Ssstt.. Gaji Quartararo Naik, Angkanya Bikin Heran Tim Lain

ADVERTISEMENT

Ssstt.. Gaji Quartararo Naik, Angkanya Bikin Heran Tim Lain

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 23 Nov 2022 07:39 WIB
Yamaha French rider Fabio Quartararo poses for a photograph in Valencia on November 3, 2022 ahead of the MotoGP Valencia Grand Prix. - Ducati-rider Bagnaia arrives at the 20th and final race of the season in Valencia with an imposing 23-point lead over last years champion Fabio Quartararo. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP) (Photo by JAVIER SORIANO/AFP via Getty Images)
Fabio Quartararo dapat gaji sangat tinggi dari Yamaha (Foto: AFP via Getty Images/JAVIER SORIANO)
Jakarta -

Fabio Quartararo bakal memasuki kontrak baru dengan Yamaha di 2023. Kabarnya Quartararo punya gaji terbaru dengan bayaran 'selangit'.

Quartararo, juara dunia MotoGP 2021, kni berstatus pebalap utama pabrikan Yamaha. Kontrak Quartararo dengan Yamaha bakal habis pada 2024.

Menurut rumor yang beredar, Quartararo juga mendapat gaji baru di sepanjang musim 2023. Beberapa pihak memperkirakan gaji tahunan Fabio mencapai 10 juta euro atau sekitar Rp 161 miliar per tahun.

Angkanya ini lebih tinggi dari rekan setimnya tahun lalu, Maverick Viñales. The Top Gun disebut-sebut sudah dibayar 6,5 juta euro oleh Yamaha pada 2021. Namun ia mengakhiri kontrak lebih awal dan pergi ke Aprilia.

Dikutip Speedweek, Selasa, (22/11/2022) tim pabrikan lawan dibuat bingung dengan bayaran yang mengesankan orang Prancis itu.

"Saya juga mendengar jumlah 10 juta ini, dan dari sumber yang dapat dipercaya," kata anggota dewan KTM Hubert Trunkenpolz

"Awalnya saya tidak dapat membayangkan bahwa, mengingat situasi ekonomi saat ini, sebuah pabrik masih dapat membayar biaya tersebut. Saya pikir tidak ada seorang pun di paddock ini yang mendapat lebih dari 5 atau 6 juta euro. Di sisi lain, kami memiliki juara dunia motorcross lima kali Jeffrey Herlings di bawah kontrak dengan KTM. Dia menghasilkan lebih banyak di motorcross daripada pembalap MotoGP kami," tambah dia.

Tingginya gaji Quartararo sekarang masih terlihat masuk akal buat Yamaha. Sebab Quartararo berhasiil menyelamatkan wajah pabrikan garpu tala di MotoGP.

"Strategi cerdas ini sangat masuk akal bagi Yamaha, dengan dia, mereka menang di MotoGP. Saya pikir Fabio Quartararo adalah pembalap terbaik saat ini; Tidak ada yang perlu diguncang. Dia pilot yang luar biasa," tambah dia.

Investasi Fabio Quartararo sudah terbayar, jika dibandingkan Maverick Viñales. Top Gun telah meraih delapan kemenangan MotoGP dalam empat setengah tahun bersama Yamaha dan tidak pernah memperebutkan gelar.

Quartararo, sebaliknya, memenangkan tiga balapan di tim pelanggan Petronas pada tahun 2020, dan pada tahun 2021 memastikan kemenangan gelar MotoGP pertama tim Jepang sejak Jorge Lorenzo pada tahun 2015. El Diablo kini telah menang sebelas balapan bersama YZR-M1: tiga pada 2020, lima di 2021, dan tiga di musim 2022.



Simak Video "Siapin Tabungan! Ini Bocoran Jadwal MotoGP Mandalika 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT