Jumat, 08 Feb 2019 14:12 WIB

Ototest

Merasakan Langsung Teknologi EQ Boost di Mercedes-Benz E 350

Luthfi Anshori - detikOto
Mercy E 350 EQ Boost (Foto Luthfi Anshori) Mercy E 350 EQ Boost (Foto Luthfi Anshori)
Jakarta - Mercedes-Benz E 350 EQ Boost merupakan salah satu line up terbaru milik Mercedes-Benz Distributor Indonesia. Setelah diluncurkan pertama kalinya pada akhir Januari 2019 lalu, kini konsumen bisa mencobanya langsung di Mercedes-Benz Weekend Test Drive 2019, yang diadakan dari 7 hingga 10 Februari, di Star Mansion, Hutan Kota, Jakarta.

detikOto pun jadi salah satu media yang bisa merasakan pertama kalinya Mercedes-Benz E 350 EQ Boost di hari pertama Mercedes-Benz Weekend Test Drive 2019. Unit mobil tes E 350 EQ Boost yang disediakan adalah varian warna hitam, yang jadi salah satu ciri khas warna Mercedes-Benz.



Sebagai permulaan, mari kita bahas dari sisi eksterior dulu. Dari bagian luar, mobil ini sudah memiliki lampu multibeam LED untuk pencahayaan. Meski terkesan seperti tunggangan eksekutif muda, E 350 EQ Boost tetap terasa sporty berkat penggunaan bodykit dan pelek 19 inci AMG series.

Selain warna hitam, Mercedes-Benz E 350 EQ Boost juga punya alternatif warna merah yang gonjreng dan berkesan sangat anak muda. Mobil ini juga punya fitur penting seperti panoramic sunroof di bagian atap yang membuatnya tetap elegan.

Mercedes-Benz E 350 EQ BoostMercedes-Benz E 350 EQ Boost Foto: Lamhot Aritonang


Geser ke bagian interior, Mercedes-Benz E 350 EQ Boost telah menggunakan material kulit, Nappa Leather, yang sebelumnya hanya digunakan pada S-Class. Mobil ini juga dilengkapi fitur-fitur standar seperti Widescreen Cockpit dan Keyles Go start. Dan tentu saja segala pengaturan seperti ketinggian jok, setir, transmisi, dan lain-lain sudah diatur melalui mekanisme elektronik.


Interior Mercedes-Benz E 350 EQ Boost Interior Mercedes-Benz E 350 EQ Boost Foto: Luthfi Anshori


Beralih ke dapur pacu, Mercedes-Benz E 350 EQ Boost dibekali spek mesin sama dengan Mercedes-Benz CLS 350 AMG Line yang diperkenalkan pada akhir tahun 2018 lalu. Artinya, mobil ini memiliki mesin 1.991 cc, dengan output power 294 dk dan torsi maksimum 400 Nm.

Salah satu kebaruan yang ditawarkan E 350 EQ Boost tak lain dan tak bukan adalah EQ Boost itu sendiri. Seperti dijelaskan oleh Department Manager Product and Pricing Radite Erlangga Mercedes-Benz Distributor Indonesia, fitur tersebut berguna untuk efisiensi bahan bakar.

"Jadi combustion engine dibantu sama tambahan baterai 48 volt untuk membantu akselerasi mesin, supaya lebih halus dan akselerasi lebih enak. Bahan bakar pun jadi efisien karena kerja mesin nggak terlalu berat. Dibantu sama baterai," kata Radite di Jakarta.

Saat detikOto mencoba E 350 EQ Boost di sekitar Kawasan Senayan, memang sangat terasa jika tarikan awal mobil ini sangat halus. Menengok ke panel instrumen yang tersedia, terlihat jika EQ Boost sudah aktif sejak rpm bawah, melalui indikator warna biru yang tampil di sisi rpm.
Mercedes-Benz E 350 EQ Boost Mercedes-Benz E 350 EQ Boost Foto: Luthfi Anshori


Menurut salah satu instruktur, EQ Boost ini akan optimal bekerja dari rpm bawah hingga maksimal di putaran mesin 3.000 rpm. "Baterainya akan otomatis ngecas sendiri ketika dilakukan braking ataupun ketika bliding (jalan tapi nggak injak gas)," lanjut Radite.

Bicara handling, Mercedes-Benz E 350 EQ Boost menawarkan pengendalian yang mumpuni. Diajak bermanuver di belokan, mobil ini tetap anteng dengan bodi roll yang minim. Sesuai data spesifikasi, mobil ini dilengkapi suspensi depan Four-Link Independent dan suspensi belakang Multi-Link Independent, dan damper Agility Control dengan Selective Damping System.

Sayangnya, lokasi untuk test drive sangat terbatas, dan setiap tester hanya diberi kesempatan satu kali putaran, sehingga kami tidak bisa mengeksploitasi lebih jauh fitur-fitur yang ada di Mercedes-Benz E 350 EQ Boost.

Seperti diketahui, Mercedes-Benz E 350 EQ Boost memiliki sejumlah fitur tambahan untuk safety. Contohnya seperti Blind Spot Assist dan Active Lane Keeping Assist. Blind Spot Assist gunanya untuk memberi sinyal ke pengemudi ketika ada objek blind spot saat lampu sein mengarah ke objek blind spot.
Mercedes-Benz E 350 EQ BoostMercedes-Benz E 350 EQ Boost Foto: Lamhot Aritonang

Sementara Active Lane Keeping Assist merupakan fitur yang akan memberi peringatan ketika mobil akan keluar jalur. Dan mobil otomatis akan kembali ke jalur. Di luar dua fitur safety tersebut, mobil ini juga sudah memiliki sistem parkir otomatis Active Parking Assist dengan Parktronic.

Mercedes-Benz E 350 EQ Boost Mercedes-Benz E 350 EQ Boost Foto: Luthfi Anshori


Sebagai catatan, Mercedes-Benz E 350 EQ Boost merupakan salah satu model yang diproduksi di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Mercedes-Benz E350 EQ Boost dibanderol dengan harga off the road Rp 1.499.000.

Merasakan Langsung Teknologi EQ Boost di Mercedes-Benz E 350Foto: Luthfi Anshori


Mercedes-Benz Selenggarakan Weekend Test Drive 2019
Otolovers pun bisa menjajal mobil ini dalam Weekend Test Drive yang diadakan dari 7 hingga 10 Februari 2019. Mercedes-Benz menampilkan 10 mobil dan menawarkan 15 kendaraan untuk sesi Test Drive di Cofftea House, Hutan Kota Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Roelof Lamberts mengatakan program ini bertujuan untuk menyambut para pengunjung yang akan merasakan driving experience merek Mercedes-Benz.

"Kami ingin memulai tahun 2019 seperti kami mengakhiri tahun 2018. Kami punya semangat untuk menawarkan Best Customer Experience. Di bulan Januari, kami telah memperkenalkan model-model terbaru seperti GLA 200 Urban dan E 350 EQ Boost. Di Weekend Test Drive, para pelanggan dan calon pelanggan dapat merasakan langsung performa model Mercedes-Benz terbaru termasuk model dengan teknologi EQ Boost," ujar Roelof.

Setidaknya ada sekitar 25 mobil Mercedes-Benz yang disediakan di salah satu parkir Senayan. Sebuah jalur khusus disiapkan di area Gelora Bung Karno untuk sesi test drive, dengan membangun lintasan yang dirancang khusus untuk dilalui mobil-mobil Mercedes-Benz.

Rangkaian produk mobil yang terdiri dari Compact Car, Sedan, Dream Car, SUV, dan Vans tersedia untuk memberikan kesempatan bagi pengunjung yang ingin merasakan langsung produk terbaru dan pengalaman berkendara dari 15 mobil Mercedes-Benz.

Selain itu, di dalam area Cofftea House, ada sekitar 10 mobil yang dipamerkan dan sebuah stand khusus juga tersedia untuk memberi informasi menyeluruh dari teknologi EQ Boost dan inovasi terkini dari Mercedes-Benz User Experience atau MBUX pada the new A-Class.

"Kami ingin mengundang semua yang tertarik dengan jajaran produk terbaru Mercedes-Benz untuk datang ke acara ini. Dari A-Class dengan inovasi Mercedes-Benz User Experience atau MBUX, GLA 200 Urban compact SUV atau sedan mewah E 350 dengan teknologi EQ Boost. Weekend Test Drive akan membawa pengalaman berkendara dan keselamatan mengemudi di lokasi yang begitu menarik," pungkas Roelof.

Mercedes-Benz Weekend Test Drive diselenggarakan mulai Kamis, 7 Februari - sampai Minggu, 10 Februari 2019. Layanan test drive ini dibuka dari 9:00 - 21:00 WIB.

Adapun line up mobil Mercedes-Benz yang ditawarkan, yakni, A 200 Progressive Line, CLS 350 EQ Boost AMG Line, CLA 200 AMG Line, GLA 200 AMG Line, C 200 EQ Boost Avantgarde Line, GLC 200 AMG Line, C 300 AMG Line GLE 400 AMG Line, E 250 Avantgarde Line AMG GLE 43 Coupe, E 350 EQ Boost AMG Line, dan V 260 LWB. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya