Penyelamatan Sensasional Marc Marquez di Jerez

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 02 Mei 2022 19:28 WIB
Honda Spanish rider Marc Marquez looses control of his bike as he competes in the MotoGP Spanish Grand Prix at the Jerez racetrack in Jerez de la Frontera on May 1, 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)
Marc Marquez nyaris crash di MotoGP Spanyol (AFP/JAVIER SORIANO)
Jakarta -

Marc Marquez nyaris menyudahi MotoGP Spanyol tanpa poin saat dia hampir jatuh jelang berakhirnya balapan. Namun lagi-lagi, The Baby Alien melakukan penyelamatan gemilang menggunakan siku dan lututnya untuk menghindari crash.

Marquez datang ke MotoGP Spanyol diiringi isu tak sedap soal keharmonisan garasi Repsol Honda. Sempat terdengar kabar kalau rider asal Spanyol itu marah-marah ke Repsol Honda karena dianggap tak mampu memberikan motor yang diinginkan.

Marquez pada akhirnya dapat posisi start lima pada kualifikasi dan menuntaskan balapan di urutan enam. Perjuangan Marquez finis keempat jauh dari mudah.

Dia sempat bersaing dengan Jack Miller dan Aleix Espargaro untuk memperebutkan podium terakhir. Di mana pada akhirnya Marquez harus puas dengan capaian 13 poin.

Perjuangan meraih posisi empat tersebut jauh dari mudah. Selain menjalani duel ketat dengan Miller dan Espargaro, Marquez nyaris jatuh.

Momen tersebut terjadi pada putaran ke-13 saat race menyisakan empat putaran saja.

Saat itu Marquez terlihat kehilangan kendali atas motornya. Di momen tersebut terlihat kalau dia akan tinggal menunggu waktu saja untuk jatuh terseret di aspal.

Tapi Marquez kemudian melakukan 'akrobat' yang selama ini menjadi salah satu ciri khasnya. Menggunakan lutut dan sikunya untuk menahan diri dari terjatuh, Marquez bisa tegak lagi dan melanjutkan balapan.

"Saya mencoba (menyalip) di tikungan 5, di mana saya biasanya tidak pernah melakukan overtake. Setelah itu niat saya adalah terus menekan untuk mempertahankan posisi. Itulah yang saya lakukan, tapi di tikungan terakhir saya membuat kesalahan," ucap Marquez dikutip dari Crash.

"Sudah lama sekali (tak melakukan penyelamatan seperti itu). Mungkin dua tahun," lanjut Marquez.

Marquez beruntung yang digunakan untuk menahan adalah lengan kiri. Situasinya mungkin akan lebih buruk jika yang digunakan untuk menahan berat badan adalah lengan kanannya, yang selama dua tahun terakhir ini didera cedera.

"Ketika saya melakukan penyelamatan di sisi kanan makan itu akan berbeda, tapi tadi adalah penyelamatan dari kiri dan saya merasa. baik-baik saja."

"Tapi bagaimanapun, saya pikir fans di Spanyol membuat saya bisa bertahan di motor dan tidak sampai kecelakaan. Karena ketika saya benar-benar ada di aspal, ketika kedua ban meluncur, tiba-tiba motornya bangkit lagi," papar Marquez.



Simak Video "Marc Marquez Crash 2 Kali, Fans Kecewa tapi Tetap Optimis Podium"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)