ADVERTISEMENT

Formula E Jakarta Tak Dapat Sponsor BUMN, Anies Bilang Begini

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 03 Jun 2022 10:03 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol. Dalam kesempatan itu, Anies juga menjajal salah satu mobil listrik Formula E.
Anies Baswedan enggan mengomentari soal absennya BUMN dari sponsor Formula E Jakarta. Foto: (Dok. Panitia Formula E)
Jakarta -

Indonesia untuk pertama kalinya bakal menggelar ajang balap mobil listrik Formula E di Sirkuit Ancol, Jakarta. Perhelatan itu dipercaya bisa membuat mata seluruh dunia tertuju ke Indonesia. Tapi sayang, sponsor ajang Formula E justru berasal dari swasta. Tidak ada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di dalamnya.

Kendati demikian, Gubernur DKI Jakarta enggan berkomentar dan tidak mau ambil pusing dengan absennya sponsor dari perusahaan pelat merah tersebut. Bagi Anies, yang terpenting saat ini adalah mempersiapkan dengan matang agar Formula E bisa berjalan sesuai dengan rencana.

"Pada fase ini konsentrasi kita adalah memastikan semua rencana berjalan dengan baik. Dunia melihat Jakarta, melihat Indonesia dan kita ingin agar ini jadi kesempatan untuk membawa nama baik Indonesia ke gelanggang dunia," tutur Anies seperti dikutip 20detik.

Sekadar informasi, berbeda dengan perhelatan balap international sekelas MotoGP tidak ada sponsor yang berasal dari BUMN. Pertamina Renewable Diesel yang sebelumnya terdaftar juga dikabarkan tidak jadi mensponsori Formula E Jakarta.

Sedangkan saat MotoGP Mandalika digelar, perusahaan BUMN beramai-ramai menjadi sponsor, mulai dari Pertamina, Bank Mandiri, Bank BRI, hingga PGN ikut terlibat di dalamnya.

"Jadi kami berharap dukungan bagi semuanya, doakan insya Allah berjalan lancar dengan begitu, insya Allah ini akan mengirimkan pesan yang tadi saya sampaikan," jelas Anies.

Sebelumnya, Ketua Organizing Commitee Formula E Ahmad Sahroni pada Mei 2022 lalu sempat bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir. Namun, dia bilang tidak ada timbal balik dari Erick Thohir terkait sponsor Formula E.

"Itulah sayang banget Formula E ajang motorsport dunia tapi BUMN-nya nggak ikut serta mendampingi," ujar Sahroni.

Sementara itu, melalui siaran pers beberapa waktu lalu, PLN menyebutkan siap memasok listrik untuk penyelenggaraan Formula E. Namun, Sahroni memastikan dukungan itu bukan berupa sponsor.

"Iya (PLN pasok listrik untuk Formula E), tapi bukan sponsor. Kami bayar full," sebutnya.

Daftar 30 sponsor Formula E Jakarta 2022

  1. Indosat Ooredoo Hutchison Powered by Ericsson
  2. Ms Glow For Men
  3. Bank Artha Graha International
  4. Erafone
  5. Electronic City
  6. Bank DKI
  7. Discovery Hotel
  8. J Water
  9. Paprika
  10. Grab
  11. Realme
  12. PT Anugerah Utama Multifinance
  13. Teh Botol Sosro
  14. PT Central Omega Resource Tbk
  15. Walking Drum
  16. Coca Cola
  17. Gulavit
  18. Medika Plaza
  19. Enesis
  20. Nescafe
  21. Krisbow
  22. PT Proline Finance Indonesia
  23. Waste For Changes
  24. PT Bank China Construction Bank Tbk
  25. Hyundai
  26. Sony
  27. Samsung
  28. Sharp
  29. LG
  30. PT BMW Indonesia



Simak Video " Formula E Jakarta Start Besok, Ini Jadwal Lengkapnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT