Jakarta Gelar Formula E Pekan Depan, Habis Duit Berapa?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 27 Mei 2022 17:33 WIB
This aerial picture shows the newly built Formula E circuit in Jakarta on May 23, 2022, ahead of the race on June 4. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)
Layout Sirkuit Formula E di Jakarta (Foto: AFP/BAY ISMOYO)
Jakarta -

Formula E dijadwalkan akan dilangsungkan di Jakarta pada 4 Juni 2022. Membangun sirkuit baru hingga menyediakan beragam sarana pendukung yang dibutuhkan, berapa total biaya yang dikeluarkan untuk menggelar event balap mobil listrik tersebut?

Sirkuit Formula E yang terletak di Ancol, Jakarta Utara, sudah selesai dibangun. Dikerjakan dalam waktu singkat, trek tersebut memiliki panjang 2,4 km dan siap digunakan pekan depan.

Pembangunan lintasan balap Formula E Jakarta dilakukan oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan anggaran mencapai Rp 60 miliar. Jumlah tersebut menggunakan sumber dana dari Jakpro.

Selain biaya pembangunan sirkuit, panitia penyelenggara juga membangun kelengkapan lainnya seperti panggung penonton, garasi pebalap (paddock), dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

"Untuk aspalnya kan sudah tahu hampir Rp 60 miliar, selebihnya pembangunan 'grandstand' dan segala macamnya," kata Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni, dilansir Antara.

Dengan dana yang telah digelontorkan tersebut, nantinya sirkuit Formula E yang berada di Ancol tak hanya digunakan untuk balap mobil listrik. Namun kedepannya juga digunakan sejumlah kegiatan lain.

"Selesai ini (Jakarta E-Prix) masih ada tujuh lagi kegiatan di Sirkuit Formula E. Pada tahun ini di-booked tujuh (kegiatan)," ujar Direktur Utama Jakpro, Widi Amanasto.

Dalam catatan detikcom, pada September 2019, beredar surat dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta ke Anies yang berisi rincian biaya komitmen Formula E. Biaya komitmen itu, wajib dibayarkan Pemprov DKI ke pihak Formula E melalui Dispora DKI Jakarta. Jika ditotal, rincian awal itu senilai sekitar Rp 2,3 triliun. Namun kabarnya biaya komitmen fee itu akhirnya batal.

JakPro bersama FEO membuat kesepakatan baru terkait biaya komitmen. Dalam kesepakatan tersebut disebutkan bahwa salah satunya mengenai pemangkasan biaya komitmen menjadi Rp 560 miliar untuk tiga musim balapan.

Biaya sebesar Rp 560 miliar itu telah dibayarkan Pemprov DKI ke Formula E melalui APBD. Sehingga, biaya pelaksanaan Formula E setiap tahunnya membutuhkan dana mencapai Rp 150 miliar. Pihak JakPro mengklaim bila Rp 150 miliar per tahun itu tidak akan bersumber dari APBD.

Formula E Jakarta akan digelar pada Sabtu (4/6/2022). Mengutip kalender resmi Formula E, ajang Jakarta E-Prix merupakan seri kesembilan pada musim ini.

Dalam jadwal yang dirilis Formula E, sesi latihan bebas pertama (FP1) akan digelar pada pukul 07.15-07.45 WIB. Lalu dilanjutkan sesi latihan bebas kedua (FP2) mulai pukul 09.00-09.30 WIB. Setelah itu masuk ke dalam babak kualifikasi yang digelar pukul 10.40-11.55 WIB. Baru setelah itu balapan digelar pada sore hari pukul 15.00-16.00 WIB.



Simak Video " Formula E Jakarta Start Besok, Ini Jadwal Lengkapnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)