Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 09 Agustus 2017, 16:17 WIB

Ngebut Bareng Ferrari 488 Spider di Sirkuit Jalanan BSD

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Ngebut Bareng Ferrari 488 Spider di Sirkuit Jalanan BSD Ferrari 488 Spider (Foto: Hasan Alhabshy)
Tangerang -

Sirkuit jalanan di BSD City, Tangerang, yang sebagian jalanannya masih berlumuran tanah merah menjadi saksi detikOto menjajal mobil mutakhir Ferrari 488 Spider.

Cuaca yang sedikit mendung jadi modal detikOto untuk menjajal Ferrari 488 Spider di track yang akan digunakan untuk balapan.

Ferrari 488 Spider merupakan versi atap terbuka dari Ferrari 488 GTB yang sudah dikenalkan terlebih dulu. Dari sisi desainnya, mobil memiliki aspek aerodinamika yang sama dengan 488 GTB. Bedanya atap mobil ini bisa dibuka ditutup dalam hitungan detik saja.

Sebelumnya mari kita 'unboxing' dulu mobil 488 Spider. Usai diturunkan dari truk towing, saatnya kita mengeksplorasi mobil. Karena ini adalah mobil sport bermesin tengah-belakang, jangan salah mencari bagasi mobilnya.

Bagasi mobilBagasi mobil Foto: Hasan Alhabshy


Bagasi mobil terletak di bagian depan yang berisi tool kit eksklusif dan ban cadangan. Bagian belakang ada mesin V8 besar yang menghabiskan bagian tengah dan belakang mobil.

Di bagian depan Anda akan menemui lampu LED berdesain unik, dengan moncong di bawah yang memiliki ukuran super lebar.

Desain lampu  Ferrari 488 SpiderDesain lampu Ferrari 488 Spider Foto: Hasan Alhabshy


Masuk ke bagian mobil, Anda harus merundukkan badan karena mobil sport ini sangat terasa menempel di jalanan. Duduk di jok racingnya, Anda akan langsung dihadapkan dengan berbagai tombol yang begitu terkonsentrasi pada pengemudi.


Ngebut Bareng Ferrari 488 Spider di Sirkuit Jalanan BSDFoto: Hasan Alhabshy

Untuk menyalakan mobil sangat mudah tidak seperti Ferrari model lama, tinggal injak pedal rem, dan tekan saja tombol Engine Start Stop berwarna merah di setir, dan brumm, suara gahar khas V8 Ferrari langsung menggema.

Yang menarik meski suaranya cukup kencang di luar, namun di dalam, suara mesin itu tidak terlalu terdengar kencang. Kalau ingin mendengar suaranya lebih kencang lagi, Anda bisa melipat atap mobilnya.

Atap RHT (Retractable Hard Top) yang dimiliki Ferrari 488 Spider bisa melipat ke belakang dengan dua bagian tumpang tindih yang kemudian dilipat di atas mesin dengan rapih. Mekanismenya sangat halus dan hanya dibutuhkan 14 detik untuk melipat atau menaikkan bagian atas atap. Untuk melakukannya Anda harus meneken tombol atap di konsol tengah mobil.

Ngebut Bareng Ferrari 488 Spider di Sirkuit Jalanan BSDFoto: Hasan Alhabshy


Suara mesin dibuat sedikit berbeda berkat adanya exhaust headers dengan pipa-pipa yang lebih panjang dan berukuran sama serta crankshaft yang datar.

Suaranya dibuat agar menggoda namun tidak mengganggu saat atap dibuka, volume dan kejernihan suaranya akan meningkat ketika mesin secara instans merespon pedal gas.

Mesin Ferrari 488 SpiderMesin Ferrari 488 Spider Foto: Hasan Alhabshy


Setirnya memang terasa berat dibanding mobil pada umumnya, karena Ferrari belum menggunakan EPS di setir. Ferrari baru memasang EPS di mobil terbaru seperti 812 Superfast yang akan segera datang ke Indonesia.

Tapi tak mengapa, meski setirnya berat, tapi justru akan membantu Anda saat membawa mobil berlari kencang, dan itu dirasakan betul oleh detikOto.

Tinggal putar sedikit saja setirnya, mobil akan langsung menuruti perintah Anda. Meski ini adalah sebuah Ferrari, saya tidak merasakan keliaran yang berlebihan dari sebuah kuda jingkrak. Berkat berbagai perangkat elektroniknya, gejala understeer atau oversteer bisa dikurangi.

Ferrari 488 SpiderFerrari 488 Spider Foto: Hasan Alhabshy


Memang kalau ingin bandel, kita bisa mematikan aneka tombol elektroniknya, tapi ini lagi di jalan umum, nggak berani ah.

Saat kita berbelok patah, mobil bisa keluar dari tikungan dengan lebih cepat lagi. Mobil lebih terasa asyik lagi karena untuk memindahkan transmisi tinggal menekan paddle shift di setir.

Ferrari 488 SpiderFerrari 488 Spider Foto: Hasan Alhabshy


Tak ada tuas transmisi atau pedal kopling yang menyusahkan kita atau bikin pegal. Kalau saat berhenti dan ingin memindahkan transmisi ke posisi netral, tinggal tarik kedua bilah paddle shift secara bersamaan, tak perlu khawatir gigi akan naik turun, karena otomatis langsung pindah ke posisi N.

Transmisi 7 speed Ferrari 488 Spider pun bisa diajak manual atau otomatis. Mobil dalam waktu singkat akan melaju cepat ke transmisi ke-7 saat mulai dikendarai.

Lampu belakang Ferrari 488 SpiderLampu belakang Ferrari 488 Spider Foto: Hasan Alhabshy


Oh ya untuk berkendara, Ferrari memberikan mode Race (balap), Sport dan Wet (untuk digunakan saat kondisi trek basah/hujan). Mode balap ini bisa diatur dengan memutar tombol di setir bagian kanan. Secara keseluruhan, mengendarai mobil ini terasa sangat menyenangkan berkat atap terbukanya, meski detikOto belum bisa mengeluarkan performa mobil secara maksimal.

Data teknis Ferrari 488 Spider:
  • Mesin V8, 3.902 cc
  • Bore and stroke 86.5 x 83 mm (3.4 x 3.3 in)
  • Power maksimum 492 kW pada 8.000 rpm
  • Torsi maksimum 760 Nm pada 3.000 rpm pada gigi 7
  • Panjang 4.568 mm
  • Lebar 1.952 mm
  • Tinggi 1.211 mm
  • Wheelbase 2.650 mm
  • Track depan 1.679 mm
  • Track belakang 1.647 mm
  • Berat Kerb 1.525 kg
  • Berat kering 1.420 kg
  • Kapasitas bagasi 230 liter
  • Kapasitas tangki bahan bakar 78 liter
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +