Sirkuit Pesaing Mandalika Bangkrut! Finlandia Takkan Pernah Gelar MotoGP

ADVERTISEMENT

Sirkuit Pesaing Mandalika Bangkrut! Finlandia Takkan Pernah Gelar MotoGP

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 16 Nov 2022 19:52 WIB
Sirkuit Kymiring
Sirkuit KymiRing Finlandia gagal gelar MotoGP. Foto: Twitter.com/motogp
Jakarta -

Sirkuit KymiRing resmi bangkrut. Sirkuit pesaing Mandalika yang berlokasi di Finlandia ini gagal menyelenggarakan MotoGP untuk selamanya. Padahal KymiRing baru dibangun dan menjadi sirkuit debutan bersama Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Seperti dikutip dari Speedweek, anak perusahaan KymiRing 'KymiRing Events' tak dapat membayar biaya yang diminta Dorna Sports, hingga akhirnya mereka mengajukan kebangkrutan (pailit). Artinya, MotoGP Finlandia sudah mati selamanya.

Sebelumnya Sirkuit KymiRing dijadwalkan menggelar MotoGP 2022 dan bergabung dengan Sirkuit Mandalika sebagai sirkuit debutan di MotoGP. Sirkuit Mandalika sukses menggelar WSBK pada akhir 2021 dan MotoGP pada Maret 2022. Sementara KymiRing terus mengalami permasalahan.

Semula KymiRing dijadwalkan menyelenggarakan MotoGP pada tanggal 10 Juli 2022. Namun hal itu urung dilakukan lantaran pihak KymiRing tak bisa memenuhi persyaratan yang diminta Dorna, sehingga tidak bisa dilakukan homologasi.

Sirkuit KymiRing tak bisa menyelesaikan pembangunan paddock, akses jalan dalam kondisi memprihatinkan, begitu pula jalur ambulans di sekitar area sirkuit.

Setelah pemilik KymiRing bangkrut, agensi acara KymiRing Events kini mengalami nasib yang sama. Perusahaan ini adalah mitra kerja Dorna dan yang mengatur dan menyelenggarakan semua acara lainnya di sirkuit baru itu.

Beberapa minggu yang lalu tersiar kabar bahwa Dorna telah mengajukan klaim sebesar 6,4 juta euro kepada KymiRing Events karena pembatalan GP. Dasarnya adalah kontrak jangka panjang yang ditandatangani pada 2021 untuk menjadi tuan rumah GP Finlandia.

Pengadilan Distrik Päijät-Häme sekarang telah menyatakan bahwa KymiRing Events bangkrut. Mirisnya, perusahaan ini tak memiliki dewan direksi yang berfungsi dan tidak dapat menjalankan bisnis. Sementara itu, perusahaan induk KymiRing telah mengajukan restrukturisasi perusahaan.

Masih harus dilihat apakah nantinya operator sirkuit akan melunasi hutang mereka atau tidak. Jika gagal membayar hutang tersebut, maka sirkuit itu akan menjadi reruntuhan belaka.



Simak Video "Beredar Foto Topless Model di Rumah Dinasnya, PM Finlandia Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT