MotoGP Umumkan Balapan di Kazakhstan Mulai Tahun Depan

ADVERTISEMENT

MotoGP Umumkan Balapan di Kazakhstan Mulai Tahun Depan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 27 Sep 2022 15:40 WIB
ALCANIZ, SPAIN - SEPTEMBER 17: March Marquez of Spain and Repsol Honda Team in action during the Qualifying at Motorland Aragon Circuit on September 17, 2022 in Alcaniz, Spain. (Photo by Joan Cros Garcia - Corbis/Corbis via Getty Images)
MotoGP menambahkan Kazakhstan sebagai tuan rumah baru di kalender 2023 (Foto: Joan Cros Garcia - Corbis/Corbis via Getty Images)
Jakarta -

FIM MotoGP mengumumkan gelaran balapan di lokasi baru tahun depan. MotoGP akan menggelar balapan di Kazakhstan mulai tahun 2023.

MotoGP telah meneken kontrak lima tahun untuk mengadakan balapan di negara Asia Tengah tersebut. Sokol International Racetrack akan menjadi tuan rumah MotoGP di kalender 2023.

"Terletak tepat di luar kota terbesar Kazakhstan, Almaty, Sokol adalah kompleks motorsport baru yang dibangun di jantung Asia Tengah. Wilayah ini akan menjadi pitstop baru untuk MotoGP karena olahraga ini terus berkembang di seluruh dunia, terlibat dengan pasar dan basis penggemar baru," tulis MotoGP dalam pengumuman resminya, Selasa (27/9/2022).

Kazakhstan akan menjadi negara ke-30 yang menjadi tuan rumah Grand Prix sepeda motor sejak tahun 1949. Sementara Sokol International Racetrack akan menjadi tempat ke-74 untuk menjadi tuan rumah kelas utama Grand Prix.

Sebelumnya, dua negara Asia lainnya juga menyatakan ketertarikannya menggelar balapan motor paling bergengsi di dunia in. Mereka adalah Arab Saudi dan India.

MotoGP kabarnya juga akan digelar di Arab Saudi. Hal itu menyusul penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dorna Sports dan Saudi Motorsport Company (SMC).

Dalam kesepakatan itu, seri balap motor utama dunia MotoGP akan diadakan Arab Saudi. Penandatanganan dilakukan oleh Pangeran Khalid Bin Sultan Al Abdullah Al-Faisal, Ketua Federasi Otomotif & Sepeda Motor Saudi dan Saudi Motorsport Company (SMC) bersama Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna.

Penambahan Arab Saudi ke kalender MotoGP membuat balapan ini berkembang ke Timur Tengah. Sebelumnya, Qatar menjadi satu-satunya tuan rumah MotoGP di Timur Tengah.

India juga dikabarkan tengah berbicara dengan Dorna untuk menggelar balapan MotoGP di masa depan. Seperti dilansir dari media lokal India, Selasa (20/9/2022) Federation of Motor Sports Club of India (FMSCI) memiliki rencana untuk menjadikan Sirkuit Internasional Buddh di Delhi sebagai tuan rumah MotoGP 2023.

"Kami telah mengambil semua langkah pencegahan untuk putaran India. Kami telah mengambil semua langkah untuk memastikan kami bisa balapan di India untuk waktu yang lama. Kami melihat putaran musim dingin untuk India tahun depan." Akbar Ebrahim, presiden federasi olahraga motor India FMSCI dikutip Sportcafe, Selasa (20/9/2022).



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT