Ototest

Bergaya Bak Anak Sultan dengan MINI Cabrio

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 05 Nov 2020 07:13 WIB
MINI Cabrio
MINI Cabrio. Foto: 20detik
Jakarta -

MINI, mobil mungil nan legendaris ini mungkin menjadi kendaraan impian banyak orang. Bentuknya yang lucu dengan desain khas mobil British serta punya banyak fitur canggih membuat MINI menjadi mobil impian.

MINI juga tersedia versi atap terbuka dalam bentuk MINI Cabrio. Dengan atap kanvas yang bisa dibuka pada MINI Cabrio, Anda bisa menikmati udara luar yang segar. Saat membuka atap MINI Cabrio, pasti Anda akan menjadi pusat perhatian banyak orang.

Atap buka-tutup pada MINI Cabrio cocok untuk Anda yang suka menikmati cuaca cerah dan udara segar. Atap kanvasnya bisa dibuka dalam 20 detik, bahkan saat mobil melaju dengan kecepatan hingga 30 km/jam.

Kami mendapat kesempatan menguji MINI Cabrio belum lama ini. Cuaca yang tidak terlalu terik dengan udara segarnya sempat kami nikmati dengan MINI Cabrio beratap terbuka. Berikut ulasannya.

Desain Khas MINI yang Melegenda

Yang kami coba ini adalah MINI Cooper Cabrio versi terbawahnya, bukan versi Cooper S atau John Cooper Works. Jadi dari segi desain memang tidak sekeren kedua tipe di atasnya, tapi paling tidak MINI Cooper Cabrio ini sudah cukup memuaskan mata kami untuk terus menikmatinya dari luar.

MINI CabrioMINI Cabrio Foto: Rangga Rahadiansyah

Dari segi eksterior, ciri khas MINI tak ketinggalan pada MINI Cabrio ini. Dari depan, akan terlihat grillle khas MINi dengan lampu bulat yang mengapitnya. Di tengahnya terdapat logo MINI.

Lampu utamanya sudah mengusung teknologi LED. Lampu sein dan LED daytime running light (DRL) terintegerasi dengan elegan pada lingkaran lampu utama. Saat DRL menyala dan lampu sein diaktifkan, kedipan lampu sein akan bergantian dengan DRL, sangat elegan.

Dilihat dari bagian samping, MINI Cabrio ini terlihat mungil. Dengan atap terbuka MINI Cabrio tetap tampak sporty. MINI Cabrio ini hanya punya dua pintu di kanan dan kiri serta satu pintu bagasi. Namun, di dalamnya bisa memuat empat orang.

Di bagian belakang, Anda akan dimanjakan oleh lampu belakang dengan simbol bendera Union Jack.

Interior

Masuk ke kabin MINI Cabrio, suasana sporty hadir dengan balutan material lembut berwarna gelap. Balutan material lembut melapisi setir, dasbor, hingga joknya. Membuatnya semakin nyaman duduk di dalam MINI Cabrio. Jahitan kontras pada lapisan kulit tersebut menambah kesan sporty pada interior MINI Cabrio ini, padahal ini baru varian standar.

Seperti biasa, di palang setirnya terdapat tombol pengaturan audio. Untuk cruise control ada tuas pengaturannya di balik setir.

Melihat di balik setir terdapat speedometer ala mobil gokart yang menjadi ciri khas MINI. Meski bentuknya kecil, speedometer yang mengombinasikan jarum analog dan MID digital memuat banyak informasi yang dibutuhkan pengendara.

MINI CabrioMINI Cabrio Foto: Rangga Rahadiansyah

Ke tengah sedikit, terdapat head unit yang dikelilingi bazzel melingkar. Head unit itu bisa terhubung dengan ponsel melalui Bluetooth. Ke bawah sedikit ada knob pengaturan AC. Di bawahnya lagi ada tombol-tombol pengaturan mode sampai tuas untuk menyalakan/mematikan mesin.

Ohiya, untuk membuka/tutup atap terdapat tombol di dekat spion tengah. Anda bisa membuka atau menutup atap dengan sekali menekan tombol tersebut. Tunggu sekitar 18 detik dan keseluruhan atap serta kaca sampingnya akan terbuka.

[Gambas:Video 20detik]



Spesifikasi MINI Cabrio

Seperti yang disebutkan di atas, MINI Cabrio yang kami coba ini adalah versi Cooper. Jadi, MINI Cooper Cabrio ini menggendong mesin yang kecil, 3 silinder 1.500 cc. Namun jangan salah, tenaganya tetap bisa diandalkan, kok.

MINI CabrioMINI Cabrio Foto: 20detik

Mesin 3 silinder segaris 1.500 cc ini mampu menyemburkan tenaga hingga 136 daya kuda dengan torsi maksimal 220 Nm pada rentang putaran 1.480-4.200 rpm.

Di atas kertas, kecepatan maksimal yang bisa dicapai MINI Cabrio ini adalah 205 km/jam. Akselerasi dari 0-100 km/jam bisa dituntaskan dalam 8,7 detik.

Mobil dengan kapasitas tangki bahan bakar 40 liter ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar 5,5 liter per 100 km.

Bagaimana rasanya nyetir MINI Cabrio?

Saat pertama kali menyetir MINI Cabrio, Anda akan merasa seperti membawa gokart. Memang MINI merancang mobil ini dengan feeling khas gokart yang lincah.

Ya, saat dikendarai, MINI Cabrio ini sangat lincah. Suspensinya mendukung untuk bermanuver bahkan dalam kecepatan tinggi. MINI Cabrio ini seakan 'menempel' diaspal saat diajak manuver.

Secara performa, mesin 1.500 cc tiga silinder tetap mumpuni untuk membawa mobil melaju cepat. Kami merasa akselerasi menuju kecepatan tinggi tak butuh waktu lama. Apalagi jika Anda menggunakan mode Sport yang tentunya performa maksimal dari mobil ini disediakan.

MINI CabrioMINI Cabrio Foto: 20detik

Dengan akselerasi yang tak lemot untuk ukuran mesin 1.500 cc tiga silinder, dimensinya yang compact cenderung mungil, serta karakter suspensinya yang mendukung membuat kami selalu ingin gaspol dengan MINI Cabrio ini. Bermanuver menyalip kendaraan lain di jalan tol pun sangat lincah.

Tapi, satu catatan dari kami, MINI Cabrio ini memiliki karakter suspensi yang agak keras. Wajar saja, suspensi yang agak keras itu diadopsi untuk menyediakan kestabilan saat diajak menikung. Jadi feeling seperti mengendarai gokart tetap ada pada MINI Cabrio.

Di Indonesia, MINI Cabrio dijual dengan harga Rp 865 juta. Tertarik meminang MINI Cabrio ini?



Simak Video "Korsleting, MINI Cooper di Menteng Hangus Terbakar!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)