Jonathan Rea Dukung Toprak Razgatlioglu ke MotoGP, detikers Bagaimana?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 28 Mei 2022 09:16 WIB
Yamaha R1 edisi Toprak Razgatlioglu
Toprak Razgatlioglu Foto: Yamaha Racing
Jakarta -

Pebalap Yamaha di ajang World Superbike, Toprak Razgatlioglu dikabarkan bakal ke MotoGP. Pebalap Kawasaki, Jonathan Rea, merasa pesaingnya di World Superbike Toprak Razgatlioglu pantas menuju MotoGP.

Toprak telan sukses membawa Yamaha meraih gelar WSBK pertamanya dalam lebih dari satu dekade. Meskipun pebalap Turki itu memiliki kontrak dengan skuat WSBK Yamaha hingga akhir musim 2023, Toprak terus dikaitkan dengan kepindahan ke MotoGP dengan tahun depan.

Toprak akan menguji motor MotoGP Yamaha M1 pada tes yang diselenggarakan secara khusus bulan depan. Bos Yamaha MotoGP Lin Jarvis menyebut, pengujian ini untuk mengevaluasi Toprak untuk kursi balap MotoGP 2023, meskipun kemungkinan besar dengan tim satelit.

Kabar itu membuat Jonathan Rea mendukung Toprak di MotoGP. Juara WSBK enam kali itu ingin melihat Toprak mendapatkan kesemptan untuk menunjukkan keceptannya di MotoGP tahun depan. Rea sendiri merupakan rival Toprak. Mereka bersaing ketat untuk gelar juara tahun lalu. Kadang-kasang juga berfebat secara verbal di luar trek.

"Saya berharap dia bisa pergi ke MotoGP karena dia salah satu orang yang bisa membuat langkah itu dan menjadi kompetitif. "

Saya pikir itu bisa. tunjukkan ada batu loncatan dari Superbike ke MotoGP," kata Rea dikutip Autosport.

Pebalap Jonathan Rea berhasil finis di urutan pertama dalam Race 2 WSBK Mandalika 2021. Bersama Scott Redding dan Michael van Der Mark, Jonathan Rea naik podiumIlustrasi Pebalap Jonathan Rea berhasil finis di urutan pertama dalam Race 2 WSBK Mandalika 2021. Bersama Scott Redding dan Michael van Der Mark, Jonathan Rea naik podium Foto: Antara Foto

"Sayangnya saya tidak pernah memiliki kesempatan itu. Tidak ada yang salah dengan [tetap di WSBK]. Saya memiliki karir yang hebat di sini. Tetapi secara pribadi, saya suka Toprak, dia salah satu rival terberat saya di trek, tetapi dia orang yang sangat baik. Saya berkata kepadanya [tahun lalu], 'jika Anda mendapat kesempatan, belajarlah dari pengalaman saya dan pergi (ke MotoGP)," ujarnya.

"Dia akan melakukan pekerjaan yang hebat. Banyak pebalap di paddock ini berbakat dan bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Jadi saya hanya mengatakan kepadanya, jika Anda mendapat kesempatan, pergilah ke sana, bahkan jika itu tim satelit atau apa pun," sebut Rea.

Rea percaya Toprak bisa sangat kuat jika bergabung di MotoGP. Dengan bergabungnya Toprak ke MotoGP, maka menurut Rea Superbike bakal terpandang.

"Saya berharap Toprak dan manajernya Kenan [Sofuoglu] memiliki strategi yang tepat. Saya salah satu saingan terbesarnya, tetapi jika dia bisa pergi ke sana dan melakukan pekerjaan dengan baik, itu membuat Superbike terlihat sangat bagus juga," katanya.

Kalau detikers setuju tidak Toprak Razgatlioglu ikut bersaing di MotoGP?



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)