasanya akan lebih mudah.

Selain itu, fitur kamera ini juga berfungsi dan akan tampil ketika kita menggunakan sein. Tampilan sekitar akan terlihat di layar instrumen klusternya.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureDetail tampak belakang Hyundai Santa Fe 2021 Signature Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Fitur cruise control juga hadir di Santa Fe 2021 ini. Walaupun belum adaptive seperti fitur yang diberikan Hyundai di Kona Electric 2021 versi global, tapi hadirnya cruise control di Santa Fe 2021 ini juga terasa menyenangkan, apalagi ketika melalui jalan tanpa hambatan yang panjang.

Kami menjajal fitur cruise control ini dipadukan dengan fitur lane following assist, yang dapat menjaga mobil agar tetap dalam satu lajur, hasilnya benar-benar menyenangkan sekali.

Hyundai Santa Fe 2021 seakan dapat melaju secara otomatis, bak fitur autonomous di mobil listrik canggih. Dengan adanya cruise control, mobil jadi tidak perlu di-gas, dan fitur lane following assist yang menjaga agar mobil tidak keluar lajur.

Namun, tentunya fitur ini tidak dapat dijadikan fitur yang membuat mobil mengemudi sendiri. Tentunya intervensi dan konsentrasi dari pengemudi tetap diwajibkan.

Menurut kami, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat fitur autonomous dapat diterapkan di mobil-mobil SUV Hyundai kelas premium. Namun, tentu infrastruktur Indonesia harus segera disesuaikan untuk fitur canggih ini.

Hyundai Santa Fe 2021 GasolineMesin 2.200cc Hyundai Santa Fe 2021 Gasoline Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Mesin yang Irit, Namun...
Hyundai Santa Fe 2021 ini, dalam versi global sebenarnya hadir dalam tiga pilihan mesin. Ada pilihan mesin bensin dengan kode Theta III 2.500cc MPI, lalu ada mesin diesel 2.200cc CRDi dan juga untuk beberapa negara mendapat pilihan mesin bensin V6 3.300cc dengan kode Lambda III.

Selain itu, dalam versi global juga Hyundai Sante Fe 2021 ini hadir dengan sistem penggerak empat roda atau 4WD. Sedangkan untuk pasar Indonesia, baru tersedia mesin dengan penggerak roda depan atau FWD.

DetikOto berkesempatan menjajal Hyundai Santa Fe Gasoline 2021 atau yang bermesin bensin. Mesin ini, secara spesifikasi punya kapasitas 2.497 cc yang berkonfigurasi empat silinder segaris dan menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan.

Di atas kertas juga, mesin Santa Fe 2021 ini dapat menggelontorkan tenaga sebesar 177.5 HP yang didapat di putaran mesin 6.000 RPM. Sedangkan untuk torsinya, ada di angka 232 Nm di putaran mesin 4.000 RPM.

Tentunya, figur tenaga segitu belum dapat menjadi yang terbaik di kelasnya. Apalagi jika disandingkan dengan Santa Fe 2021 versi mesin diesel. Perlu diketahui, Santa Fe diesel yang menggunakan mesin 2.200 cc, dapat mengeluarkan tenaga hingga 199 HP dan torsi hingga 440 Nm, tentunya tenaga dan torsi yang besar itu didapatkan dari putaran mesin yang sangat rendah.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureHyundai Santa Fe 2021 Foto: 20Detik

Impresi kami terhadap mesin bensin Santa Fe ini, ternyata teknologi MPI atau Multi-Point Injection berperan besar. Mesin terasa halus, tidak ada getaran dan suaranya pun terasa sangat lembut.

Selain itu, mesin ini juga menjadi sangat efisien untuk kelasan mobil bermesin 2.500 cc non turbo. Hasil pengetesan kami, Hyundai Santa Fe 2021 Gasoline ini bisa mencatatkan angka konsumsi bahan bakar rata-rata di 10 km per Liter.

Hasil itu kami dapat untuk penggunaan harian, di rute dalam kota dan dengan gaya berkendara yang agresif. Dalam pengetesan lainnya, Hyundai Santa Fe bisa dapat hasil lebih irit.

Kami menjajal Hyundai Santa Fe 2021 Gasoline ini dalam perjalanan tol sejauh 36 km dengan durasi berkendara 46 menit. Hasilnya, konsumsi bensin rata-rata Hyundai Santa Fe 2021 Gasoline untuk rute tol tembus angka 12.6 km/Liter.

Rasanya, di kelas mesin 2.500 cc Naturally Aspirated atau non-turbo, sangat langka menemukan mobil dengan efisiensi bahan bakar seirit Hyundai Santa Fe 2021 Gasoline ini. Makanya, menurut kami efisiensi bahan bakar ini adalah salah satu keunggulan dari mobil asal Korea Selatan ini.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureKabin depan Hyundai Santa Fe 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Impresi lainnya, ketika dipakai berkendara harian memang mobil ini terasa tidak terlalu spesial dengan mesin 2.500 cc bensinnya. Tenaga mesin disalurkan dengan lembut dan linear dari injakan pedal gas pertama.

Mesin seperti ini memang cocok untuk berkendara santai, jarak jauh dan tidak banyak melalui medan yang sulit sehingga membutuhkan tenaga besar.

Di sisi lain, kalau detikers mencari sebuah SUV tangguh dengan mesin bertenaga dari tarikan awal dan berencana menggunakan mobil tersebut untuk melewati medan yang sulit, rasanya Hyundai Santa Fe bermesin diesel lebih cocok buat jadi pilihan.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureAkomodasi Hyundai Santa Fe 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Santa Fe Bensin vs Diesel
Memilih Hyundai Santa Fe 2021 mesin bensin atau diesel sebenarnya perkara yang sedikit rumit, namun jawabannya akan kembali pada preferensi masing-masing calon pembelinya.

Hyundai Santa Fe 2021 bermesin diesel tentunya hadir dengan mesin super yang punya torsi besar. Khas mesin diesel kebanyakan.

Sedangkan Hyundai Santa Fe 2021 bensin, ditawarkan dengan mesin yang tidak kalah bertenaga, namun lebih 'kalem'. Mesin bensinnya ini lebih cocok untuk berkendara di medan yang lebih bersahabat.

Ada satu hal yang perlu jadi perhatian dari mesin Hyundai Santa Fe 2021 diesel, yaitu di teknologi canggihnya. Mesin dieselnya ini adalah mesin common rail injeksi yang datang dengan teknologi canggih.

Saking canggihnya diesel common rail ini, mesin diesel jadi minim emisi, minim getaran dan bersuara tidak sekasar mesin diesel konvensional.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureHyundai Santa Fe 2021 Signature Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Namun, mesin diesel common rail ini membutuhkan asupan yang juga berkualitas, untuk menjaga seluruh komponen dari mesinnya yang rumit agar tetap bersih dan optimal.

Hal ini yang kerap jadi momok menakutkan bagi para pemilik diesel common rail, salah satunya Hyundai Santa Fe 2021 diesel.

Hyundai sendiri menyarankan agar mobil-mobilnya yang bermesin diesel, diberi bahan bakar yang kualitasnya tinggi. Namun kendalanya adalah, SUV tangguh ini tidak selalu berada di kota besar yang punya stok diesel terbaik, pun untuk Santa Fe 2021 diesel.

Jika mobil diesel common-rail terlalu sering meminum diesel berkualitas buruk, dikhawatirkan partikel kotoran dari diesel tersebut akan cepat merusak komponen dari mesin dieselnya. Momok paling menakutkan dari para pemilik diesel common-rail ini adalah 'menggentong'.

Di sisi lain, Hyundai Santa Fe bermesin bensin jauh lebih mudah secara perawatan. Kompersi mesinnya diklaim hanya 10.5:1, berarti dalam keadaan terdesak Hyundai Santa Fe 2021 Gasoline masih mampu meminum bensin RON 90.

Kesimpulannya, Hyundai Santa Fe 2021 Diesel yang ditawarkan dengan mesin yang lebih bertenaga, memang lebih menggiurkan. Namun, merawat mesinnya harus ekstra telaten dan berhati-hati dalam memilih bahan bakar.

Sedangkan, Hyundai Santa Fe 2021 gasoline lebih cocok untuk para calon pembeli yang tidak mau ribet dan ketika dibawa ke luar kota yang sulit menemukan bahan bakar bagus, mesinnya masih mampu meminum bensin dengan RON rendah sekalipun.

Harga dan Ketersediaan

Untuk versi global, Santa Fe 2021 ini hadir dalam tiga pilihan mesin dan dua pilihan transmisi. Namun, untuk pasar Indonesia, Hyundai Motors Indonesia hanya membawa Santa Fe 2021 dalam dua pilihan mesin dan hanya otomatis 6 percepata penggerak roda depan.

Hyundai Santa Fe 2021 ini juga tersedia dalam tiga trim, untuk yang terendah ada tipe Style, Prime lalu yang tertinggi ada Signature.

Berikut harga Hyundai Santa Fe 2021;

Gasoline G 2.5 Style AT Rp 569.000.000
Gasoline G 2.5 Prime AT Rp 599.000.000
Gasoline G 2.5 Signature AT Rp 678.000.000

Diesel D 2.2 Style AT Rp 629.000.000
Diesel D 2.2 Prime AT Rp 659.000.000
Diesel D 2.2 Signature AT Rp 729.000.000

Spesifikasi Hyundai Santa Fe 2021:

Mesin Theta III 2.5 MPI (DIESEL 2.200 CRDi)
Konfigurasi Mesin 2.497 cc 4 Silinder in-Line | Front Wheel Drive
Bore x Stroke 88.5 x 101.5 mm
Rasio Kompresi 10.5:1
Katup 16-valve
Tenaga 177.5 HP / 6.000 RPM
Torsi 232 Nm / 4.000 RPM
Kapasitas Tangki BBM 67 Liter
Standar Emisi EURO4

Ukuran Pelek 7.5 x 18 Inci
Ukuran Ban 235/60 R18
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Multilink independent

Dimensi (PxLxT) 4.758 x 1.900 x 1.710 mm
Jarak Sumbu Roda 2.765 mm
Ground Clearance 176 mm

(mhg/din)