ADVERTISEMENT

Susah Payah Marc Marquez Tuntaskan Balapan di MotoGP Italia

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 30 Mei 2022 20:05 WIB
SCARPERIA, ITALY - MAY 27: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team leads Marco Bezzecchi of Italy and Mooney VR46 Racing Team during the MotoGP of Italy - Free Practice at Mugello Circuit on May 27, 2022 in Scarperia, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marc Marquez menahan rasa sakit sepanjang balapan MotoGP italia berlangsung. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Marc Marquez harus puas finis di urutan kesepuluh saat tampil di MotoGP Italia 2022. Marquez mengaku jika selama balapan berlangsung ia harus menahan rasa sakit di bagian lengannya usai insiden highside yang terjadi saat babak kualifikasi.

Marquez memulai balapan dari posisi ke-12 di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (29/5/2022). Pada awal balapan, Marquez sempat tampil cukup baik dan bisa bersaing dengan para pebalap di depannya.

Namun, setelah beberapa lap dilalui performa Marquez mulai menurun. Pebalap asal Spanyol itu harus disalip oleh sejumlah rider lain sehingga posisinya tercecer. Sampai bendera finis berkibar, Marquez harus puas berada di urutan kesepuluh.

Usai balapan, Marquez mengaku jika sepanjang race di Sirkuit Mugello terasa sangat sulit. Selain menguji mental, fisik Marquez sangat terkuras karena ia harus membalap sambil menahan rasa sakit di lengan kanan.

"Tadi itu adalah balapan yang sulit. Saya menikmati enam, tujuh putaran di awal. Saya melakukan start yang bagus dan saya melihat rombongan depan dan saya bisa balapan dengan kecepatan yang kurang lebih sama," kata Marquez dikutip Motorsport.

"Tapi saya mendapatkan satu peringatan dan saya menyerah karena saya mulai mengalami arm pump dan rasa sakit sehingga kurang bertenaga. Saya menyudahi balapan, saya berada di rombongan, saya merasa hanya sekadar balapan saja lalu saya menuntaskan balapannya," paparnya.

Lebih lanjut, Marquez berujar bisa saja dirinya tidak mengikuti balapan di Mugello pada akhir pekan lalu, jika saja beberapa hari sebelum race ia telah mendapatkan informasi kalau harus naik meja operasi.

"Memang benar saya menerima berita itu pada hari Jumat, tetapi jika saya menerima berita itu pada hari Rabu atau Kamis, saya tidak akan balapan di sini," ujarnya.

"Tapi saya baru terima hari Jumat, lalu saya sudah di sini. Honda mengizinkan saya untuk memilih apa yang terbaik untuk saya," tutur pebalap berusia 29 tahun itu.

Pada akhirnya Marquez tetap mengikuti balapan dan mampu menyelesaikan race dengan baik walau ia harus menahan rasa sakit. Usai MotoGP Italia, The Baby Alien harus naik meja operasi lagi untuk memulihkan cedera di lengan kanannya menyusul kecelakaan pada 2020 silam.

"Saya memutuskan untuk melanjutkan akhir pekan karena saya telah membalap sampai sekarang. Saya tetap mengambil risiko walau harus mengendarai motor hingga 350 km per jam," pungkas Marquez.



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT