Victor Steeman, Pebalap Muda WSSP 300 Meninggal Dunia, Organ Tubuhnya Didonorkan

ADVERTISEMENT

Victor Steeman, Pebalap Muda WSSP 300 Meninggal Dunia, Organ Tubuhnya Didonorkan

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 14 Okt 2022 07:15 WIB
Victor Steeman
Victor Steeman Foto: WSBK
Jakarta -

Dunia balap kembali berduka. Victor Steeman, rider dari MTM Kawasaki dinyatakan meninggal dunia pada Selasa (11/10). Rider 22 tahun itu mengalami kecelakaan serius saat melakoni race pertama World Supersport 300 di Sirkuit Algarve, Portugal, Sabtu (8/10).

Victor Steeman merupakan rider muda yang sedang berjuang dalam perebutan gelar ajang World Supersport 300. Dia mengalami insiden dengan pebalap Jose Luis Perez Gonzalez pada lap pembuka di tikungan 14 Sirkuit Algarve, Portugal, Sabtu (8/10). Balapan dihentikan, red flag berkibar.

Petugas dan kendaraan medis segera tiba di lokasi kecelakaan. Steeman sempat dirawat di sisi lintasan dan dibawa di pusat medis sirkuit sebelum dipindahkan dengan helikopter ke Rumah Sakit Faro.

Steeman diterbangkan ke Rumah Sakit Faro dengan cedera di kepala dan mengalami polytrauma. Kondisi Steeman dinyatakan kritis. Hingga pada Selasa (11/10) lalu Steeman dinyatakan meninggal dunia.

"Terlepas dari upaya terbaik dari staf medis sirkuit, Pusat Medis telah mengumumkan bahwa Victor Steeman telah meninggal karena luka-lukanya," tulis pernyataan Dorna seperti dikutip dari WSBK, Kamis (13/10/2022).

Kematian Viktor Steeman tak berhenti sebatas berita duka. Pihak keluarga menyatakan organ tubuh Viktor Steeman didonorkan kepada 5 orang yang membutuhkan.

"Sesuatu yang selalu Anda takutkan sebagai orang tua dari seorang pembalap motor kini telah terjadi. Victor kami tidak bisa memenangkan balapan terakhir ini," bunyi pernyataan keluarga.

"Terlepas dari kehilangan dan kesedihan yang tak tertahankan, kami sangat bangga untuk berbagi cerita dengan Anda bahwa pahlawan kita, dalam kematiannya, dapat menyelamatkan 5 orang lainnya dengan menyumbangkan organ tubuhnya," tambah pernyataan itu.

Steeman saat ini menghuni posisi dua klasemen sementara dengan 180 poin di kejuaraan WSSP 300.

Meninggalnya Viktor Steeman menambah daftar pebalap muda yang meninggal dunia di atas lintasan WSSP 300. Sebelumnya, Dean Berta yang juga sepupu dari rider Aprilia, Maverick Vinales, meninggal dunia setelah crash di ajang World Supersport 300 2021.

Dean Berta meninggal di usia 15 tahun setelah mengalami kecelakaan di lap 11 tikungan dua pada race pertama seri ketujuh yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Sabtu (25/9/2021). Pebalap muda ini mengalami luka parah di bagian kepala dan dada.

View this post on Instagram

A post shared by WorldSBK (@worldsbk)



Simak Video "Siapin Tabungan! Ini Bocoran Jadwal MotoGP Mandalika 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT