ADVERTISEMENT

Anies Baswedan Jajal Safety Car Formula E Keliling Sirkuit Ancol

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 04 Jun 2022 09:21 WIB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah tiba di Sirkuit Ancol untuk menyaksikan langsung balapan Formula E. Anies tidak sendiri, ia ditemani sang istri dan juga keponakannya. Mantan Menteri Pendidikan itu terlihat mengelilingi Sirkuit Ancol guna memastikan balapan Formula E Jakarta berjalan lancar.

Tidak cuma itu, Anies juga mendapat kesempatan langsung untuk menjajal mobil Safety Car disopiri langsung oleh Bruno S Correia. Bruno memang diketahui merupakan Safety Car Driver FIA Formula E.

"Selamat pagi semua, Assalamualaikam saya di sini bersama Bruno menggunakan safety car untuk keliling trek. Kecepatannya nanti sekitar 200 km/jam," ungkap Anies dilihat dalam akun instastorynya, Sabtu (4/6/2022).

Safety Car yang pada Formula E adalah Porsche Taycan. Porsche Taycan pertama kali digunakan pada balapan pada seri Diriyah, Arab Saudi Januari lalu. Mobil ini menggunakan energi listrik sepenuhnya yang berbasis dari baterai.

Secara performa, Porsche Taycan Turbo S bisa menghasilkan tenaga 560 kW (761 PS), dan bisa berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 2,8 detik, serta mencapai kecepatan tertinggi 260 km/jam.

Guna mendukung tugasnya sebagai safety car, Taycan Turbo S ini dipasangi rollcage, jok racing bucket, dengan sabuk pengaman enam titik, wire harness untuk penerangan safety car, dan Marelli Logger System. Mobil ini juga dilengkapi alat pemadam api dan sistem komunikasi berteknologi tinggi.

Dari segi eksterior, safety car Formula E 2022 tampil mencolok dengan kombinasi putih, biru muda, dan biru tua. Secara umum, mobil ini dicat dengan 11 warna khas tim peserta Formula E.

Livery tersebut juga memberikan ekspresi visual dari nilai-nilai sosial seperti keragaman dan komunitas, sementara nomor 22 artinya yakni kinerja dari 22 pebalap yang akan mengikuti Kejuaraan Dunia Formula E.

(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT