Kenapa Motor Suzuki Bisa Terbakar di MotoGP Jepang? Ini Penjelasannya

ADVERTISEMENT

Kenapa Motor Suzuki Bisa Terbakar di MotoGP Jepang? Ini Penjelasannya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 26 Sep 2022 09:32 WIB
Suzuki GSX-RR Takuya Tsuda terbakar di MotoGP Jepang
Foto: Suzuki GSX-RR Takuya Tsuda terbakar di MotoGP Jepang (Twitter MotoGP)
Jakarta -

Motor Suzuki GSX-RR tunggangan Takuya Tsuda terbakar di MotoGP Jepang, Minggu (25/9/2022) kemarin. Motor yang dipakai pebalap Jepang pengganti Joan Mir itu terbakar saat balapan masih tersisa 13 lap.

Dalam video tayangan ulang, tampak motor berkelir biru itu tiba-tiba terbakar hingga membuat Tsuda harus meminggirkan motor ke gravel. Terlihat juga karet pada ban mengelupas dan terlempar di lintasan.

Kenapa bisa terbakar? Manajer Team Suzuki Ecstar Livio Suppo memberikan penjelasan singkat. Dia bilang, terjadi kebocoran pada motor Takuya Tsuda.

"GSX-RR Tsuda terbakar setelah kebocoran kecil, tapi untungnya dia baik-baik saja," kata Suppo dikutip siaran pers Suzuki, Senin (26/9/2022).

Sementara Tsuda mengaku memiliki start yang baik. Namun, dia merasakan sesuatu yang aneh dengan mesin Suzuki GSX-RR tunggangannya.

"Jadi saya berhati-hati dan memperhatikan. Saya merasakan penurunan daya, dan kemudian kebakaran terjadi dan saya harus berhenti. Saya sebenarnya memiliki perasaan yang sangat baik dengan sasis sehingga sangat mengecewakan. Bagaimanapun, secara keseluruhan, saya memiliki pengalaman yang sangat bagus akhir pekan ini dan saya ingin berterima kasih kepada tim yang telah memberi saya kesempatan ini," ucapnya.

Ini bukan kali pertama motor MotoGP Suzuki terbakar. Di MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika motor Alex Rins juga sempat terbakar pada sesi latihan bebas keempat (FP4). Saat itu disebutkan ada masalah di bagian selang oli.

"Ada masalah kecil dengan selang oli. Kami kemudian memeriksanya dengan cermat dan sampai pada kesimpulan bahwa mesinnya tidak rusak. Tapi kita tidak tahu persis bagaimana dan mengapa itu terjadi. Yang paling penting adalah pebalap tidak terluka," jelas Livio Suppo Maret lalu.

Sementara itu, duo rider Suzuki tak bisa menyelesaikan balapan MotoGP Jepang 2022 sampai finis. Selain motor Tsuda yang terbakar, Alex Rins juga mengalami kendala sehingga mengharuskan dirinya DNF (did not finish/tidak finis).



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT