Suzuki Resmi Bakal Pergi, Bos Dorna: 20 Motor Sudah Cukup!

ADVERTISEMENT

Suzuki Resmi Bakal Pergi, Bos Dorna: 20 Motor Sudah Cukup!

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 20 Jul 2022 14:18 WIB
MONTMELO, SPAIN - JUNE 04:  Carmelo Ezpeleta of Spain and  Dorna CEO looks on during the press conference following the accident at the Spanish Moto2 rider Luis Salom at Circuit de Catalunya on June 4, 2016 in Montmelo, Spain.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Carmelo Ezpeleta Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Suzuki akan meninggalkan MotoGP di akhir musim 2022. Bos Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta bilang 20 motor di lintasan sudah cukup.

Selepas hengkangnya Suzuki, maka dua motor akan hilang dari line up MotoGP. Ezpeleta bilang kekosongan slot yang ditinggal Suzuki tidak akan bisa diganti dalam waktu dekat.

"Bagi kami, 20 motor sudah cukup untuk kejuaraan. Jadi 22 adalah angka yang ideal," ujar Ezpeleta dikutip dari Motorsport-Total, Rabu (20/7/2022).

Suzuki diyakini dalam situasi finansial yang kurang ideal akibat pandemi berkepanjangan dan perang Ukraina dan Rusia. Maka menarik diri dari ajang MotoGP, dinilai jadi jalan terakhir.

Musim depan Ducati tetap turun dengan 8 motor, tim lain seperti Honda, KTM, dan Aprilia bakal menerjunkan 4 motor. Bila ditotal jumlah motor yang turun berkurang menjadi 22 dari sebelumnya 24.

Mengingat hanya Yamaha yang menurunkan 2 motor musim depan usai ditinggal WithU-RNF yang berlabuh ke Aprilia. Bagi Ezpeleta ini hanya sementara, Yamaha akan segera memiliki tim satelit.

"Tahun depan Yamaha hanya punya dua motor. Tahun-tahun berikutnya saya rasa tidak," jelas dia.

Tanpa tim satelit, Yamaha akan mendapatkan lebih sedikit data, dan tidak ada bakat pebalap muda yang dapat dibangun sebelum pindah ke tim pabrikan.

Dikutip Speedweek, Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, mengakui tidak mungkin untuk memasok tim satelit untuk tahun 2024.

Sebabnya LCR terikat dengan Honda, Pramac dengan Ducati, dan Mooney VR46 memiliki kontrak tiga tahun dengan Ducati hingga akhir 2024.

Tim lain, seperti Gresini Racing ingin memperpanjang kontrak dua tahun dengan Ducati hingga akhir 2024. Lalu Tech3 juga punya kontrak dengan Pierer Mobility AG yang diperpanjang hingga akhir 2026. Sementara WithU-RNF telah menyetujui kesepakatan dengan Aprilia setidaknya selama dua tahun.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT