ADVERTISEMENT

Ngebut 200 Km/Jam Naik Safety Car Formula E di Ancol, Anies: Luar Biasa

Tim detikcom - detikOto
Sabtu, 04 Jun 2022 12:18 WIB
Jakarta -

Anies Baswedan mendapat kesempatan langsung untuk menjajal Safety Car Formula E untuk mengelilingi trek di Sirkuit Ancol. Bagi Anies, ini pengalaman yang cukup menegangkan. Ia juga mengungkap kepada Co Founder Formula E Alberto Longo dirinya sedikit pusing.

"Saya sedikit pusing, sedikit" ungkapnya seraya tertawa.

Setelah itu, Anies juga sempat ditanya bagaimana perasaannya usai menunggangi mobil dengan kecepatan 200 km/jam tersebut?

"Gimana gemeteran?" tanya seorang petugas yang mengenakan rompi medis tersebut.

"Luar biasa," jawab Anies.

Sayup terdengar Anies mengungkap bahwa rasanya seperti naik roller coaster. Sekadar informasi, Safety Car Formula E yang ditunggangi Anies adalah Porsche Taycan S Turbo. Mobil ini memiliki tenaga sebesar 750 daya kuda.

bisa berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 2,8 detik, serta mencapai kecepatan tertinggi 260 km/jam.

Guna mendukung tugasnya sebagai safety car, Taycan Turbo S ini dipasangi rollcage, jok racing bucket, dengan sabuk pengaman enam titik, wire harness untuk penerangan safety car, dan Marelli Logger System. Mobil ini juga dilengkapi alat pemadam api dan sistem komunikasi berteknologi tinggi.

Dari segi eksterior, safety car Formula E 2022 tampil mencolok dengan kombinasi putih, biru muda, dan biru tua. Secara umum, mobil ini dicat dengan 11 warna khas tim peserta Formula E.

Livery tersebut juga memberikan ekspresi visual dari nilai-nilai sosial seperti keragaman dan komunitas, sementara nomor 22 artinya yakni kinerja dari 22 pebalap yang akan mengikuti Kejuaraan Dunia Formula E. Mengendarai Safety Car ini tak sembarangan. Anies sendiri disopiri oleh Bruno S Correia. Bruno memang diketahui merupakan Safety Car Driver FIA Formula E.

Bruno juga sempat mengungkap bahwa Sirkuit Ancol memiliki lintasan yang cukup baik.

"Treknya sangat-sangat bagus," ujar Bruno dalam instastory yang diunggah Anies.

(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT