Bos Yamaha Janji Siapkan Motor Kencang untuk Quartararo

ADVERTISEMENT

Bos Yamaha Janji Siapkan Motor Kencang untuk Quartararo

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Minggu, 27 Nov 2022 06:35 WIB
Fabio Quartararo saat sesi tes MotoGP di Valencia, Spanyol.
Link Jarvis janji siapkan motor kompetitif untuk Quartararo di MotoGP 2023. Foto: Instagram GP Racing.
Jakarta -

Fabio Quartararo acap mengkritik performa motor Yamaha YZR-M1 di MotoGP 2022. Menurut Quartararo, tunggangan dengan mesin inline-4 tersebut kurang bertenaga dan tak mampu bersaing dengan Ducati.

Bos Yamaha di MotoGP, Lin Jarvis mengaku menerima masukan yang telah disampaikan Quartararo sejak lama. Bahkan, Jarvis berjanji akan menyiapkan motor kencang untuk kompetisi musim depan.

Saat menandatangani perpanjangan kontrak bersama Yamaha hingga 2024, Quartararo menyampaikan satu permintaan khusus untuk tim Iwata tersebut. Dia ingin motornya dirombak menjadi tunggangan yang lebih kencang dan kompetitif. Mendengar permintaan itu, Jarvis langsung menyanggupinya.

Yamaha French rider Fabio Quartararo competes during the Valencia MotoGP Grand Prix race at the Ricardo Tormo racetrack in Cheste, near Valencia, on November 6, 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)Fabio Quartararo. Foto: AFP/JAVIER SORIANO

Kala itu, Jarvis berjanji akan menyiapkan motor terbaik untuk Quartararo. Namun, dia mengatakan, pengembangan tersebut memerlukan waktu tak sebentar. Paling cepat, kata dia, kemungkinan tahun 2023.

Bukan hanya itu, untuk mewujudkan keinginan Quartararo tersebut, pihaknya juga mendatangkan mantan teknisi Formula 1 yang dulunya menjabat sebagai kepala pengembangan mesin di Ferrari dan Toyota, Luca Marmorini.

"Pembaruan motor itu untuk musim 2023 dan 2024. Jadi, itu didasarkan pada perencanaan yang kami tunjukkan dalam proses (pengembangan)," ujar Jarvis, dikutip dari Motorsport, Sabtu (26/11/2022).

BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 26: Lin Jarvis of Britain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  speaks during the Lin Jarvis janjikan motor kompetitif untuk Quartararo. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Lebih jauh, Jarvis memberikan jaminan, seandainya Yamaha tak mampu memberikan motor terbaik untuk Quartararo musim depan, maka pihaknya siap kehilangan pebalap Prancis tersebut. Kini, Yamaha masih punya waktu beberapa bulan lagi untuk melanjutkan proses pengembangan.

"Tahun ini adalah yang kedua dari kontrak sebelumnya. Jika Yamaha tidak menanggapi (permintaan Quartararo) musim depan, maka dapat dikatakan kami tidak melakukan bagian (tugas) kami," tukas Jarvis.



Simak Video "Tampilan Motor Anyar Quartararo dan Morbidelli di MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT