Selasa, 04 Feb 2020 08:16 WIB

Ototest

Uji Ketangguhan VW Tiguan Allspace, Penantang CR-V dari Jerman

Luthfi Anshori - detikOto
Test Drive VW Tiguan Allspace ke Bandung Foto: Dok. Volkswagen

Ketika kami mencoba mode sport, akselerasi pun langsung meningkat, dan putaran rpm 'tidak malu-malu' lagi. Seiring performa mesin yang meningkat, bobot setir pun menjadi berat, sehingga memberi rasa aman saat kecepatan tinggi.

Oh iya, karena Tiguan Allspace menggunakan mesin turbo, gejala turbo lag tetap ada. Saat pedal gas di-kick down, terasa ada jeda sebentar sampai tenaga benar-benar keluar seluruhnya.

Bagaimana dengan gejala body roll-nya? Tiguan Allspace menggunakan platform sasis MQB (modular transverse matrix). Ketika digunakan bermanuver di kecepatan tinggi, gejala limbung sangat minim, bahkan hampir tidak terasa. Tak hanya itu bantingan suspensi pun cukup firm (kaku), efeknya kendaraan jadi lebih stabil.

Menguji Ketangguhan Mobil Jerman Rakitan CikampekFoto: Dok. Volkswagen

Setelah asyik menggeber Tiguan Allspace di jalan bebas hambatan, pengetesan dilanjutkan di jalan umum. Secara dimensi, Tiguan Allspace punya panjang 4.486 mm, lebar 1.839 mm, dan tinggi 1.632 dengan jarak sumbu roda 2.681 mm. Meski dimensi lebih besar dari pendahulunya, bobot Tiguan Allspace terpangkas 50 kg dibandingkan model sebelumnya.

Dengan dimensi sebesar itu, mobil ini masih cukup oke dikendarai di tengah kepadatan lalu lintas. Soal visibilitas pun tidak terganggu, kendati Tiguan Allspace cukup panjang dan lebar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com