ADVERTISEMENT

Canggih! Michelin Pakai Bahan Kulit Jeruk buat Ban MotoGP Mulai 2024

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 18 Agu 2022 19:28 WIB
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 10:  Michelin staff works in box during the first day of MotoGp Tests In Valencia at Ricardo Tormo Circuit on November 10, 2015 in Valencia, Spain.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Foto: Michelin akan menggunakan bahan plastik daur ulang sampai kulit jeruk buat ban motor MotoGP. (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta -

Di masa depan penggunaan material yang berkelanjutan akan sangat dibutuhkan. Termasuk penggunaan material pada ban kendaraan. Michelin bahkan akan memanfaatkan kulit jeruk dan lemon untuk bahan membuat ban motor MotoGP.

Product Research Technical Director Michelin Matthieu Bonardel mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk penggunaan bahan berkelanjutan untuk melindungi lingkungan. Saat ini, material terbarukan sudah digunakan di ban motor balap listrik MotoE.

"Pertama-tama, saya ingin mengatakan bahwa MotoE adalah kategori benchmark kami untuk pengembangan material berkelanjutan. Saat ini kehadirannya sudah 30% dengan produksi seribu unit. Saya berpendapat bahwa di masa depan kita bisa mencapai dan bahkan melebihi 40%. Jelas itu bukan hal yang mudah," kata Matthieu dikutip GPOne.

"Komitmen Michelin dalam beberapa tahun terakhir ditujukan pada kinerja dan pencarian bahan yang berkelanjutan untuk melindungi lingkungan," katanya.

Tak cuma di MotoE, ke depan penerapan teknologi ban dengan bahan terbarukan juga digunakan di MotoGP. Dia menyebut, penggunaan material ramah lingkungan itu tidak akan mengorbankan performa dari ban motor balap.

"Untuk MotoGP, bisa saya katakan pada 2024 para pebalap akan memiliki ban yang terbuat dari bahan daur ulang. Persentasenya harus sekitar 40%. Saat ini saya belum bisa memberikan jumlah pastinya, karena sebenarnya kami sedang melakukan analisis dan pengembangan. Mereka akan menjadi ban yang diproduksi menggunakan plastik daur ulang, serta kulit jeruk dan lemon," sebutnya.

"Kami ingin menunjukkan bahwa dengan bahan-bahan ini tidak akan berdampak pada kinerja dan ban kami akan aman di semua jenis kondisi. Tapi tidak hanya itu, mulai tahun 2024 kami ingin membawa lebih sedikit ban ke sirkuit sehingga mendukung keberlanjutan dan lingkungan."



Simak Video "Coba Cek! Kondisi Ini Bisa Bikin Ban Bocor Halus"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT