MotoGP Jerman Sangat Menantang: Berlangsung 2 Jam, Banyak Tikungan ke Kiri

ADVERTISEMENT

MotoGP Jerman Sangat Menantang: Berlangsung 2 Jam, Banyak Tikungan ke Kiri

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 19 Jun 2022 12:04 WIB
Motorcycling - MotoGP - German Grand Prix - Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Germany - July 7, 2019  Repsol Hondas Marc Marquez in action during the race   REUTERS/Annegret Hilse
MotoGP Jerman sangat menantang karena memiliki banyak tikungan ke kiri. Foto: Annegret Hilse/Reuters
Jakarta -

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, menyebut MotoGP Jerman bakal menjadi salah satu seri MotoGP paling menantang musim ini. Soalnya Sirkuit Sachsenring, yang bakal digunakan didominasi oleh tikungan ke kiri. Selain itu, trek yang cukup pendek juga membuat balapan berlangsung lama, yakni 30 lap dengan waktu mencapai hampir 2 jam.

Quartararo sekarang memimpin klasemen pebalap sementara MotoGP 2022 dengan keunggulan 22 poin dari rider Aprilia, Aleix Espargaro. Quartararo mau mempertahankan keunggulan itu dengan menargetkan podium di seri kesepuluh MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Sachsenring, Jerman (19/6/2022). Peluang Quartararo naik podium sangat besar karena 'penguasa' Sachsenring, Marc Marquez, tengah absen untuk memulihkan cederanya.

France's rider Fabio Quartararo of the Monster Energy Yamaha MotoGP celebrates his victory in the MotoGP race of the Catalunya Motorcycle Grand Prix at the Catalunya racetrack in Montmelo, just outside of Barcelona, Spain, Sunday, June 5, 2022. (AP Photo/Joan Monfort)Fabio Quartararo Foto: AP/Joan Monfort

"(Hasil di) Mugello dan Barcelona sangat bagus. Saya punya kecepatan yang bagus di kedua balapan. Baik ini (Sachsenring) dan (sirkuit) Assen adalah dua trek yang sangat saya sukai, jadi saya sangat termotivasi untuk mencoba melakukan sesuatu yang besar," kata El Diablo dikutip dari Motosan.

Meski mengaku suka dengan Sirkuit Sachsenring, Quartararo menilai sirkuit sepanjang 3,7 km itu bakal menguji daya tahan tubuh dan mentalitas pebalap. Itu karena tikungannya banyak ke kiri dengan jumlah lap yang sangat banyak.

"Ini adalah trek yang sangat kecil, tetapi balapannya adalah salah satu yang terpanjang musim ini. Di sini Anda melahap 30 putaran dan ketika Anda telah melakukan 15 putaran, Anda sudah hancur. Ini benar-benar balapan yang sangat panjang," sambungnya.

"Anda selalu belok kiri, balapan sepertinya berlangsung dua jam. Saya tahu itu sama untuk semua orang, tapi saya dapat mengatakan bahwa balapan ini sangat sulit dari sudut pandang mental," tambah pebalap asal Prancis tersebut.

Sebagai informasi, Sirkuit Sachsenring memiliki 10 tikungan ke kiri dan hanya 3 tikungan yang ke kanan. Sirkuit ini memiliki lebar 12 meter, dengan trek lurus terpanjang 700 meter. Marc Marquez menjadi penguasa sirkuit ini dengan 8 kemenangan di kelas premier. Marquez juara berturut-turut di sirkuit ini sejak 2013 hingga 2021.

(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT