India Gelar MotoGP Musim 2023

ADVERTISEMENT

India Gelar MotoGP Musim 2023

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 30 Sep 2022 15:05 WIB
MotoGP berencana menggelar balapan di India dalam waktu dekat. Race bakal digelar di Sirkuit Internasional Buddh, Uttar Pradesh.
India siap gelar balap MotoGP mulai tahun 2023. Foto: dok. MotoGP
Jakarta -

Tambah lagi satu negara yang menggelar MotoGP musim 2023. Setelah Kazakhstan, salah satu seri MotoGP musim 2023 bakal digelar di India.

Rencananya, balapan MotoGP India bakal digelar di Sirkuit Internasional Buddh. Sirkuit itu terletak di Uttar Pradesh, tepatnya di sebelah selatan New Delhi.

"Kami dengan bangga mengumumkan Buddh International Circuit masuk kalender balap 2023. Kami memiliki banyak penggemar di India dan sangat senang membawa olahraga ini ke mereka. India juga merupakan salah satu kunci di industri roda dua, dan perluasan MotoGP menjadi puncaknya. Kami sangat menantikan balapan di Buddh International Circuit dan sudah tidak sabar untuk menyambut seluruh penggemar secara langsung," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

Kehadiran MotoGP di India diharapkan bisa membuat olahraga ini lebih mudah dijangkau fans di berbagai belahan dunia. Sekaligus juga meneruskan misi untuk membuka pintu balap motor bagi semua.

"Ini merupakan hari bersejarah di industri olahraga kami dan juga perayaan 75 tahun India," ungkap Union Sports Minister Pemerintah India Anurag Thakur dilansir laman MotoGP.

"Ini merupakan kebanggaan bagi Uttar Pradesh untuk menggelar event global. Pemerintah kami memberikan dukungan penuh untuk MotoGP Bharat," sambung Chief Minister Uttar Pradesh Yogi Adityanath.

Sebelumnya, Sirkuit Internasional Buddh sempat menjadi rumah bagi Grand Prix Formula 1 India, lalu gelaran dihentikan karena kendala keuangan, pajak, dan birokrasi. Homologasi FIM trek MotoGP akan dilakukan hanya setelah kesepakatan ditandatangani antara pemilik hak siar, Dorna Sports dan promotor lokal balap, Fairstreet Sports.

Ini merupakan kali pertama India menggelar balapan MotoGP, sekaligus menambah daftar negara Asia di kalender MotoGP. Namun ini bukan percobaan pertama dilakukan India, bos Dorna, Carmelo Ezpeleta telah mengunjungi Sirkuit Internasional Buddh pada awal Desember 2011 silam mengenai wacana menggelar MotoGP pada tahun 2013 mendatang. Tapi rencana itu tak kunjung diwujudkan.

Tidak hanya itu Sirkuit Internasional Buddh juga pernah masuk kalender World Super Bike (WSBK) 2013 tapi pada akhirnya batal karena alasan "tantangan operasional".



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT