Duh! Ban Motor Alex Rins Bocor di MotoGP Jepang, Kok Bisa?

ADVERTISEMENT

Duh! Ban Motor Alex Rins Bocor di MotoGP Jepang, Kok Bisa?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 26 Sep 2022 11:48 WIB
alex rins motogp suzuki ecstar motogp 2022 motogp jepang winglet aerodinamis suzuki
Foto: Alex Rins (Twitter @suzukimotogp)
Jakarta -

Suzuki harus menelan pil pahit saat melakoni balapan kandang di MotoGP Jepang. Dua ridernya tidak bisa menuntaskan balapan sampai finis. Kedua motor Suzuki GSX-RR yang turun di MotoGP Jepang 2022 bermasalah.

Team Suzuki Ecstar berakhir dengan kekecewaan saat bencana menimpa kedua motor GSX-RR. Duo pebalapnya Alex Rins dan Takuya Tsuda (yang menggantikan Joan Mir) DNF (did not finish/tidak finis). Alex Rins mengalami kendala di ban depan, sementara motor Tsuda terbakar.

Alex Rins mengawali balapan dari grid ke-18. Tapi ada tanda-tanda positif di awal balapan. Rins bisa merangsek ke urutan 12 dan berada di kelompok pebalap yang sangat kompetitif.

Namun, dia terus kehilangan posisi. Masalah menimpa Rins di lap ke-15. Motor Alex Rins terkendala di ban depan. Tekanan angin ban motor Rins bocor.

Suzuki menyebut, masalahnya disebabkan oleh pelek yang penyok saat pengereman keras di kerb di lap awal. Ban langsung kehilangan tekanan angin sehingga motor tidak bisa dikendarai.

"Itu adalah balapan yang sangat buruk bagi kami. Start benar-benar berjalan dengan baik dan saya membuat cukup banyak posisi, tetapi kemudian di Tikungan 3 saya memutuskan untuk menyalip beberapa pembalap di luar, di kerb. Setelah itu saya mulai kehilangan feeling depan, sepertinya ban sedikit demi sedikit kempes. Saya kehilangan banyak tempat dan saya merasa akan jatuh di setiap tikungan, jadi saya kembali ke pit. Kru saya mengkonfirmasi kebocoran udara yang disebabkan oleh penyok di pelek roda," ucap Rins dikutip dari siaran pers resminya, Senin (26/9/2022).

Manager Team Suzuki Ecstar Livio Suppo mengatakan, kerusakan ban depan motor Alex Rins terjadi akibat pengereman keras di kerb. Hal itu memaksa Alex Rins masuk ke pit.

"Satu-satunya hal positif adalah kami tidak punya waktu untuk memikirkan hasil mengecewakan hari ini, karena kami akan langsung pindah ke Thailand dan mulai berfokus pada itu," ujarnya.

Ini bukan kali pertama ban motor MotoGP bocor akibat pelek penyok setelah menghantam kerb. Sebelumnya, Enea Bastianini juga gagal finis di MotoGP Austria karena pelek penyok setelah menghantam kerb. Pelek yang penyok itu membuat tekanan angin ban keluar.



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT