Ini Alasan Kenapa Morbidelli Tidak Bisa Sebagus Fabio Quartararo

ADVERTISEMENT

Ini Alasan Kenapa Morbidelli Tidak Bisa Sebagus Fabio Quartararo

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 30 Agu 2022 16:43 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 05: Franco Morbidelli of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team looks on in  box during the MotoGP of Qatar - Qualifying at Losail Circuit on March 05, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images,)
Franco Morbidelli tampil buruk saat pindah ke tim pabrikan. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Morbidelli digadang-gadang menjadi pengganti sepadan Maverick Vinales yang putus kontrak dengan Yamaha dan bergabung ke Aprilia. Tapi sejauh ini, ia tampil sangat buruk bersama Monster Energy Yamaha. Padahal rekannya, Fabio Quartararo, tampil sangat baik dengan YZR-M1 dan bisa memuncaki klasemen sementara MotoGP 2022. Lalu kenapa anak didik Rossi itu tidak bisa tampil sebaik Quartararo?

Morbidelli merupakan salah satu pebalap potensial Yamaha. Ia berhasil jadi runner-up MotoGP 2020 bersama tim satelit Petronas Yamaha. Modal itu pula yang akhirnya mengantarkan Morbidelli ke tim pabrikan Yamaha sejak akhir musim 2021 lalu.

Pebalap asal Italia itu diharapkan bisa mereplikasi performa musim 2020 ke musim 2022. Namun harapan tinggal harapan, Morbidelli justru tampil sangat mengecewakan. Ia kini ada di urutan ke-19 dengan 26 poin, kalah jauh dari El Diablo yang ada di pucuk klasemen sementara dengan 200 poin.

Selain karena faktor cedera, alasan mengapa Morbidelli tidak bisa tampil sebagus musim-musim sebelumnya adalah dikarenakan adanya perbedaan gaya membalap Morbidelli dengan Quartararo.

Dijelaskan manajer tim satelit Yamaha RNF, Wilco Zeelenberg, Morbidelli masih menggunakan gaya balapan yang kuno. Berbeda dengan Quartararo yang pintar menjaga traksi roda belakang dan lihai 'memainkan' rem saat masuk tikungan.

NORTHAMPTON, ENGLAND - AUGUST 07: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team leads the field during the MotoGP race during the MotoGP of Great Britain - Race at Silverstone Circuit on August 07, 2022 in Northampton, England. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Fabio Quartararo bisa menikung lebih cepat Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

"Fabio Quartararo bisa menikung lebih cepat (dibanding pebalap lainnya), tetapi itu tidak membuat ban motornya jadi lebih panas. Dia bisa mengemudi dengan sudut kemiringan yang lebih kecil, dan menghindari masalah yang dimiliki rider lain," kata Zeelenberg dikutip dari GPOne.

"(Sementara) rekan satu timnya (Franco Morbidelli), mengemudi dengan gaya lebih 'kuno'. Dia mengerem secara keras saat memasuki tikungan, hingga remnya menyala. Fabio hanya mengerem ketika di trek lurus, kemudian melepaskan rem, lalu berbelok. Dia melakukannya di setiap tikungan dan berhasil lebih cepat 1 atau 2 km/jam di setiap tikungan," tambah Zeelenberg yang pernah jadi bos Morbidelli di tim Petronas Yamaha.



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT