Apesnya Nasib Sirkuit KymiRing: Gagal Gelar MotoGP, Digugat Rp 95 Miliar

ADVERTISEMENT

Apesnya Nasib Sirkuit KymiRing: Gagal Gelar MotoGP, Digugat Rp 95 Miliar

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 11 Okt 2022 11:12 WIB
Sirkuit Kymiring
Sirkuit KymiRing Finlandia. (Foto: Twitter.com/motogp)
Jakarta -

Sirkuit KymiRing Finlandia gagal lagi menggelar MotoGP. Nama sirkuit ini tidak masuk dalam kalender MotoGP 2023 sementara yang dirilis Dorna Sports. Tidak hanya gagal melaksanakan MotoGP, pengelola Sirkuit KymiRing kini digugat Rp 95 miliar.

Dikutip dari Speedweek, agenda MotoGP di Sirkuit KymiRing sudah beberapa kali dibatalkan. Pada 2020 dan 2021 sirkuit ini batal melaksanakan MotoGP karena terjadi pandemi virus Corona (COVID-19), kemudian pada 2022 juga batal karena alasan cacat konstruksi.

Tak hanya gagal ke sekian kalinya dalam menggelar MotoGP, pemilik atau pengelola Sirkuit KymiRing kini dihadapkan pada sanksi denda. Disebut-sebut, Dorna Sports akan melayangkan gugatan kepada 'KymiRing Events' untuk tunggakan pembayaran dengan total 6,4 juta euro (Rp 95 miliar).

Di sisi lain, Sirkuit KymiRing memiliki tunggangan hutang sebesar 25 juta euro (Rp 372 miliar). Selain itu, sirkuit ini juga belum menyelesaikan beberapa pembangunan infrastruktur aspal di paddock, di jalur penyelamatan dan akses jalan.

Dorna Sports sebenarnya masih memberikan kesempatan Sirkuit KymiRing untuk menyelesaikan pembangunan fasilitas-fasilitas tersebut untuk dilakukan homologasi, namun hingga tenggat waktu 20 September 2022 pekerjaan itu tak kunjung diselesaikan.

Dalam kalender MotoGP 2023 sementara yang dirilis Dorna Sports, nama KymiRing tidak masuk dalam daftar. Sebagai ganti, panitia memilih Kazakhstan (Sirkuit Sokol) dan India (Sirkuit Budh).

Di luar pembangunan yang belum selesai, Sirkuit KymiRing mendapatkan kritik dari pebalap yang sudah mencobanya pada tes MotoGP 2019 lalu. Pebalap dari Red Bull KTM saat itu, Mika Kallio mengatakan, KymiRing didominasi tikungan lambat yang sangat menyulitkan aksi salip menyalip antar rider.

Sirkuit KymiRing memiliki panjang mencapai 4,650 km. Sirkuit ini dirancang oleh Timo Pohjola dengan layout 16 tikungan. Sirkuit ini terletak sekitar 30 km dari kota Kouvala dan 110 km timur laut ibu kota Helsinki.



Simak Video "Ada Nomor #63 dalam Nomor Balap #1 Bagnaia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT