Aprilia Bikin Inovasi, Pasang Sayap di Buntut Motor MotoGP

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 29 Mei 2022 09:20 WIB
Spoiler di motor MotoGP Aprilia RS-GP
Foto: Instagram MotoGP. Spoiler di motor MotoGP Aprilia RS-GP.
Jakarta -

Aprilia menghadirkan inovasi baru di seri MotoGP Italia, Sirkuit Mugello, akhir pekan ini. Inovasi tersebut berupa penambahan perangkat aerodinamika di bagian belakang motor MotoGP Aprilia RS-GP 2022. Untuk apa fungsinya?

Pabrikan asal Italia, Aprilia, mulai berani melakukan eksperimen radikal di balap MotoGP. Melalui pebalap pengujinya, Lorenzo Savadori, Aprilia membuat perangkat semacam winglet atau spoiler yang dipasang di ujung bodi belakang.

Perangkat tersebut sepintas seperti yang ada di balap mobil roda empat, Formula 1. Fungsinya tentu saja untuk memberi efek downforce lebih besar dan stabilitas yang lebih baik saat pengereman.

Pebalap utama Aprilia, Aleix Espargaro, memang belum mencoba perangkat baru ini. Namun ia menegaskan bahwa tambahan komponen spoiler di bagian bodi belakang RS-GP itu bukanlah gimmick belaka, melainkan ada fungsinya.

"Saya tidak mencoba sayap belakang, namun saya melihat data dari terowongan angin dan itu menarik," kata Espargaro kepada Crash.net. "Sepertinya itu hanya untuk pemasaran, tapi percayalah, itu membuat perbedaan," sambungnya.

"Ya, itu mengingatkan Anda pada mobil Formula Satu, tetapi itu memberi banyak bobot di beberapa tempat dan sekarang di MotoGP kita berbicara tentang detail," katanya lagi.

Menurut Aleix Espargaro, motor Aprilia memang terlalu ringan di bagian belakang, itu sebabnya pebalap tidak dapat meningkatkan engine brake. Hadirnya spoiler belakang diharapkan bisa membuat bagian belakang motor lebih memiliki bobot.

"Mereka bekerja di area yang berbeda untuk meningkatkan ini dan satu (solusi) adalah aerodinamika," tukasnya.

Sebelumnya perangkat spoiler di motor MotoGP memang belum pernah digunakan. Beda dengan winglet depan yang kini jamak digunakan oleh banyak tim balap MotoGP.

(lua/riar)