Morbidelli Mengecewakan, Yamaha Masih Bersabar

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 10 Mei 2022 15:35 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 05: Franco Morbidelli of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team looks on in  box during the MotoGP of Qatar - Qualifying at Losail Circuit on March 05, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images,)
Franco Morbidelli. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Yamaha tetap mempercayai Franco Morbidelli sekalipun ia belum menunjukkan performa meyakinkan semenjak pindah ke tim pabrikan. Pihak Yamaha mau terus menggunakan jasa Morbidelli hingga kontraknya berakhir di tahun 2023 nanti.

Franco Morbidelli digadang-gadang bisa bersinar setelah menggantikan posisi Maverick Vinales yang pindah ke Aprilia pada pertengahan musim 2021. Maklum, Morbidelli tampil oke kala membela tim satelit Petronas Yamaha, bahkan pada musim 2020 Morbidelli finis di posisi kedua di bawah sang juara, Joan Mir.

Tapi alih-alih menampilkan performa terbaiknya, Morbidelli justru tampak kesulitan bersaing di papan atas. Hal ini sejatinya bisa dimaklumi, sebab pebalap asal Italia itu sempat mengalami cedera lutut berkepanjangan dan proses pemulihannya masih terus berlangsung.

Performa Morbidelli di awal musim MotoGP 2022 ini pun ibarat langit dan bumi jika dibandingkan dengan rekan satu paddock-nya, Fabio Quartararo. Fabio Quartararo saat ini berada di pucuk klasemen sementara dengan 89 poin, sementara Morbidelli terpuruk di peringkat 16 dengan 18 poin.

Atas dasar performa buruk tersebut, beberapa rumor mengatakan Morbidelli akan diputus kontraknya pada musim depan. Namun asumsi liar itu langsung dibantah oleh Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis.

"Morbidelli akan menjadi bagian dari tim resmi Yamaha pada tahun 2023," tegas Jarvis dikutip dari Speedweek.

LOMBOK, INDONESIA - MARCH 20: MotoGP rider Franco Morbidelli #21 of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP™ competes during the MotoGP Grand Prix of Indonesia at Mandalika International Street Circuit on March 20, 2022 in Lombok, Indonesia. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)Franco Morbidelli Foto: Getty Images/Robertus Pudyanto

Pernyataan Jarvis sekaligus membantah desas-desus tentang kemungkinan bergabungnya pebalap WSBK Toprak Razgatlioglu ke tim MotoGP Yamaha pada musim 2023. Intinya, Jarvis tidak ingin kejadian pemutusan kontrak awal seperti yang dialami Vinales terulang lagi.

"Ya, saya pikir dalam situasi normal, tahun ini Vinales harusnya bersama kami di tim pabrik. Tapi Frankie menggantikannya dan penampilannya harus lebih dekat dengan Fabio. Saya berharap itu akan menjadi lebih baik dengan cepat. Kami tahu Frankie cepat dan dia bisa. Tapi dia harus menemukan kembali feeling-nya di atas motor. Di saat yang sama kami mencoba untuk membuat motor lebih kompetitif," tukasnya.

(lua/din)