Sabtu, 27 Agu 2016 13:19 WIB

Laporan dari Malaysia

Ototest: Beraksi ala Pebalap Formula di Sirkuit Sepang

Firdaus Anwar - detikOto
Sepang - Biasanya hanya pebalap profesional saja yang bisa mengendarai mobil formula, namun melalui gelaran acara Michelin Pilot Sport Experience (MPSE) orang awam pun dapat mencoba bagaimana rasanya berada di belakang kemudi kendaraan yang berbentuk layaknya pesawat ini.

Mendapat undangan dari Michelin, detikOto bersama sekitar 25 peserta MPSE 2016 lainnya berkesempatan menjajal mobil Formula 4 di sirkuit Sepang, Malaysia.

Tentu sebelum bisa lompat ke kokpit ada beragam hal yang harus dijalani mulai dari tes kesehatan, penjelasan kendaraan dan perlengkapannya, hingga simulasi bagaimana mengendarai mobil dengan aman.

Rabu (24/8/2016) pukul 14:00 waktu setempat dengan kondisi panas matahari terik dan udara yang lembab mobil Formula 4 disiapkan menggunakan ban slick dengan kompon hard. Setelah persiapan di lintasan bagian North Track Sepang rampung, peserta yang telah mendapat pelatihan satu persatu memasuki mobil.

Total ada tiga Formula 4 bertenaga 185 bhp yang digunakan oleh peserta dan dua mobil touring hatchback berwarna hijau dan oranye terang yang digunakan oleh instruktur. Para instuktur tersebut adalah pebalap profesional yang bertugas sebagai pacing car memandu peserta mengambil racing line.

Hal pertama yang langsung disadari ketika sudah di dalam komplit adalah letak posisi duduk Formula 4 ternyata cukup jauh dengan pedal.

Tim mekanik perlu memberikan bantalan tambahan agar kaki detikOto yang berpostur tinggi tubuh 180 cm bisa menginjak pedal dengan mantap.

Lampu hijau diberikan, detikOto berusaha keluar dari pit lane setelah launching yang agak 'kasar' karena kaget tidak terbiasa dengan sensitifnya sistem gear mobil.

Masuk belokan pertama sirkuit Sepang lagi-lagi detikOto kaget merasakan responsifnya mobil menanggapi setir. Keluar dari belokan pertama dengan kecepatan relatif lambat belokan dua ke arah kanan segera menyambut.

Masuk ke belokan lima dan enam para instruktur menyebutnya sebagai high speed corner di mana kita bisa memacu mobil sekencang-kencangnya.

detikOto di kesempatan ini merasakan sendiri bagaimana ganasnya Formula 4 mencengkeram jalan menghasilkan G force besar membuat badan terasa tertarik kuat dan cukup sakit rasanya untuk yang tak terbiasa.

Total detikOto melahap empat lap di sirkuit sepang dengan kecepatan tertinggi yang bisa diraih sekitar 160 km/jam. Badan terasa pegal-pegal namun cukup menyenangkan.


(fds/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com